Bagaimana cara membuat anggota tim kita mau berbuat ?

kepemimpinan

(Andreas Kurnia F) #1

kerjasam tim

Dalam kepemimpinan ada banyak skil yang harus dimiliki. Salah satu dari skil tersebut adalah enable other to act. Dalam bahasa Indonesia enable other to act memiliki arti dapat memungkinkan orang lain untuk bergerak.

“Memungkinkan orang lain untuk bertindak. Pemimpin tidak mencapai keberhasilan sendiri. … Pemimpin teladan meminta dukungan dan bantuan dari semua orang yang harus membuat pekerjaan proyek. … Mereka mendorong kolaborasi, membangun tim, dan memberdayakan orang lain. Mereka memungkinkan orang lain untuk bertindak” (Kouses & Posner, The Leadership Challenge, p. 10)

Mengacu pada pernyataan tersebut berarti memungkinkan orang lain untuk bertindak dapat berarti memberdayakan, memberi arahan dan dapat mengkoordinir orang lain agar bekerja di bawah arahan nya.

Bukan perkara mudah bagi seseorang untuk bisa menggerakkan orang lain agar berkerja sesuai dengan arahan nya. Akan tetapi untuk bisa menjadi pemimpin yang baik hal itu mutlak diperlukan. Bayangkan jika sebagai seorang pemimpin kita tidak dapat memerintah orang lain agar bekerja sesuai dengan arahan kita. Tentunya akan membuat organisasi atau kelompok yang kita pimpin tidak berjalan sesuai dengan tujuan atau visi yang ditentukan. Untuk itu skill memungkinkan orang lain untuk bergerak sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin.

Menurut situs www.leadershipchallenge.com ada beberapa cara yang harus dilakukan agar kita dapat memungkinkan orang lain untuk bergerak.

  1. Care

    Care memiliki arti peduli dalam bahasa Indonesia. Kepedulian kita terhadap orang lain akan membuat orang lain peduli juga dengan diri kita. Dengan begitu mereka akan mau bergerak karena kepedulian mewujudkan visi dari pemimpinnya. Jika orang tidak peduli terhadap visi dari pemimpin nya. Dia hanya akan mengkritik dan memberontak terhadap arahan dan kinerja pemimpinnya.

  2. Create Ownership

    Create ownership memiliki makna bahwa kita sebagai seorang pemimpin kita harus menanamkan rasa memiliki satu sama lain. Artinya sebagai pemimpin kita harus membuat anggota atau bawahan kita memiliki visi yang sama dan kepentingan yang sama dengan kita. Dengan begitu orang akan bergerak karena merasa memiliki tujuan yang sama dengan pemimpinnya.

  3. Ensure Security

    Ensure Security berarti kita memastikan keamanan orang lain. Dengan kata lain kita sebagai pemimpin harus bisa menjamin keamanan dari kinerja anggota kita. Sebagai seorang pemimpin kita harus memastikan bahwa arahan kita nanti nya psati akan berbuah baik dan aman jika dilaksanakan oleh anggota kita. Dengan begitu anggota kita akan bekerja dengan rasa aman dan percaya sepenuhnya dengan arahan kita

  4. Practice accountability for everyone…including you!

    Mempraktekan akuntabilitas dapat diartikan kita mempraktekan etika yang sesuai dengan tata administrasi yang benar. Tata administrasi yang dimaksud adalah patuh terhadap aturan, dapat mengikuti porsi dan jabatan yang dimiliki. Dengan mempraktikan akuntabilitas anggota atau bawahan kita akan belajar menghargai sebuah aturan dan jabatan. Dengan begitu akan mudah bagi pemimpin untuk menggerakan anak buah nya. Apabila akuntabilitas bisa dipraktekan oleh diri kita sendiri otomatis anggota kita akan mengikuti perilaku kita itu.

Bagaimana menurut anda ?


(Rapikandotcom) #2

Saya sangat setuju dengan ulasan ini. Namun ada beberapa poin lagi yang terkategori penting lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan sobat lihat di Cara Memaksimalkan Kinerja Tim.
Terima kasih ulasan bermanfaatnya.