Bagaimana cara membuat burung jalak menjadi jinak ?

Mau memelihara hewan seperti burung perlu mengetahui cara menjinakkan. Bagaimana cara membuat burung jalak menjadi jinak ?

CARA MENJINAKKAN BURUNG JALAK

1. Kesehatan Burung
Tetap jaga kesehatan burung. Seperti tetap memerhatikan kesehatan dalam tubuh dengan cara memberikan pakan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral. Cobalah untuk memberikan apa yang burung sukai seperti EF jangkrik, belalang, ulat hongkong, voer, dan lainnya.

2. Jika Bakalan, Pilihlah yang Berumur Muda
Burung giras tua cenderung sangat susah untuk dijinakkan, bahkan bagi ahli sekalipun. Akan berbeda ceritanya jika yang dijinakkan adalah jalak kebo yang masih muda karena pembentukan karakter si burung terbilang cukup mudah di bentuk namun dengan kehati-hatian tinggi. Selain itu, burung muda tentunya memiliki potensi yang lebih baik

3. Tempatkan di Lingkungan yang Baik
Salah satu penyebab jalak kebo yang giras biasanya karena tempat tinggalnya yang tak ia sukai. Cobalah untuk tetap mencoba menceriakan hatinya dengan cara menempatkan sangkarnya di tempat yang sunyi. Menurut beberapa ahli, penempatan di tempat yang ramai juga bisa membantu untuk membiasakan si burung pada lingkungan sekitarnya.

4. Latihlah di tempat yang Terang
Tempat terang bukan berarti tepat di bawah sinar matahari terik, tapi di tempat teduh namun cukup pencahayaan. Dengan cara ini, burung akan cepat terbiasa dengan metode Anda. Namun sebelum itu, pastikan poin ke-3 sudah Anda terapkan. Selain itu, beda burung maka bisa jadi beda juga metodenya. Banyak burung yang malah lebih suka di tempat yang sunyi dengan pencayahan yang sedikit redup.

5. Jangan Melatih di Tempat yang Redup atau Malam Hari
Metode ini sebaiknya tidak diterapkan untuk burung jalak kebo yang sedang giras karena bisa memicu penurunan kemampuan indera penlihatan. Selain itu, pelatihan yang dilukan dalam keadaan gelap juga tak akan mempan karena membatasi konsenstrasi burung.

6. Pemberian Makan
Jangan lupa untuk memenuhi asupan mineral dan vitamin untuk jalak kebo dengan memberikannya makanan EF jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan berbagai macam multivamin dan mineral.

7. Pemberian Makan Sebelum Melatih
Burung yang sudah nyaman dengan Anda jangan sampai di buat kelaparan, apalagi saat di latih. Cobalah untuk tetap memberikan asupan makanan antara 3-4 jam sebelum melakukan pelatihan. Gunanya agar burung tak kelaparan saat berlatih nanti. Jika tidak, burung akan lambat laun bisa menjadi tak nyaman dengan Anda dan akan menjadi giras. Untuk pendekatan, cobalah untuk memberikan makanan dengan tangan.

8. Latihan di Luar Sangkar
Cobalah untuk sesering mungkin mengajak jalak kebo Anda untuk bermain tidak di dalam sangkar. Raih dan ajak untuk keluar sangkar, berikan makan dengan tangan Anda, dan lakukan Sesutu seperti mengobrol.

9. Cobalah Untuk Bersiul
Setiap burung akan senang jika si pemilik memanggilnya dengan cara bersiul karena hampir mirip dengan cara temannya memanggilnya. Cobalah untuk bersiul sesering mungkin.

10. Latih di Dalam Ruangan
Tidak hanya di luar ruangan, cobalah untuk juga melatih jalak kebo di dalam ruangan agar mengespor lebih banyak jangkauan zona nyaman untuknya.

11. Bersihkan Sangkar
Sangkar bisa dibersihkan bahkan setiap pagi dan sore hari setiap harinya. Pastikan semua bersih dan tak ada kotoran yang menjamur.

12. Melatih Mental
Cobalah untuk melatih mentai burung dan berikan kesan yang baik tentang anda untuk si Jalak Kebo.

13. Jangan Membentak atau Sejenisnya
Jauhkan segala hal yang bisa membuat suasana hati si jalak kebo menjadi buruk karena akan berdampak negatif bahkan secara permanen. Bisa jadi burung Anda tak akan bisa jinak karena perbuatan kasar yang Anda lakukan.