Bagaimana Cara Membuat Krim Keju Sendiri?

resep-cara-membuat-krim-keju-sendiri-modalnya-hanya-keju-cheddar-biasa

Krim keju jarang ditemukan, khususnya di kota-kota kecil. Maka dari itu, kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

  1. Membuat cream cheese dengan tiga bahan utama, apa saja?
    Setelah membandingkan resep satu dengan yang lain, saya menemukan satu resep cream cheese yang dijamin tidak merogoh kocek terlalu dalam. Hanya butuh tiga bahan utama, yakni susu segar full fat, air jeruk, dan garam! Tentunya bahan-bahan tersebut mudah ditemui di supermarket terdekat, kan?
    Untuk susu segar, pastikan anda beli yang full fat atau full cream karena akan berpengaruh pada tekstur cream cheese nantinya. Selain itu, semakin bagus kualitas susunya maka cream cheese-nya akan semakin enak. Untuk air jeruk, anda bisa ganti dengan jeruk nipis atau cuka putih.

  2. Rebus susu dengan api hingga panas dan masukkan air jeruk
    Untuk hasil 225 gram cream cheese, rebus 1 liter susu dengan api sedang. Biarkan susu hingga panas tapi bukan mendidih, ya. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gelembung udara kecil yang meletup secara perlahan dan beruap. Pertahankan susu agar tetap panas dengan mengatur besar apinya.
    Ketika sudah panas, aduk susu perlahan dan masukkan 3 sdm air jeruk lemon sambil mengecilkan api. Air jeruk lemon ini yang akan membentuk gumpalan keju. Masukkan air jeruk secara bertahap. Masukkan sedikit lalu aduk perlahan. Jika mulai terbentuk gumpalan, maka anda bisa tambahkan air jeruknya lagi. Lakukan sampai terlihat gumpalan keju dan air yang terpisah di dalam panci.

  3. Saring gumpalan keju dengan kain tipis
    Saring gumpalan keju yang terbentuk dengan kain putih tipis atau kain bungkus tahu. Air sisa saringan atau whey bisa disimpan dan dibuat sup atau marinasi, lho. Jadi saat menyaring, siapkan wadah di bawah kain untuk menampung air saringan. Diamkan selama 15 menit hingga gumpalan keju benar-benar kering.

  4. Haluskan gumpalan keju
    Setelah benar-benar kering, masukkan gumpalan keju ke dalam blender atau food processor. Tambahkan sedikit garam sesuai selera dan mulai giling gumpalan keju hingga membentuk krim. Tak ada batas waktu seberapa lama gumpalan keju akan menjadi krim, tapi yang pasti rajin-rajinlah memperhatikan perubahannya . Pada tahap ini anda bisa menambahkan bahan-bahan opsional, lho, seperti krim kental agar cream cheese semakin creamy, daun bawang, atau bubuk cabai untuk menambahkan rasa.

Referensi: