Bagaimana cara membersihkan karang gigi?

Karang gigi

Karang gigi akan cepat dan mudah terbentuk jika seseorang memiliki kandungan zat kapur yang sangat tinggi dalam saliva. Maka dari itu, bagaimana cara membersihkan karang gigi?

Karang gigi tidak dapat dibersihkan hanya dengan menggosok gigi ataupun berkumur dengan obat kumur. Karang gigi hanya dapat dibersihkan oleh dokter gigi. Untuk membersihkan karang gigi dokter akan menggunakan peralatan secara manual dan juga elektrik, karang gigi dapat dibersihkan dengan cara scalling.

Sumber: https://sehatips.xyz/kalkulus/

Untuk menghindari karang gigi berubah menjadi semakin parah dan menimbulkan inflamasi, proses pembersihan karang gigi dengan cara scale perlu dilakukan. Scale adalah cara membersihkan karang gigi yang ada pada bagian putih gigi, pada perbatasan dengan bagian gusi, hingga bagian akar.

Sebelum proses ini dilakukan, lakukan konsultasi dengan dokter Anda. Baik kondisi kesehatan maupun riwayat kesehatan Anda. Karena hal ini akan memengaruhi proses scale sekaligus pemberian antibiotik untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Seseorang dengan kondisi tertentu mungkin memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi parah. Beberapa kondisi yang membutuhkan antibiotik sebelum dan sesudah proses adalah pasien yang pernah menjalani operasi katup jantung, pinggul buatan, atau operasi pemasangan bagian tubuh buatan lainnya. Lalu, pasien yang memiliki masalah dengan sistem imun dan pasien yang memiliki masalah kesehatan jantung juga berisiko alami infeksi yang cukup parah.

Ketika proses pembersihan mulai dilakukan, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan sakit selama proses pembersihan karang dan mungkin juga antibiotik jika Anda memiliki kondisi tertentu. Alat yang digunakan untuk melakukan scale dan root planning ini pun beragam. Sebagian dokter menggunakan alat pengikis standar dan sebagian lainnya menggunakan alat ultrasonik untuk menghilangkan karang gigi.

Anda perlu tahu bagaimana proses scale akan dilakukan. Penggunaan alat tertentu akan memengaruhi tingkat kebersihan gigi, gusi, dan sela-selanya. Misalnya alat ultrasonik, membersihkan gigi dengan getaran. Getaran ini akan menghasilkan gelembung-gelembung udara yang dapat membunuh bakteri anaerob (bakteri yang hanya hidup dalam keadaan tanpa udara) yang tinggal di sela-sela gigi dan gusi. Tapi sayangnya, metode ini tidak dapat mengjangkau bagian-bagian gigi yang ada di dalam gusi. Karena ini bicarakan metode apa yang akan digunakan dokter Anda sehingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah proses pembersihan selesai, untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko munculnya infeksi, biasanya dokter akan memberikan antibiotik sebelum dan sesudah proses scale. Antibiotik ini akan diberikan di antara gusi dan gigi, nantinya setelah satu minggu antibiotik akan kembali diangkat.

Untuk meningkatkan kebersihan gigi, Anda mungkin juga akan memerlukan proses polish (poles). Polish dilakukan dengan tujuan menghapus noda atau tanda yang dihasilkan oleh karang gigi. Proses scale dan polish mungkin perlu dilakukan lebih dari satu kali jika plak dan karang gigi sudah menumpuk.

Scale dapat dilakukan sebagai cara mencegah terjadinya infeksi gigi dan gusi. Dengan rutin melakukan scale, plak gigi tidak akan menjadi karang gigi yang dapat memicu infeksi gusi (gingivitis) atau pun yang lebih parah lagi seperti radang tulang yang memegang gigi.

Mencegah tentu akan lebih baik daripada harus mengobati. Mulailah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi dan berkumur. Dengan begitu plak dapat terhindar dari berubah menjadi karang gigi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut. Dan Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari cara untuk menghilangkan karang gigi.

