Bagaimana cara membuat kue talam?

Talam-Ui

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Tepung beras sebanyak 100 gram
Tepung sagu sebanyak 30 gram
Gula pasir sebanyak 100 gram
Santan 300ml dari 1 butir kelapa
Gula merah sebanyak 50 gram, lalu rebus dengan 25ml air hingga mengental
Air kelapa sebanyak 150ml
Pasta pandan sebanyak 1 sendok teh
Garam sebanyak 1/4 sendok teh
Resep Dan Cara Membuat Kue Talam Original

Cara membuat :

  • Pertama-tama rebus santan, gula pasir, garam, dan air kelapa, hingga mendidih sambil terus di aduk secara perlahan lalu angkat.
  • Setelah itu campurkan tepung beras dan tepung sagu dalam sebuah wadah kemudian ayak hingga tidak terdapat kotoran, tuangkan air rebusan santan pertama tadi pada tepung yang telah dicampurkan tadi dan uleni hingga adonan menjadi kental dan tercampur rata.
  • Langkah selanjutnya adalah membagi adonan tersebut menjadi 2 bagian dan tempatkan pada 2 wadah terpisah, untuk wadah pertama campurkan dengan larutan gula merah dan aduk hingga adonan berwarna kecokelatan. Sedangkan untuk satu wadah lainnya dicampurkan dengan dengan air kelapa.
  • Siapkan cetakan khusus untuk kue talam, namun jika tidak punya maka dapat menggunakan loyang berbentuk kotak dengan ukuran 30 x 30x 5cm, tuangkan adonan berwarna cokelat kedalam loyang kemudian untuk membuat lapisan pertama.
  • Panaskan dandang lalu kukus loyang adonan tadi selama kurang lebih 10 menit hingga adonan mengeras, angkat loyang tadi dan tuangkan adonan satunya yang hanya dicampur dengan air kelapa saja.
  • Kukus kembali loyang adonan tersebut selama kurang lebih 10 menit hingga adonan lapisan satu dan dua matang sempurna, angkat dan tiriskan.

Kue talam yang nikmat siap untuk disajikan :slight_smile: