Bagaimana cara membersihkan Kolam Beton atau Semen yang baru dibangun ?

Kolam beton

Kolam beton biasanya dibuat memakai campuran semen dan pasir yang ditambahi zat aditif untuk membuatnya lebih keras dan tahan air. Para petani ikan sangat menyukai kolam beton karena dapat digunakan dalam tempo yang lama serta gampang sekali memelihara kondisinya. Jika dirawat dengan baik, kolam beton mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Bagaimana cara membersihkan Kolam Beton atau Semen yang baru dibangun ?

Anda bisa membersihkan kolam beton yang baru dibangun dengan langkah-langkah di bawah ini!

  • Air Mengalir

Air merupakan bahan terbaik yang bisa digunakan untuk membersihkan kolam beton. Anda hanya tinggal membuka saluran air masuk dan saluran air keluar dari kolam tersebut. Lalu masukkan air ke dalamnya terus-menerus. Biarkan kolam beton terus teraliri air. Aliran air ini sangat efektif dalam membawa bahan beracun yang terdapat di dinding kolam sedikit demi sedikit. Kira-kira dibutuhkan waktu selama 7 hari agar kondisi kolam beton bersih semuanya. Cara ini sangat tepat diaplikasikan jikalau posisi kolam berada di dekat sungai.

  • Lumut

Lumut adalah tanaman yang bisa hidup di tempat manapun, termasuk di kolam beton yang baru dibangun. Syaratnya hanya satu yakni terdapat makanan di sekitarnya. Lumut-lumut inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai agen pembersih senyawa beracun. Mulailah dengan menaburkan pupuk kandang di seluruh bagian kolam. Kemudian isilah kolam tadi memakai air hingga volumenya penuh. Biarkan kolam selama 5-7 hari hingga kondisi airnya berubah menjadi berwarna kehijau-hijauan. Setelah itu, lakukan pengurasan kolam.

  • Batang Pisang

Bahan lain yang bisa dipakai untuk membersihkan kolam beton yang aman ialah batang pisang. Batang pisang mengandung getah yang mampu mengikat partikel-partikel berbahaya yang terkandung di kolam beton baru. Anda harus menggunakan batang pisang segar yang masih banyak menyimpan getah. Potonglah batang-batang pisang ini menjadi berukuran 5-8 cm. Lalu gosokkan bagian dalamnya di seluruh permukaan kolam. Setelah selesai, isilah kolam memakai air sampai penuh dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya kolam dikuras hingga kering, lalu digosok lagi menggunakan batang pisang. Kerjakan proses ini sebanyak 3-5 kali.

Sumber