Karang gigi atau plak gigi adalah kotoran yang menempel pada gigi, biasanya timbul akibat sisa-sisa makanan melekat pada gigi. Biasanya karang gigi akan tumbuh dengan cepat karena seseorang malas untuk melakukan gosok gigi, terutama gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan karang gigi, salah satunya adalah dengan jeruk nipis. Bagian yang digunakan adalah kulit jeruk nipis dengan permukaan yang berwarna putih. Kulit jeruk nipis mengandung anti bakteri yang berguna untuk membunuh bakteri gigi dan juga adanya vitamin C yang tinggi berguna untuk menggerus karang gigi sehingga kulit jeruk nipis sangat ampuh untuk membersihkan karang di gigi. Nah, berikut cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk nipis:

  • Siapkan jeruk nipis, lalu kupas jeruk dari kulitnya

  • Lalu siapkan kulit jeruk nipis, garam dan air

  • Larutkan garam pada sedikit air, lalu rendam kulit jeruk nipis selama 5 menit

  • Tempelkan kulit jeruk nipis pada bagian gigi yang memiliki karang gigi

  • Setelah itu, biarkan selama 7 jam

Ada baiknya jika kamu ingin melakukan hal tersebut, bisa dilakukan pada saat menjelang tidur. Jangan lupa berkumur dengan air hangat pada keesokan harinya. Hal tersebut berguna untuk menuntaskan dan membunuh bakteri. Atau jika kamu menggunakan kulit jeruk biasa, bisa langsung menggosokkan kulit jeruk berwarna putih ke gigi yang memiliki karang.

http://dentaluniverseindonesia.com/2017/12/ini-dia-cara-menghilangkan-karang-gigi-dengan-kulit-jeruk-nipis/

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda adalah sebagai berikut,

1. Pasta Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang tergolong alami dan bisa membantu banyak masalah kesehatan dan kali ini pun tak terkecuali karang gigi. Memang benar bahwa ada bahaya baking soda yang harus Anda waspadai, tapi jika pemakaiannya secara benar dan tidak berlebihan maka tak akan masalah.

Caranya: Jadikan baking soda ini sebagai pasta gigi Anda dan pakailah untuk menyikat gigi secara rutin. Ingat bahwa salah satu manfaat baking soda adalah memutihkan gigi sehingga memang mampu mengusir segala jenis plak penyebab karang gigi dan karang gigi itu sendiri.

Cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air biasa sedikit, pasta baking soda sudah jadi. Untuk hasil yang terbaik Anda bisa mencoba menggunakannya setiap hari 1-2 kali dalam sehari dan ketika plak maupun karang gigi sudah berkurang atau hilang secara sukses, tak perlu sesering itu lagi. Anda cukup melanjutkan dengan menggunakan cara ini seminggu sekali saja agar karang gigi tak mudah terbentuk kembali.

2. Baking Soda + Garam

Baking soda merupakan sebuah bahan yang memiliki sifat dan efek antibakteri sehingga sangat pas dalam menghilangkan karang gigi maupun plak-plak pemicu karang gigi. Antimikrobanya juga tinggi dan kalau dikombinasikan dengan garam, maka hasilnya akan jauh lebih efektif dalam mengembalikan kebersihan dan kecemerlangan gigi Anda.

Caranya: Sediakan saja baking soda sebanyak 1 sendok makan bersama dengan sejumput garam dan juga sebuah sikat gigi. Baking soda dan garam tadi perlu untuk Anda campurkan dan kemudian campurannya Anda taruh langsung pada sikat gigi yang sudah Anda basahi. Gosoklah gigi Anda menggunakan campuran tersebut dan setelah berkumurlah menggunakan air hangat untuk membersihkan. Supaya hasilnya jauh lebih cepat dan efektif, Anda perlu melakukan cara ini setiap hari 1-2 kali. Bila sudah ada hasilnya, Anda hanya tinggal melanjutkan saja sebagai pencegahan timbulnya karang gigi kembali. Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan cara ini 7-10 hari sekali.

3. Baking Soda + Gliserin

Gliserin merupakan jenis cairan yang kental dengan rasa yang manis tapi tidaklah berwarna. Titik didih pada gliserin ini cukup tinggi dan diketahui mampu membeku dalam bentuk pasta. Biasanya gliserin ini banyak dipakai untuk produk sabun maupun perawatan dan kecantikan, seperti produk-produk lotion. Gliserin ini pun diketahui menjadi humektan sehingga selalu dapat menjaga kelembaban sebab kemampuannya menerap air di lingkungan termasuk tinggi.

Caranya: Campuran antara baking soda dan gliserin tergolong sangat aman dan dikenal efektif dalam menjadikan gigi lebih cerah dan bersih secara alami. Cukup ambil saja gliserin nabati sebanyak 4 sendok teh yang kemudian Anda bisa campurkan bersama dengan baking soda sebanyak 4 hingga 5 sendok makan. Tambahkan bahan-bahan tersebut ke secangkir air dan aduk hingga menjadi pasta. Sikatlah gigi dengan campuran tersebut dan setelahnya bisa Anda bersihkan dengan berkumur air biasa untuk menghilangkan sisa-sisa larutan pasta. Pasta hasil campuran kedua bahan tersebut dapat Anda pakai seperti pasta gigi yang Anda biasa pakai.

