Bagaimana cara membuat Infusoria ?

Infusoria

Infusoria merupakan pakan yang sangat direkomendasikan untuk diberikan kepada anakan ikan, khususnya ikan petelur (egg laying fish). Bagaimana cara membuat Infusoria ?

Dengan melakukan metode ini, jumlah infusoria yang terdapat di air tadi akan meningkat tajam. Caranya sebegai berikut:

Alat dan Bahan :

  • Wadah plastik
  • Air
  • Pelet
  • Aerator

Langkah-langkah :

  1. Di sini kami menggunakan wadah plastik yang berukuran 1 galon atau setara dengan 20 liter air. Kemudian isilah wadah tersebut memakai air hingga penuh. Lalu masukkan pelet cukup sebanyak 1 sendok makan. Biarkan selama 12 jam supaya tekstur pelet menjadi sangat lunak hingga mudah sekali hancur. Sebaiknya wadah plastik ini diletakkan di tempat yang aman serta terhindar dari sinar matahari dan hujan agar suhunya tetap stabil.
  2. Setelah itu, Anda bisa memasukkan alat aerator ke dalam wadah tadi. Nyalakan alat tersebut selama 24 jam agar air mengandung banyak oksigen. Karena air di dalam wadah sudah mengandung pakan dari pelet dan kaya akan oksigen, maka infusoria yang terdapat di dalamnya pun akan tumbuh subur.
  3. Pada awal proses kultur berlangsung, air di dalam wadah plastik mula-mulanya tampak begitu keruh karena tercampur dengan pelet. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bahan-bahan organik yang terdapat di pelet tadi akan mengendap di dasar air secara perlahan-lahan sehingga air terlihat agak jernih kembali dengan warna keputih-putihan. Warna keputih-putihan ini sebenarnya merupakan infusoria. Anda dapat melihatnya dengan menghadapkan air di sinar matahari.
  4. Setelah tiga hari berlangsung, infusoria di dalam wadah plastik bisa dipanen. Caranya cukup dengan mengambilnya menggunakan mangkuk. Kemudian tuangkan air yang berisi infusoria ini ke dalam akuarium khusus untuk penetasan telur ikan sekaligus perawatan anakan ikan.
  5. Infusoria di dalam wadah plastik bisa digunakan sampai 7 hari berturut-turut asalkan tetap dilengkapi aerator. Perlu diperhatikan baik-baik bahwa bahwa hanya ikan yang masih berumur 1-3 hari yang membutuhkan infusoria. Selepas dari rentang umur tersebut, ikan sudah mampu mengonsumsi pakan alami yang berukuran lebih besar. Pemberian infusoria saja pada ikan yang sudah berusia lebih dari 3 hari justru akan mengakibatkan kematian sebab kebutuhan gizinya tidak terpenuhi.

Sumber