Bagaimana cara membuat air mawar?

Mawar mempunyai berbagai manfaat bagi kecantikan. Namun saya jarang menemui air mawar yang benar-benar alami. Kira-kira bagaimana cara membuat air mawar?

Bahan-Bahan untuk Air Mawar Berbahan Dasar Minyak Esensial Mawar

  • 12 tetes minyak esensial mawar
  • 240 ml air suling

Cara Membuat Air Mawar dengan Minyak Esensial:

  1. Kumpulkan perlengkapan Anda. Selain minyak esensial mawar dan air suling, Anda juga akan membutuhkan botol kaca. Jika Anda akan menggunakan air mawar sebagai semprotan kabut (misting spray), maka Anda juga akan membutuhkan botol semprot kabut. Pastikan botol tersebut terbuat dari kaca atau plastik kualitas tinggi. Hindari botol berbahan logam atau plastik kualitas rendah.

  2. Isi botol kaca dengan air. Pastikan Anda menggunakan air suling bukan air keran; air keran sering mengandung bakteri di dalamnya. Jika Anda tidak bisa mendapatkan air suling di mana pun, maka rebuslah air yang sudah disaring dan biarkan dingin hingga kembali ke suhu ruangan.

  3. Masukkan 12 tetes minyak esensial mawar. Pastikan Anda menggunakan minyak esensial murni dan bukan minyak aroma. Minyak aroma hanya akan memberi Anda bau, namun tanpa ada kandungan manfaat seperti yang ditemukan pada bunga mawar dan minyak esensial murni.

  4. Tutup rapat dan kocok botol tersebut. Lakukan langkah ini selama beberapa saat untuk mencampur minyak ke dalam air.

  5. Cobalah untuk memindahkan air mawar itu ke wadah lain. Anda dapat membiarkan air mawar tersebut di dalam botol, atau Anda dapat menuangnya ke dalam botol semprot kabut menggunakan corong dan gunakan untuk menyegarkan kain seprai atau wajah Anda.

Bahan-Bahan untuk Air Mawar dengan Bahan Dasar Mahkota Bunga Kering

  • Botol kaca (stoples dengan mulut lebar)
  • 40 gram mahkota bunga mawar yang sudah dikeringkan
  • 300 ml air suling panas

Cara Membuat Air Mawar dengan Mahkota Bunga Kering:

  1. Kumpulkan perlengkapan Anda. Selain mahkota bunga kering dan air panas, Anda juga akan membutuhkan dua stoples kaca mason dan sebuah saringan.

  2. Masukkan mahkota bunga kering ke dalam salah satu stoples. Jika Anda ingin menggunakan air mawar ini untuk memasak, maka cobalah untuk mengumpulkan mahkota bunga kering dari jenis mawar yang dapat dimakan, seperti Rosa Damascena, Rosa Centifolia dan Rosa Gallica. Jenis-jenis mawar ini akan memberikan rasa yang terbaik.

  3. Tuangkan air panas, tetapi tidak mendidih, ke atas mahkota bunga tadi. Pastikan Anda menggunakan air suling yang bebas dari bakteri. Jika Anda tidak bisa mendapatkan air suling, maka Anda bisa menggunakan air yang disaring sebagai gantinya.

  4. Tutup stoples dan biarkan airnya menjadi dingin. Langkah ini akan memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, tergantung pada suhu ruangan.

  5. Letakkan saringan di atas stoples yang kosong. Anda akan memindahkan air mawar tadi ke dalam stoples ini; saringan tersebut akan menahan mahkota bunganya.

  6. Tuang air mawar ke dalam stoples. Masukkan air mawar tersebut melalui saringan secara perlahan, sehingga airnya mengalir ke dalam stoples kosong dan mahkota bunganya tertahan di saringan. Setelah seluruh air telah berada dalam stoples baru, Anda dapat membuang mahkota bunga tersebut.

  7. Segel stoples itu dan simpan di dalam lemari es. Anda harus menggunakan air mawar ini dalam waktu satu minggu, kalau tidak air tersebut tidak akan bisa digunakan lagi.

Sumber: