Bagaimana cara membuat dirimu berenergi?

Energi adalah kemampuan melakukan kerja. Disebut demikian karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun dan seringan apapun tetap membutuhkan energi. Maka dari itu menjaga tubuh agar tetap berenergi sangat perlu untuk mendukung apa yang akan kita kerjakan.

Energi sangat dipentingkan oleh tubuh saat melakukan segala aktivitas baik aktivitas ringan maupun yang berat sekalipun. Banyak cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap berenergi. Dibawah ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat diri Anda tetap berenergi.

Makanlah Sarapan yang Sehat

Makan sarapan yang sehat adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk memulai hari libur. Mengkonsumsi sarapan bergizi dan tidak terlalu berat akan memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari dan tidak akan membuat anda lelah sebelum siang hari. Anda harus makan keseimbangan protein tanpa lemak, sayuran sehat, dan beberapa karbohidrat untuk memulai hari Anda. Hindari makanan yang terlalu manis seperti muffin atau terlalu berminyak seperti goreng-gorengan dan pilihlah makanan yang mengenyangkan tapi juga menyehatkan.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menambah energi.

  • Oatmeal
  • Telur rebus
  • Sayuran hijau seperti seledri, bayam, daun bawang, atau kangkung
  • Blackberry, raspberry, pisang, apel, atau pir
  • Roti gandum
  • Sereal dengan susu rendah lemak
  • Yogurt dan granola

Tetap Terhidrasi

Tubuh kita sebagian besar dipenuhi oleh cairan. Jika Anda ingin memberi energi pada diri sendiri, maka Anda harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Anda perlu melakukan ini bahkan saat tidak merasa haus. Bawa sebotol air kemanapun Anda perg. Minta segelas air setiap kali makan atau makanan ringan mengingatkan diri agar tetap terhidrasi.

Hindari Meminum Alkohol Terlalu Banyak

Alkohol adalah salah satu zat yang dapat menurunkan aktivitas fisiologis tubuh, dan itu bisa membuat Anda merasa lelah dan menyebabkan Anda jatuh ke dalam tidur yang kurang nyenyak. Jika Anda ingin memberi energi pada diri Anda sendiri, Anda mungkin berpikir bahwa pergi ke bar dan menenggak lima bir dengan teman Anda akan membuat Anda merasa lebih bergairah tentang kehidupan. Sebenarnya, semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar kemungkinan Anda merasa lelah dan mudah tersinggung - bahkan jika Anda tidak merasakan dampaknya dengan segera.

Olahraga

Berolahraga akan membuat Anda merasa lebih berenergi, lebih bahagia, dan lebih fit. Hanya 30 menit latihan sehari akan meningkatkan tingkat energi Anda secara keseluruhan, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan anda. Anda bisa berlari beberapa hari sekali, mengikuti kelas yoga beberapa kali dalam seminggu, bergabung dengan tim olahraga, atau mencari teman latihan dan mengikuti olahraga gym.

  • Cobalah untuk aktif bergerak. Naik dengan menggunakan tangga jauh lebih baik ketimbang dengan lift. Lebih baik berjalan daripada menggunakan kendaraan dengan jarak dekat. Lakukan beberapa olahraga ringan seperti sit-up saat menonton TV.

  • Bekerja di pagi hari akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi sepanjang hari.

Tidur Siang

Tidur siang dapat mengembalikan stamina tubuh saat anda merasa kurang berenergi. Cukup berbaring di ruang gelap selama 15-20 menit, tutup mata Anda, dan biarkan badan rileks. Saat tidak benar-benar tidur, anda akan mendapatkan energi saat anda berbaring. Sebaiknya tidur siang tidak dianjurkan dengan durasi lama. Tidur lebih dari satu jam atau lebih benar-benar akan membuat Anda merasa lebih lelah dan grogi saat bangun tidur, dan bisa membuat Anda bangun di malam hari. Waktu yang tepat untuk tidur siang bisa jadi setelah makan siang.

Tidur yang Cukup

Cukup tidur sangat penting jika Anda ingin memberi energi pada diri sendiri. Orang-orang mudah kelelahan hanya karna mereka kurang tidur. Beberapa orang berpikir kalau caffein bisa mengatasi mereka yang kekurangan tidur, justru mengonsumsi caffein bukan cara yang tepat untuk mengganti tidur malam yang baik. Pastikan tidur minimal 7-8 jam semalam dan tidur sekitar waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama di pagi hari.

Mengubah jadwal tidur Anda secara teratur dapat membuat Anda merasa terbangun dengan jet lag.

  • Pastikan Anda memiliki rutinitas yang baik setidaknya satu jam sebelum tidur. Matikan telepon, komputer, dan televisi Anda, dan baca buku dengan tenang di tempat tidur atau dengarkan musik yang menenangkan. Ini bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

  • Saat Anda bangun, berhenti menunda alarm dan memulai hari Anda. Menunda alarm berulang kali hanya akan membuat Anda jatuh kembali dalam tidur singkat dan bergerigi, dan tidak akan benar-benar membuat Anda merasa lebih beristirahat. Bangun setelah Anda mendengar alarm Anda akan membuat Anda merasa lebih berenergi.

Hindari Multi Tasking

Disamping meningkatkan energi dalam hal fisik, pikiran juga berpenaruh saat meningkatkan energi. Anda mungkin berpikir bahwa multi-tasking akan membuat Anda menyelesaikan semuanya dengan lebih cepat, namun penelitian menunjukkan bahwa multi-tasking benar-benar dapat menghabiskan energi dengan cepat, membuat anda lebih terganggu, dan juga kurang efisien dibanding jika fokus hanya pada satu tugas. Lebih baik mengerjakan tugas dengan terstruktur dan sesuaikan dengan skala prioritas daripada mengerjakan semuanya sekaligus.

