Bagaimana cara membuat api tanpa korek api saat berpetualang?

cara membuat api tanpa korek
Saat survival di alam bebas terkadang banyak hal terjadi yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu kita harus siap siaga menghadapi kondisi tersebut. Api sangat dibutuhkan untuk memasak air dan makanan. Bagaimana cara membuat api tanpa korek api saat berpetualang ?

1. Pump Drill
Merupakan cara termudah dalam membuat api dengan cara mengesek antara kayu dengan kayu. Cara ini tidak menghabiskan banyak energi dan sekali dibuat alatnya, bisa digunakan terus selama berada di alam liar. Sebelum membuat api dengan cara ini, pastikan kayu yang dipilih adalah kayu kering. Yang diperlukan dalam membuat api dengan cara ini adalah tongkat kayu sebagai poros, alas kayu, tali, beban agar stabil dan dan daun untuk mengumpulkan serbuk kayu yang terbakar

2. Bow Drill
Membuat api dengan Bow Drill adalah cara ke-dua yang termudah dilakukan. Untuk membuat Bow Drill anda harus menyiapkan beberapa bahan seperti Busur (Bow) dari kayu, tali, tongkat kayu sebagai poros, alas kayu, alat tangan dan daun.

Tongkat yang digunakan sebagai poros dan alat kayu haruslah kayu yang kering, kayunya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk.

Untuk busurnya, bisa menggunakan kayu segar agar tidak mudah patah dan talinya bisa menggunakan tali sepatu atau tapi apa saja selama tali tersebut kuat.

Untuk alat tangan atau socket, bisa menggunakan kayu yang dilubangi sedikit, batu yang berlubang, kulit kerang, dan lain-lain.

3. Fire Plough
Berbeda dengan cara sebelumnya dimana kayu diputar untuk mendapatkan gesekan sehingga panas dan jadi serbuk api.

Metode Fire Plough menggunakan kayu namun dengan cara digesekan terus menerus sehingga terbentuknya serbuk api.

Dalam metode, hanya dibutuhkan tongkat kayu dan alat kayu. lebih simpel dalam menyiapkan bahan namun sedikit susah dan membutuhkan banyak energi untuk membuat serbuk api.

4. Bamboo Fire Saw
Bambu banyak sekali manfaatnya untuk bertahan hidup, selain bisa digunakan untuk membuat tempat tinggal sementara, ternyata bambu kering juga bisa digunakan untuk membuat api.

Cara membuat api menggunakan metode ini tergolong simpel namun akan menguras banyak energi anda. Metode ini hampir sampa dengan metode Fire Plough cuma beda material saja.

Hal yang dibutuhkan menggunakan metode ini adalah 2 bilah bambu dengan ukuran sekitar 30 – 50 cm, serbuk bambu dan ranting/kayu kecil untuk menahan serbuk.

Seperti pada gambar di samping, bambu di atas harus dibolongi sedikit dan bagian bolong tersebut digesekkan dengan bambu di bawahnya. Gesekan antar bambu akan menimbulkan panas dan membakar serbuk bambu.

5. Hand Drill
Hand Drill adalah cara tersusah menurut saya. Tangan Anda bisa terluka dalam menggunakan metode ini dan serin kali kita akan gagal menggunakan metode ini. Namun tidak sedikit juga yang berhasil menggunakan metode ini asal pantang menyerah.

  1. Batu Api dan Baja
    Metode membuat api dengan batu api dan baja sebenarnya merupakan teknik yang cukup modern. Dalam ilmu geologi, batu api ini dikenal sebagai Rijang (Indonesia) atau Chert (English), namun banyak orang mengenalnya sebagai Flintstone atau batu api.

  2. Lensa
    Mungkin anda sudah familiar waktu sekolah dulu menggunakan kaca pembesar yang ada di sekolah untuk membuat api.

Namun pernah kita terpikir, ternyata lensa kacamata juga bisa digunakan untuk membuat api.

Untuk memkuat titik apinya, anda bisa menggunakan 2 kacamata sekaligus.

  1. Kaeng Aluminium Minuman Bersoda
    Kaleng aluminium yang harus anda gunakan adalah kaleng minuman bersoda yang bawahnya berbentuk cekung.

Untuk membuatkan mengkilat, anda bisa menggunakan pasta gigi atau coklat yang digosokkan pada bagian yang cekung.

Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit – 3 jam. Setelah itu cari titik api kaleng tersebut di bawah terik matahari, dan arahkan ke bahan yang mudah terbakar.

  1. Reaksi Kimia
    Membuat api ternyata bisa berdasarkan reaksi kimia, dengan menggabungkan antara krista Permanganat Kalium dengan Gliserin akan menimbukan reaksi yang bisa menimbulkan api. Selain itu, campuran antara Kaporit dengan Minyak Rem juga bisa menimbulkan reaksi yang akan menghasilkan api.

  2. Baterai 9V dan Steel Wool
    Steel Wool atau disebut juga wire wool adalah filamen tipis yang biasa digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu atau metal. Karena begitu tipis, steel wool sangat mudah terbakar ketika disentuhkan dengan baterai 9v.