Bagaimana cara membuat art coffee?

Dalam menikmati coffee latte kini kita tidak hanya disuguhkan oleh rasanya yang nikmat, namun ada khas lainnya yakni latte art yang mampu memberikan visual yang cantik.

image

  1. Buatlah sebuah single expresso
    Untuk langkah awal yang harus kamu buat adalah secangkir single espresso untuk dijadikan bahan dasar yang ingin dijadikan media membuat latte art. Expresso sendiri adalah kopi bubuk yang sangat halus yang dikemas menjadi portafilter dan dimasukkan ke dalam mesin espresso ataupun di seduh dengan air panas bersuhu 190-197 derajat Fahrenheit.

  2. Hangatkanlah segelas susu
    JIka sudah jadi single espressonya, sekarang yang harus dilakukan adalah hangatkan Susunya. Tapi perlu di ingat jangan memanaskan Susunya terlalu panas, buat lah hangat jangan sampai melibihi dari 65 derajat celcius. Gunakanlah Termometer untuk mengukurnya. Kamu bisa memanaskan susu tesebut dengan memasukan susu pada Microwave. Masukan Susunya pada Jug, lalu dihangatkan menggunakan microwave selama 40 detik sampai suhu mencapai 65 derajat.

  3. Kocok susunya hingga lembut
    Jika susu sudah menjadi hangat. Mari mulai membuat Microfoam Milk. Kamu bisa membuat Microfoam Milk dengan menggunakan Milk Frother. Nyalakan Milk frother kocok terus susu nya hingga terjadinya microfoam atau sampai terdengar suara yang lembut.

  4. Tuang Microfoam Milk pada secangkir expresso
    Selanjutnya adalah membuat latte art pada expresso dengan microfoam milk. Tuangkan hasil steam susu tadi atau microfoam milk pada cangkir yang sudah terisi single espresso. Isi expresso dengan microfoam milk sesuai dengan alur gambar yang ingin kamu buat.

  5. Latte Art siap untuk disajikan

Sumber: