Bagaimana cara membuat lotion dengan bahan dasar susu?

download (3)

Susu mampu menghidrasi kulit dan mencegah kulit tampak kering. Menurut Health Today Online, susu mengandung asam amino esensial, protein, vitamin dan kondisioner yang menyehatkan kulit. Makanya, membuat lotion dengan susu itu mungkin, namun, jangan lupa siapkan bahan-bahan yang segar yaa agar tidak terjadi pembusukan.

Bahan-bahan

  • 1 sampai ¾ cangkir minyak (bisa minyak zaitun, minyak alpukat, minyak herbal, minyak kelapa atau minyak lain dengan aroma yang kita suka).
  • Tiga sendok makan beeswax (lilin lebah murni), anda bisa membelinya di supermarket.
  • ¾ cangkir air (lebih bagus menggunakan air yang telah dimurnikan, tanpa mineral), bisa juga menggunakan air beraroma mawar atau teh herbal.

Cara membuat:

  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam wadah seperti toples kaca kecil atau keramik kecil yang akan dipanaskan dalam panci air panas nantinya.
  2. Isi panci ukuran sedang dengan sedikit air dan panaskan dalam api ukuran sedang.
  3. Masukkan toples kaca atau wadah kaca ke dalam panci yang berisi air yang dipanaskan. Jangan sampai air masuk ke dalam wadah atau gelas kaca. Kurangi kadar air jika terlalu banyak.
  4. Saat air semakin panas, maka bahan yang dicampur dalam gelas kaca akan semakin mencair dan menyatu atau bercampur.
  5. Aduk sesekali bahan lotion yang berada didalam kaca agar dapat bercampur dengan baik.
  6. Setelah bahan bercampur maka angkat gelas kaca dari panci. Bahan lotion di dalam kaca tetap diaduk sampai lotion menjadi dingin dan mengental.
  7. Setelah lotion dingin, maka lotion boleh dipindahkan ke tempat penyimpanan atau botol lotion bekas yang sudah dibersihkan atau toples kecil.

Sumber: