Bagaimana cara membuat kelompok belajar yang baik ?

Study group atau grup belajar adalah sekumpulan pelajar yang dapat saling membantu satu sama lain. Grup belajar juga bias membantu untuk meningkatkan keingninan belajar serta menaikan nilai para pelajar.

Bagaimana cara membuat kelompok belajar yang baik ?

Terkadang kita sebagai manusia dan pelajar merasa susah untuk belajar sendiri, terutama ketika berhubungan dengan pelajaran yang tidak begitu umum dan belum pernah kita dengar. Sangat memungkinkan bagi setiap orang yang berbeda memahami aspek yang berbeda dengan sudut pandang yang berbeda pula. Mengumpulkan orang orang dan membuat grup belajar dapat membuat hidup kita lebih mudah dan menaikan kemungkinan sukses pada ujian kita yang akan datang.

Pertama tama mulailah dengan orang yang duduk disebelah anda, jika anda masih belum kenal, perkenalkan diri anda terlebih dahulu, lalu anda bisa mengajak orang tersebut apakah dia mau untuk belajar dengan anda. Kemungkinan orang tersebut juga memiliki kenalan yang bisa diajak.

Sebelum mencari lebih banyak orang, anda juga harus menjaga berapa banyak orang yang berada pada grup anda. Grup belajar akan menjadi optimal ketika sekitar 6 orang berada di dalamnya, karena jika terlalu banyak, akan susah untuk menentukan jadwal bertemu, dan jika terlalu sedikit, pengetahuan yang dapat dibagikan juga akan semakin sedikit. Sangat disarankan untuk menunjuk ketua grup belajar anda.

Ketua akan memastikan bahwa sesi belajar bersama akan mulai tepat waktu, dan menjaga anggota agar tetap fokus, sehingga setiap topik dapat dibahas dan dipahami dengan baik. Ketua baru dapat diganti setiap satu minggu sekali, sehingga tidak akan ada anggota yang mendapatkan tugas lebih atau merasa keberatan. Ketua grup harus memberi tahu setiap anggota dengan detail setiap sesi dan dimana sesi tersebut akan dilaksanaka, kapan dimulai, tugas individu, serta informasi penting lainnya.

Setelah mendapatkan anggota yang cukup, maka anda perlu mencari tempat untuk belajar. Perpustakaan mungkin menjadi tempat yang bagus, nada bisa belajar tanpa ada gangguann, tetapi mungkin perpustakaan juga memiliki peraturan agar para pembaca tidak ramai. Cariah sebuah cafe atau pesan sebuah ruangan kelas.

Setelah menemukan tempat, anda harus mengetahui apa yang akan anda pelajari. Maka dari itu buatlah rencana tentang apa yang akan anda pelajari. Mulai dengan mereview materi dalam 1 minggu ini, atau membahas jawaban dari ujian sebelumnya. Terkadang, pekerjaan rumah menjadi hal yang paling sering dibahas dalam grup belajar. Sedangkan waktu kita didalam grup belajar sangat terbatas, tugas ketua adalah mengerti mana yang didahulukan, dan mana yang hanya diberi konsepnya saja. Karena tidak semua pekerjaan rumah harus dibahas, dan tidak semua pekerjaan rumah itu hal yang susah, semua hal harus te-cover¬ dengan baik.

Namun jika hal yang terjadi adalah tidak ada masalah dalam pelajaran serta pekerjaan rumah setiap anggota, maka kalian dapat membahas tentang materi yang akan disampaikan oleh guru pada pertemuan berikutnya.

Berikan waktu istirahat ditengah tengah sesi anda. Setelah 6 jam lebih berada disekolah, pastinya akan sangat melelahkan jika belajar terus menerus di dalam grup belajar. Maka dari itu siapkan sajian berupa makanan ringan, minuman segar, agar para anggota grup anda dapat rileks tetapi tetap berkonsentrasi. Usahakan ketika sesi sedang berlangsung, sosial media dimatikan agar tidak terganggu dengan dunia luar.

Sebagai tambahan, pastikan grup anda memiliki kontak dari masing masing anggota agar lebih mempermudah komunikasi anda.

Ketika berada didalam sebuah diskusi, tanyakanlah hal apa yang tidak anda ketahui di dalam topik tersebut, sampaikan juga pendapat anda mengenai topik tersebut sehingga lebih membuka pandangan grup belajar anda.

Lakukan tes singkat atau kuis bagi setiap anggota grup anda untuk memastikan setiap anggota memang sudah mengerti tentang materi materi yang telah disampaikan.

Referensi:


Terkadang belajar seorang diri merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, khususnya untuk pelajaran-pelajaran yang bagi kita sendiri kurang dapat dimengerti dan sulit bagi kita untuk memahaminya. Namun belum tentu orang lain merasakan hal yang sama seperti kita, bisa jadi orang tersebut lebih mengerti dan lebih paham akan pelajaran tersebut. Oleh karena itu agar kita dapat memahami pelajaran-pelajaran yang kita anggap sulit untuk dapat kita pelajari sendiri, diperlukan adanya studi grup atau kelompok belajar.

Dengan adanya kelompok belajar ini, kita yang kurang mengerti dapat menanyakan apa saja yang ingin kita tanyakan kepada teman kita yang sudah mengerti dan sebaliknya. Ada pula cara-cara untuk membentuk kelompok belajar tersebut :

1. Cari Teman

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya kita harus mencari teman untuk kita ajak berbagi. Mulailah dari teman yang duduk di sebelah anda sehari-hari. Jika anda belum kenal, perkenalkanlah diri anda terlebih dahulu lalu tanyakan bagaimana apakah dia bisa diajak untuk belajar bersama atau tidak. Utsahakan tidak memilih-milih teman.

2. Tentukan Jumlah Orang yang Akan Bergabung

Idealnya kelompok belajar ini terdiri dari 3-6 orang. Jumlah yang terlalu banyak memang memungkinkan kita untuk dapat menerima ilmu yang banyak pula, akan tetapi kurang efisien dalam menentukan jadwal belajar.

3. Tentukan Tempat yang Digunakan untuk Belajar

Pemilihan tempat sangat berpengaruh dalam proses belajar ini. Pilihlah tempat yang nyaman dan tidak mengganggu anda untuk belajar. Perpustakaan dan cafe adalah contoh tempat yang cocok.

4. Rencanakan Apa yang Akan Dipelajari

Mulailah dengan mereview pelajaran yang sudah didapatkan. Dengan mereview kita jadi tau apa saja hal-hal yang belum dimengerti dan tentunya dapat kita tanyakan kepada teman belajar kita.

5. Jalin Relasi dengan Senior atau Pengajar

Tentunya relasi ini sangat dibutuhkan karena kita dapat memperoleh ilmu dari orang yang lebih berpengalaman dari kita.

6. Saling Tukar Menukar Nomor HP atau Kontak Lainnya

Diperlukan supaya lebih mudah memberi informasi seperti kapan akan diadakannya belajar bersama dan menyesuaikan dengan jadwal masing-masing anggota kelompok.

7. Tanyakan Sesuatu dan Diskusikan

Hal ini dilakukan agar anda mendapat ilmu baru dan lebih memahaminya.

8. Buat Kuis Antarteman Belajar

Agar hal yang sudah anda pelajari dapat lebih anda ingat dan jika jawaban anda salah, anda dapat mempelajarinya kembali dan dapat anda tanyakan ke teman belajar.

1 Like