Demi hasil terbaik, Anda bisa memakai cara ini setiap harinya 1 kali hingga plak maupun karang gigi hilang dan bersih. Selanjutnya, Anda juga tetap disarankan untuk menggunakan cara ini hanya untuk mencegah timbulnya penimbunan dan pengerasan plak kembali. Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan cara ini 4 hari sekali saja untuk tujuan perawatan gigi sendiri di rumah.

4. Baking Soda + Lidah Buaya

Baking soda dan lidah buaya merupakan perpaduan yang sangat baik untuk Anda yang ingin menghilangkan karang gigi secara alami. Sebagai campuran baking soda, lidah buaya sangat aman sehingga Anda dapat mencoba memraktikkannya di rumah. Bila selama ini kita hanya tahu khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut, kali ini Anda bisa mencobanya untuk gigi.

Caranya: Cukup Anda sediakan baking soda sebanyak 4-5 sendok makan dan tambahkan 1 sendok teh hingga 1 sendok makan gel lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini dengan air secukupnya untuk membuat pasta kental. Pasta kental ini adalah yang bisa Anda coba untuk digosokkan pada gigi secara merata dan kemudian bisa Anda bersihkan dengan berkumur. Untuk hasil yang terbaik, Anda disarankan untuk melakukan cara ini setiap hari 1 kali dan teruskan pemakaian cara ini hingga karang gigi benar-benar hilang. Sebagai langkah pencegahan untuk datangnya kembali plak, silakan lakukan 4 hari sekali.

5. Baking Soda + Minyak Esensial Lemon

Minyak esensial lemon mampu membantu agar gigi dapat putih bersih secara alami. Jadi tidak salah kalau Anda ingin memakai dan mencampurkan keduanya demi menghilangkan karang gigi.

Caranya: Sediakan baking soda sekitar 1-2 sendok makan yang kemudian ditambahkan dengan minyak esensial lemon secukupnya hanya untuk supaya dapat membentuk adonan pasta. Ketika adonan pasta telah terbentuk, Anda bisa mencoba menggunakannya dengan menggosokkannya pada gigi sampai merata dan kemudian Anda bersihkan dengan berkumur air biasa. Minyak esensial lemon sangat berguna karena di dalamnya mengandung sifat antimikroba yang sudah biasa melawan bakteri penyebab plak sekaligus karang gigi. Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa menggunakannya sehari sekali setiap hari dan boleh juga kalau ingin mencegah dengan memakai cara ini 3-4 hari sekali sesudah karang gigi hilang.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-menghilangkan-karang-gigi-dengan-baking-soda

Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat karang gigi lepas secara alami :

  1. Berkumur dengan cengkeh tumbuk
  2. Menyikat gigi dengan baking soda dan garam
  3. Berkumur dengan air garam dan air hangat
  4. Menggosok gigi dengan buah strawberry
  5. Rutin memakan buah apel
  6. Rutin memakan buah melon
  7. Menggosok gigi dengan kulit jeruk
  8. Menggosok gigi dengan tomat
  9. Mengunyah seledri
  10. Mengonsumsi makanan pedas

Sumber: https://k-link.co.id/enyahkan-karang-gigi-si-perusak-senyum-indahmu/

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam:

1. Air Garam Hangat

Untuk cara pertama yang paling umum dan sederhana serta murah adalah dengan menggunakan air garam yang dalam kondisi hangat. Sama halnya ketika Anda sedang batuk, biasanya air garam digunakan sebagai obat kumur untuk meredakan rasa sakit dan tak nyaman di tenggorokan. Namun kali ini, tujuannya adalah sebagai penghilang karang gigi.

Caranya: Masukkanlah garam sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat yang telah Anda siapkan. Setelah diaduk dan menjadi tercampur rata, Anda tinggal berkumur saja dengan air ini hingga seluruh area dalam mulut terkena. Lakukan sehari 3 kali masing-masing 1 menit, terutama pada area karang gigi.

2. Garam + Baking Soda

Baking soda juga dapat diandalkan ketika Anda hendak menghilangkan karang gigi secara alami tanpa efek samping yang berbahaya. Hanya saja memang jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan baking soda yang dicampur dengan garam karena Anda perlu mewaspadai juga adanya bahaya baking soda bila pemakaian kurang tepat.