Sumber : http://www.wikihow.com/Energize-Yourself

Hampir setiap orang mengandalkan kafein untuk memberi energi pada tubuhnya dipagi hari. Kecanduan kafein bisa saja sangat membahayakan, karena bahkan jika anda sudah minum lebih dari 6 gelas kafein anda tetap masih merasa lelah sepanjang hari.

Hal ini karena kafein membutuhkan waktu 24 jam untuk dapat dimetabolisme sepenuhnya ditubuh, sehingga para ahli menyarankan untuk berhenti meminum kopi sekitar 10 jam sebelum anda memcoba untuk tidur. Sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan energi kita selain harus mengonsumsi kafein setiap hari. Hal itu antara lain :

  1. Atur waktu tidurmu
    Pernahkan kamu tetap merasa lelah walaupun sudah tidur 8 jam atau lebih? Hal itu dikarenakan pola jam tidur mu yang tidak teratur. Waktu tidur yang tidak teratur dapat menghancurkan tingkat energ mu dipagi harinya.jadi aturlah jam tidur mu sebaik mungkin untuk tetap merasa bertenaga di esok harinya.

  2. Atur pola makan mu
    Memulai hari dengan sarapan makanan yang bergizi adalah salah satu cara meningkatkan energi sebelum memulai aktifitas. Makan makanan yang kaya serat. Serat memberi lebih banyak energi sepanjang hari dari karbohidrat karena memasuki aliran darah dengan kecepatan yang lebih baik daripada karbohidrat, jadi makanan yang kaya serat memberi anda energi dapat bertahan lebih lama. Minumlah yang banyak agar anda tidak dehidrasi saat melalukan aktifitas. Meminum air yang banyak juga akan menjaga energi anda.

  3. Olahraga
    Dengan olahraga bukan hanya dapat membuat anda lebih berenergi namun juga dapat membuata anda lebih bahagia dan sehat. Sisakan waktu 30 menit untuk berolahraga setiap harinya agar membangun energi anda menjadi lebih baik. Tidak ada salahnya melakukan hal ini, karena anda pun dapat terhindar dari penyakit jika rutin berolahraga.

  4. Berpikir positif
    Mulai lah hari dengan pikiran yang positif, agar anda pun bersemangat untuk melakukan aktifitas selanjutnya. Jangan terlalu stress dengan pekerjaan anda. Sering lah membahagiakan diri sendiri, seperti dengan cara mendengarkan musik, memakan es krim, dan sebagainya.

  5. Bersosialisasi
    Jika anda mulai merasa stress dengan pekerjaan anda, ambilah waktu rehat sebentar, dan lakukan apa yang ingin anda lakukan. Pergi makan bersama teman-teman, ataupun berlibur bersama teman dan keluarga ke tempat yang menyenangkan. Hal ini setidaknya dapat memulihkan energi anda yang hilang. Terkadang hanya mengobrol bersama teman sambil jalan-jalan dapat memulihkan energi anda.

sumber :




Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan setiap hari untuk membuat diri anda berenergi. Tak satu pun dari mereka membutuhkan kemampuan khusus atau uang, dan semuanya berada dalam kendali anda:

  1. Bersikaplah Baik terhadap Tubuh Anda
    Saat anda sangat sibuk, anda tidak dapat meluangkan waktu untuk makan atau tidur dengan benar, yang membuat anda lebih lelah dan kurang efektif / efisien.
    Mulailah hari anda dengan memakan makanan sederhana, sehat, lezat (bukan makanan cepat saji) dan tidur pada jam yang wajar.

  2. Berlatih Berpikir Positif
    Jangan menuruti pemikiran negatif yang tidak perlu. Ubahlah dengan pemikiran yang lebih penuh harapan namun tetap realistis. Ini dapat memiliki dampak positif yang sangat besar. Karena dengan pikiran positif, anda pun akan bersemangat untuk melakukan segala aktivitas.

  3. Perkuat Pendukung
    Kita semua tahu bahwa ada beberapa orang yang membuat hidup kita lebih sulit, dan beberapa yang membuatnya lebih mudah dan lebih baik. Anda bisa menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan yang kedua. Manjakan diri dengan kegembiraan bersama orang-orang yang mendukung dan mempercayai anda, yang memperkaya hidup anda dan membuatnya lebih menyenangkan.

  4. Luangkan Waktu Sejenak
    Kapan pun anda merasa diri anda terlalu lemas, letih, bingung. istirahatlah sejenak! Temukan tempat pribadi (seperti kamar mandi), luangkan waktu beberapa menit untuk istirahat dan bernapas dalam-dalam, atau tidak melakukan apapun. Begitu anda merasa sedikit lebih normal dan semangat, kembalilah.

  5. Cuci Muka
    Ambil air dingin dan percikkan di wajah anda saat anda merasa lelah. Ini adalah trik bagus untuk membuat diri anda merasa lebih berenergi

  6. Olahraga
    Berolahraga akan membuat anda merasa lebih berenergi, lebih bahagia, dan lebih fit secara fisik. Hanya dengan 30 menit latihan sehari akan meningkatkan tingkat energi anda secara keseluruhan, juga akan meningkatkan kesehatan anda.

Sumber :


https://www.forbes.com/sites/erikaandersen/2014/01/18/staying-energized-no-matter-what-9-things-you-can-do-every-day/#64e0ec64c75c