Bagaimana cara membuat kelinci tidak takut pada kita?

Bagaimana cara membuat kelinci tidak takut pada kita?

Kelinci adalah binatang peliharaan yang populer. Kelinci memiliki bulu yang lembut dan bisa menjadi sangat bersahabat. Tetapi, jangan berkecil hati bila kelinci takut atau berhati-hati terhadap Anda. Dengan kesabaran dan penanganan yang tepat, Anda dapat membangun kepercayaan diri si kelinci dengan cepat. Kelinci akan segera melompat-lompat dan menghampiri Anda!

Bersiap Membawa Kelinci Anda ke Rumah**


Persiapkan semua persediaan. Jangan sampai Anda kebingungan mencari tempat tidur atau mangkuk makan saat membawa kelinci ke rumah. Kelinci akan menjadi stres setelah menempuh perjalanan dan ingin segera beristirahat di tempat yang gelap dan sepi. Pastikan Anda mempunyai kandang yang cukup besar bagi kelinci dewasa. Lebarnya harus sekitar dua lompatan, panjangnya tiga lompatan, dan cukup tinggi bagi kelinci untuk berdiri. Persiapkan makanan, camilan, dispenser air, mainan, dan jerami.

1. Persiapkan kandang.

Simpan kandang di ruangan sepi tanpa ada peralatan berisik seperti mesin pengering pakaian. Gunakan jerami atau rumput kering sebagai alas tidur. Di dalam kandang, buat tempat tidur terpencil berupa kotak kayu kokoh yang sudah diisi jerami.

Pastikan binatang peliharaan lain (kucing dan anjing) tidak bisa mengendus kandang kelinci Anda. Hal ini dapat membuat si kelinci ketakutan karena anjing dan kucing adalah predator.

2. Buat tempat persembunyian.

Kelinci Anda akan senang jika punya tempat persembunyian lain di sekitar rumah. Sebarkan sejumlah kotak sepatu atau tabung yang terbuat dari kardus. Dengan begitu, kelinci Anda punya sejumlah tempat untuk bersembunyi dan melarikan diri kalau-kalau dia ketakutan saat sedang menjelajah.

Memberi tempat persembunyian bukan berarti mengajari kelinci Anda untuk bersembunyi. Dengan adanya tempat persembunyian, kelinci dapat melakukan hal yang menurutnya wajar (seperti bersembunyi). Lagi pula, ada kemungkinan kelinci Anda akan menjelajah jika dia tahu ada cukup banyak tempat aman.

3. Simpan kelinci Anda di kandang.

Angkat kelinci secara perlahan dari orang yang mengantarnya, lalu simpan di kandang. Bicara pelan-pelan kepada kelinci Anda dan pegang dia dengan lembut tetapi juga erat. Jika kelinci Anda terlihat gugup atau gelisah saat dibawa oleh yang mengantar, selimuti dia dengan handuk sebelum mengangkatnya. Kegelapan di dalam handuk (seperti merasa aman di dalam lubang) memiliki efek alami yang dapat membuat kelinci Anda merasa aman dan tenang.

Pastikan Anda menopang perut dan kaki belakang kelinci Anda saat memindahkannya ke kandang. Jangan menekan kelinci Anda.

4. Beri kelinci Anda ruang.

Jangan memegang atau menggendong kelinci Anda untuk tiga hari pertama setelah membawanya ke rumah. Biarkan kelinci Anda menjadi terbiasa dan nyaman di kandangnya. Kelinci Anda mungkin menghabiskan hari pertamanya dengan bersembunyi, tetapi jangan khawatir karena itu merupakan hal yang wajar.

Kelinci Anda akan mulai menjelajah jika sudah terbiasa dengan suara dan bau di sekitarnya. Saat pertama kali mendengar suara, kelinci Anda mungkin akan lari dan bersembunyi. Tetapi, dia akan menjadi lebih berani saat tahu bahwa itu bukan ancaman.

Kelinci muda memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar daripada kelinci dewasa, jadi proses ini mungkin akan lebih cepat bagi kelinci muda.

Mendekati Kelinci Anda


1. Cuci tangan Anda.

Kelinci akan merasa terancam oleh binatang peliharaan lain, meskipun hanya dari baunya. Jadi cuci tangan Anda sesudah memegang binatang lain dan sebelum menyentuh kelinci.