Caranya: Siapkan saja sebuah sikat gigi, lalu juga sejumput garam berikut 1 sendok makan baking soda. Garam dan baking soda harus dicampur dulu hingga rata dan kemudian ditaruh pada atas sikat gigi yang telah dibasahi. Setelah itu bisa Anda gosokkan perlahan pada gigi Anda seperti sikat gigi biasanya, barulah kemudian kumur dan bersihkan dengan air hangat.

Supaya hasilnya maksimal, Anda perlu memakai cara ini sehari 2 kali dan ketika karang gigi sudah hilang, Anda dapat mengganti jadwal pemakaian. Cara ini tetap dapat Anda pakai 7-10 hari sekali saja dan tak perlu sesering atau serutin sebelumnya karena hanya untuk menjaga agar karang gigi tak terbentuk lagi.

3. Garam + Minyak Mustard

Dalam menghilangkan karang gigi, Anda bisa juga memakai garam yang dicampurkan bersama dengan minyak mustard. Diketahui bahwa kombinasi keduanya tidaklah buruk dan justru sangat efektif karena memang minyak mustard sendiri dikenal baik dalam membunuh bakteri, termasuk bakteri di dalam mulut.

Caranya: Anda cukup menyediakan garam sebanyak ½ sendok teh dan juga sedikit minyak mustard (tak perlu terlalu banyak asalkan cukup sebagai campuran pasta). Sesudah terbentuk pasta dari garam dan minyak mustard, Anda dapat menggosokkannya ke area gigi yang terdapat karang selama beberapa menit. Barulah kemudian bersihkan menggunakan air hangat; lakukan sehari 2 kali untuk hasil efektif.

4. Garam + Jus Lemon

Jus lemon terkenal baik dalam memutihkan gigi secara alami dan menjaga kebersihan serta kesehatan mulut secara sempurna. Jadi, tak ada salahnya mengombinasikan garam dan jus lemon.

Caranya: Anda hanya memerlukan garam sebanyak ½ sendok teh untuk kemudian dicampurkan bersama jus lemon sedikit saja. Setelah pasta terbentuk, Anda bisa mengoleskannya ke bagian gigi yang ada karang giginya selama beberapa menit. Barulah kemudian kalau sudah selesai bisa Anda kumur dan bersihkan dengan air hangat; melakukannya sehari 2 kali akan memberikan hasil terbaik.

5. Garam + Minyak Wijen

Dalam menjadikan karang gigi hilang secara alami, Anda juga dapat mengombinasikan garam dengan jenis minyak lainnya selain mustard. Garam ditambah minyak wijen adalah solusi yang tepat juga karena memang minyak ini baik untuk menghilangkan plak dan menjadi obat bagi gusi berdarah apalagi bau mulut.

Caranya: Sama halnya seperti 2 cara yang sebelumnya disebutkan, Anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan minyak wijen secukupnya untuk membuat pasta. Kalau sudah, langsung aplikasikan atau balurkan pada area gigi, terutama yang berkarang. Lakukan sehari 2 kali setiap hari untuk hasil paling efektif.

Alternatif: Anda pun bisa juga menggunakan minyak wijennya saja dalam hal ini. Cukup dengan mengambil 1 sendok makan dan masukkan ke dalam mulut. Kumurkan dan ratakan kumuran hingga mengenai seluruh area dalam mulut. Lakukan selama 20 menit dan jangan ditelan tapi dibuang setelah itu. Bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasa.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-menghilangkan-karang-gigi-dengan-garam

Menggosok Gigi Dengan Benar
Menggosok gigi dengan cara yang salah hanya akan menimbulkan masalah baru pada gigi. Bahkan beberapa dokter gigi mengatakan bahwa jika seseorang salah dalam membersihkan gigi, tentu masih ada kotoran yang masih tertinggal di gigi sehingga bisa menimbulkan karang gigi. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggosok gigi dengan cara yang benar dan lakukan secara rutin paling tidak 2 kali sehari.

Menggunakan Biji Sawak
Sediakan biji sawak yang telah disangrai. Kemudian haluskan, lalu gosokkan pada gigi sehingga karang gigi bisa terkikis. Untuk membersihkan gigi dari karang gigi, Anda bisa menggunakan sikat gigi.

Menggunakan Biji Cengkeh
Biji cengkeh sangat efektif untuk membersihkan karang gigi. Caranya haluskan beberapa biji cengkeh, kemudian Anda gunakan saat menyikat gigi.

Sering Makan Apel
Apel selain rasanya yang manis dan gurih juga bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi dan mengatasi bau mulut. Pilihlah apel yang masih segar dan jangan kupas kulitnya untuk hasil yang lebih maksimal.

http://www.jurnalkedokterangigi.com/post/read/1038/cara-membersihkan-plak-atau-karang-gigi.html