Bagaimana cara membuat foto hitam putih menjadi lebih menarik?

foto hitam putih

Semakin berkembangnya teknologi digital merupakan hal istimewa untuk fotografi, baik warna maupun fotografi hitam putih. Dengan adanya social media yang sering digunakan pada kalangan fotografer membuat kita mudah untuk melihat hasil karya mereka. Tidak jarang yang menghasilkan karya black and white yang menakjubkan.

Bagaimana cara membuat foto hitam putih menjadi lebih menarik ?

Ada beberapa jurus yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas foto hitam putih Anda, antara lain:

  1. Gunakan file RAW + JPEG
    raw   jpg
    Keuntungan menggunakan file RAW adalah semua informasi tentang gambar bisa didapatkan, dibandingkan dengan file JPEG. Sehingga bila saat mengalami editing maupun dikonversi menjadi hitam putih hasilnya akan tetap baik. Gunakan 2 file sekaligus, yakni RAW dan JPEG agar kita bisa bereksperimen terhadap berbagai paramater gambar seperti kontras, ketajaman, efek filter untuk mendapatkan gambar yang kita sukai.

  2. Amati kontras, bentuk dan tekstur
    kontras
    Warna yang berlawanan biasanya nampak sangat menonjol dalam gambar berwarna, namun tidak demikian dengan fotografi monokrom. Kontras merupakan perbedaan area gelap dan terang yang bisa didapatkan dengan cahaya serta shadow. Bentuk dan tekstur juga demikian penting karena keduanya bisa menghasilkan bayangan dari cahaya yang terhalang oleh objek.

  3. Gunakan Long exposure
    longexpo bnw
    Long eksposure akan bekerja sangat baik terutama untuk fotografi landscape B/W. Air dan awan menjadi objek yang sangat sering dimanfaatkan dalam komposisi gambar B/W. Penggunaan Long exposure akan membuat air nampak lembut sehingga menghasilkan kontras tekstur, dan area air yang tertutupi awan/benda lain seperti jembatan menghasilkan area kontras dimana akan nampak lebih galap. Layaknya fotografi berwarna, bantuan filter neutral density sangat dibutuhkan untuk mencegah over exposure serta tripod untuk menjaga kamera dari pergerakan sehingga gambar yang dihasilkan nampak tajam dan stabil.

  4. Gunakan filter
    filter
    Filter graduated neutral density dan filter polariser sangat bermanfaat dalam fotografi hitam putih. Faktanya, karena mampu memanipulasi kontras maka bisa dipastikan bahwa kedua filter ini akan sangat berguna. Graduated ND bermanfaat untuk menghindari over exposure pada area langit, sedangkan polarizer berguna untuk mereduksi pantulan dan meningkatkan kontras.

  5. Manfaatkan garis


    Bentuk yang sederhana dan komposisi yang kuat akan menjamin sebuah gambar hitam putih akan tampil optimal. Karya arsitektur yang kaya akan garis baik lengkung maupun lurus bisa dieksplorasi untuk menghasilkan komposisi yang sederhana. Karena kita tidak bisa menampilkan warna maka hal lain selain kontras tentunya adalah bentuk.

  6. Editing menggunakan dodging and burning
    dodge burn
    Salah satu tool editing yang paling banyak digunakan untuk fotografi hitam putih adalah dodging dan burning yang dimiliki oleh adobe photoshop. Dodging untuk mencerahkan sementara burning untuk menggelapkan. Ini artinya kita bisa menggelapkan area yang over exposure dan sebaliknya memperterang area yang under exposure.