2. Mulai beri makan kelinci Anda menggunakan tangan.

Anda dapat mulai memberi makan menggunakan tangan jika beberapa hari sudah berlalu dan kelinci Anda sudah terbiasa. Mulai dengan duduk di samping kandang dan bicara kepada kelinci Anda dengan suara pelan. Jika kelinci menjauh, terus bicara kepadanya dengan suara pelan dan tunggu sampai dia menghampiri Anda. Buka pintu dan beri dia camilan enak, seperti bunga dandelion . Jika kelinci Anda tidak berani menghampiri bunga dandelion , letakkan bunga itu di antara Anda dan kelinci.

3. Biarkan kelinci menjadi nyaman bersama Anda.

Simpan tangan Anda di jerami dekat pintu saat sedang memberi makan atau berbicara kepada kelinci. Dengan begitu, dia akan terbiasa makan sambil ditemani oleh Anda.

Bicara kepada kelinci Anda sambil mengisi mangkuk makanannya. Karena kelinci belajar dari pengalaman, dia akan menghubungkan Anda dengan makanan (hal yang bagus). Cara ini akan membantu menenangkan kelinci Anda.

5. Elus kelinci setelah dia mulai tertarik pada Anda.

Sentuh kelinci jika dia sudah terbiasa makan sambil ditemani oleh Anda. Jangan melakukan hal berlebihan seperti mencoba menggendongnya. Kelinci Anda bisa menjadi stres dan mencoba melawan. Sebagai gantinya, Anda dapat memasukkan tangan secara perlahan ke dalam kandang dan menyentuh punggung atau panggul kelinci Anda.

  • Jangan menaruh tangan Anda di atas kepala kelinci. Bagi kelinci, objek yang melintas di atas kepala adalah tanda bahaya (seperti elang yang terbang di atas kelinci). Hal ini kemungkinan akan membuat kelinci Anda ketakutan. Pastikan Anda mendekati kelinci Anda dari samping atau belakang.

6. Gendong kelinci Anda.

Anda dapat mencoba menggendong kelinci Anda jika dia sudah terbiasa disentuh di dalam kandang. Duduk di lantai, lalu angkat dan simpan kelinci di pangkuan Anda. Selalu sediakan bunga dandelion untuk mengalihkan perhatian kelinci Anda dengan camilan enak. Lakukan cara ini untuk waktu yang singkat, mulai dari satu menit. Dengan begitu, dia tidak akan panik. Anda dapat menambah waktu menggendong kelinci dengan terus berlatih.

  • Anda juga harus selalu menyediakan handuk kalau-kalau kelinci Anda ketakutan. Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat menyelimuti kelinci dengan handuk supaya dia menjadi tenang. Anda juga dapat menggendong kelinci menggunakan handuk agar Anda tidak terluka bila dicakar olehnya.

7. Biarkan kelinci Anda berkeliaran.

Lakukan langkah ini jika kelinci sudah terbiasa digendong dan terbiasa dengan kehadiran Anda. Selalu awasi kelinci Anda, dan mulai dari ruangan yang kecil supaya dia tidak kelelahan. Periksa dulu ruangannya dan pastikan tidak ada celah bagi kelinci Anda untuk bersembunyi atau terjebak di dalamnya. Pastikan tidak ada kabel listrik karena kelinci Anda bisa saja mengunyahnya.

  • Kelinci akan mengunyah apa saja, jadi waspadalah dan jauhkan benda berbahaya atau berharga dari jangkauan kelinci.

8. Berbaringlah di lantai saat kelinci sedang menjelajah.

Anda harus berbaring di lantai saat kelinci sedang memeriksa lingkungan barunya. Dengan begitu, kelinci Anda dapat mengendus dan memeriksa ruangan tanpa merasa terancam oleh tinggi Anda. Saran lainnya adalah menyimpan camilan di saku atau di tangan Anda, dan beri dia hadiah berupa camilan atas keberaniannya.

  • Untuk permulaan, lakukan langkah ini dengan manis dan dalam waktu singkat, kurang dari 10 - 15 menit. Dengan begitu, kelinci Anda tidak akan kelelahan.

Sumber:Cara Agar Kelinci Tidak Takut kepada Anda: 12 Langkah