Bagaimana cara membersihkn Brush agar tidak cepat rusak?

Membersihkan brush makeup sangatlah penting untuk menjaga kebersihan alat makeup agar kulit kita tidak mudah terserang bakteri jerawat. Tapi, merawat dan membersihkan brush makeup memang bukan perkara yang mudah. Bagaimana caranya?

  1. Siapkan Sabun
    Langkah pertama untuk mensterilkan kuas makeup kamu adalah dengan menyiapkan bahan yang tepat. Ada lima hal yang perlu kamu perhatikan untuk membersihkan makeup adalah sampo yang lembut, cuka, air, wadah, dan handuk.

  2. Bilas
    Ketika memulai membilas kuas kamu dengan air hangat, sebaiknya biarkan air mengalir pada kuas kamu. Hal ini mencegah agar air yang kotor malah masuk ke dalam bagian pangkal kuas kamu, yang bisa melemahkan lem dan membuat kuas kamu menjadi lebih cepat rusak. Tambahkan sampo yang lembut pada brush kamu dan bilas dengan air mengalir.

  3. Gunakan Disinfektan
    Dalam wadah yang kecil, gunakan disinfektan dari cuka dan air. Celupkan brush kamu ke dalam dan goyang-goyangkan selama kurang lebih satu menit. Jangan menyelupkan seluruh permukaan kuas ke dalam wadah. Lalu kemudian bilas. Jika kamu buru-buru, kamu bisa melewati bagian ini karena kuas kamu tidak begitu membutuhkan proses ini terlalu sering.

  4. Keringkan
    Peras bagian kuas tersebut agar air bisa keluar sekaligus untuk membuat kuas kamu ke bentuk semula. Coba jemur kuas kamu di atas tisu untuk mengeringkannya. Kamu juga bisa membiarkan kuas kamu digantung terbalik selama beberapa jam untuk mengeringkannya dan pastikan kuas kamu telah kembali ke bentuk semula. Biarkan brush mengering keesokan harinya.

Sumber: