Bagaimana cara membersihkan telinga kucing?

Banyak orang mengatakan bahwa harus rutin untuk memeriksa telinga kucing peliharaannya, karena jika tidak maka akan berdampak fatal untuk kucing yang tidak pernah di bersihkan telingannya. Bagaimana cara membersihkan telinga kucing?

Lembapkan kapas atau kain kasa dan korek telinga kucing Anda dengan lembut. Pastikan untuk tidak mendorongnya terlalu dalam ke bagian horizontal di dalam lubang telinganya; hal ini bisa menyebabkan kotoran menumpuk, bukan menghilangkannya. Jangan gunakan korek kuping kecuali jika diperintahkan oleh dokter hewan Anda

Sumber : https://id.wikihow.com/Membersihkan-Telinga-Kucing

Kucing dapat membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya, tetapi tidak dengan telinga. Periksa dan bersihkan telinga secara rutin minimal seminggu sekali, lihat apakah di dalamnya terdapat kotoran, cairan, atau jamur. Sebelumnya berikan obat tetes telinga khusus kucing terlebih dulu yang bisa anda dapatkan di dokter hewan.

Selanjutnya bersihkan dengan kapas atau cotton bud lembab yang diberi sedikit baby oil. Bersihkan sebagaimana membersihkan telinga manusia, lakukan dengan pelan dan lembut agar tidak terasa sakit. Berikan pijatan lembut setelahnya agar dia merasa nyaman.