Bagaimana cara membersihkan sampah antariksa di orbit Bumi ?

sampah di antariksa

Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Dua pendorong roket Falcon Heavy mendarat bersamaan dan, beberapa menit kemudian, pemandangan tak terlupakan lainnya mengisi imajinasi warga dunia: sebuah mobil sport warna merah mengorbit planet Bumi. Satelit bernama REMOVEdebris itu akan memuat dua satelit miniatur CubeSat yang akan melepaskan simulasi sampah antariksa untuk menunjukkan berbagai cara memungutnya. Empat teknologi kunci akan diuji coba, kata Guglielmo Aglietti, direktur Pusat Antariksa Surrey di Inggris, yang mengoordinasikan misi tersebut. Teknologi ini antara lain sistem navigasi visual, jaring dan harpun untuk menangkap sampah, dan semacam layar untuk melambatkan sampah dan mengubah orbitnya sehingga jatuh ke atmosfer Bumi.

Harpun di antariksa kedengaran tidak masuk akal tapi, mungkin itu satu-satunya yang diperlukan untuk serpihan sampah berukuran lebih besar. Untuk demonstrasi ini, harpun yang dibuat oleh Airbus Defence & Space di Inggris itu berukuran sebesar pulpen.

Misi ini akan melontarkan panel berukuran 10cm persegi sejauh 1,5 meter. Harpun kemudian akan ditembakkan dari pesawat untuk menusuk dan menarik panel tersebut.

Sedangkan fungsi jaringnya juga sederhana: mengurung dan memerangkap sampah.

Prototipe jaring seret, yang terbuat dari membran plastik, hanya dapat diuji coba setelah teknologi lainnya. “Dalam misi betulan, ini akan menjadi fase terakhir,” kata Aglietti, “ketika platform dan sampah yang telah ditangkapnya didorong keluar orbit bersama-sama.”

Jika REMOVEdebris sukses, ini akan menjadi awal misi lainnya. “Kita bisa menunjukkan bahwa pembersihan sampah antariksa bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi berbiaya relatif rendah,” kata Aglietti, “dan karena itu kami berharap perusahaan swasta dapat mengikuti dan melakukan pembersihan sampah yang memberikan ancaman paling tinggi.”

Apakah anda mempunyai informasi lainnya ?

Sumber :