Bagaimana Cara Membuat Nasi Jagung?

Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan nasi jagung ada di pulau Jawa. Beberapa kota yang terkenal dengan nasi jagungnya adalah Surabaya dan Madura, juga beberapa kota yang ada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
image

Bagi Anda yang dulu pernah sempat menikmati nasi jagung dan kemudian ingin bernostalgia dengan rasa nasi jagung yang nikmat, kini saatnya Anda membuat nasi jagung yang lebih nikmat dari yang pernah Anda nikmat sebelumnya. Untuk resepnya jangan pernah khawatir, sebab kami akan memberikan resep apa saja yang anda butuhkan. Unruk itu mari segera saja kita simak resep nasi jagung gurih yang berikut ini.

Bahan-bahan :

  1. 250 gram jagung meniran/tumbukan
  2. 150 gram beras
  3. 1 1/2 sendok teh garam
  4. 750 ml air
  5. 600 ml santan (dihangatkan)

Cara membuatnya :

  1. Rendamlah jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Kemudian rebuslah campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat.
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan atau panci kukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Siram nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti nasi jagung sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda suaki, akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

Sangat mudah membuat nasi jagung gurih yang nikmat dan sedap. Bahan yang disediakan pada resep di atas bisa disajikan dalam 4 hingga 6 porsi makan. Sebagai akhir kata saya selalu ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi. Lestarikan kuliner asli Nusantara.

Sumber:
http://www.menuinternasional.com/2016/07/resep-nasi-jagung.html?m=1

Bahan-bahan yang diperlukan:
2 gelas aqua beras
1/4 gelas aqua jagung menir
3 bawang merah
1 bawang putih
3 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
4 cm lengkuas
1 batang sereh
2 sdm minyak sayur
1 buah cabe merah keriting, iris
Garam secukupnya
Penyedap / kaldu bubuk secukupnya
50 gr ikan jambal roti (bisa menggunakan Teri atau Peda)
Air secukupnya

Selengkapnya dapat dilihat di:
https://cookpad.com/id/resep/4219951-nasi-jagung-liwet-rice-cooker