Bagaimana Cara Membuat Coto Makassar Khas Makassar?

Coto merupakan kuliner yang terbuat dari jeroan (isi perut sapi), bahan tersebut kemudian direbus dalam jangka waktu lama agar empuk. Rebusan daging sapi tersebut kemudian dipotong-potong dan dibumbui dengan bumbu racikan khusus.

resep-coto-makassar-daeng-tata

Sebelum membuat resep coto Makassar ini, mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahannya ini terdiri dari bahan utama, bumbu halusan, dan bumbu pelengkap. Nah, berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  1. Daging sapi sebanyak ½ kilogram
  2. Babat cukup dengan ½ kilogram, rebus matang
  3. Jantung sapi sebanyak 200 gram, rebus matang
  4. Hati sapi sekitar 300 gram, rebus matang

Bumbu coto makassar:

  1. Serai sebanyak 5 batang, memarkan
  2. Jahe berukuran 2 cm, memarkan
  3. Lengkuas berukuran 4 cm, memarkan
  4. Daun salam sebanyak 5 lembar
  5. Kacang tanah goreng sebanyak ¼ kilogram, haluskan
  6. Air cuci beras/tajin sekiranya 2½ liter
  7. Minyak sayur sebanyak 6 sendok makan
  8. Bumbu kaldu bubuk rasa sapi sekitar 1 sendok makan.

Bumbu yang dihaluskan:

  1. Bawang putih sebanyak 10 siung
  2. Bawang merah cukup dengan 10 siung
  3. Cabai keriting sebanyak 10 buah, direbus sebentar
  4. Taoco sebanyak 100 gram yang telah ditumis dengan 6 sendok makan minyak sayur hingga matang, dan ditambahkan garam dan gula merah.
  5. Ketumbar sangrai sekitar 1 sdm
  6. Kemiri sangrai sebanyak 8 butir
  7. Jintan sangrai sekiranya 1 sdt
  8. Garam cukup dengan 1 sdt, dan 1 sendok teh merica butiran

Bumbu pelengkap:

  1. Bawang goreng secukupnya (sesuai selera)
  2. Irisan daun bawang secukupnya
  3. Ketupat sesuai selera
  4. Irisan seledri secukupnya saja
  5. Sambal taoco secukupnya.

Cara Membuat Coto Makassar Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama kalinya siapkan sebuah panci rebus dengan air secukupnya. Lalu rebuslah babat, daging sapi, ati, dan jantung yang telah dipersiapkan tadi sampai mendidih sempurna.

Tunggulah hingga bahan-bahan tersebut semuanya sudah empuk. Setelah itu, potong bahan-bahan tadi sampai membentuk dadu dengan ukuran yang Anda inginkan, bisa kecil, sedang, ataupun ukuran dadu yang besar.

Masukan lagi potongan dadu tadi ke dalam rebusan. Beri serai, lengkuas, jahe, dan salam. Rebuslah kembali bahan-bahan tadi sampai airnya menyusut dan rempah meresap ke dalam daging sapi. Matikan api dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di atas wajan untuk menumis. Jika sudah panas, tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, masukan kaldu yang telah dipersiapkan dan tambahkan kacang tanah goreng ke dalamnya. Rebuslah bahan-bahan tadi sampai mendidih. Sekarang kita masuk ke dalam proses penyajiannya. Siapkan terlebih dahulu mangkuk saji secukupnya. Masukan potongan daging sapi, ati, jantung, dan babat ke dalam mangkuk. Siram bahan-bahan tadi dengan kuah kaldu yang telah kita buat. Lalu taburi dengan bawang goreng, seledri, daun bawang, sambal tauco, dan lainnya sebagai bahan pelengkap.

Nah sekarang, coto Makassar yang sangat lezat ini sudah siap untuk dinikmati. Silahkan sajikan kuliner satu ini bersama ketupat. Namun jika tidak ada ketupat, Anda juga bisa menikmatinya bersama dengan nasi putih hangat.

Coto Makassar tidak hanya segar dan nikmat dikonsumsi saja, tetapi kuliner satu ini juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Manfaat ini bisa kita dapatkan dari daging sapi dan jeroan yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari nutrisi berupa protein, kalsium, zat besi, kalium, vitamin B, dan masih banyak lagi.

https://bacaterus.com/cara-membuat-coto-makassar/