Bagaimana cara membersihkan gigi pada kucing?

kucing

Bagaimana cara membersihkan gigi pada kucing?

1 Like

1. Tempatkan kucing pada permukaan yang nyaman. Ini dapat membantu kucing bersantai sementara Anda membersihan giginya. Apabila Anda mengetahui kucing suka memberontak, cobalah membungkus kucing menggunakan handuk untuk mencegahnya mencakar atau mencoba kabur.

  • Seharusnya dibutuhkan waktu kurang dari 30 detik untuk menyikat gigi kucing.

  • Mengenakan lengan panjang atau bahkan sarung tangan apabila kucing kemungkinan akan memberontak atau mencoba kabur ketika melakukan pembersihan merupakan hal yang bijaksana.

2. Sikat gigi kucing. Anda seharusnya sudah memberi kucing waktu dua hingga tiga hari untuk terbiasa dengan pasta gigi. Pada hari keempat, bubuhkan pasta gigi pada sikat gigi dan cobalah menyikat beberapa gigi.

  • Ulangi setiap hari hingga kucing mengizinkan Anda menjalankan sikat gigi dengan hati-hati di sepanjang gusi dan gigi. Gerakkan bulu sikat di sepanjang gusi gigi belakang atas dan miringkan sedikit ke arah atas, sehingga bulu sikat berada di bawah garis gusi.

3. Buat gerakan melingkar di sepanjang garis gusi. Setelah kucing terbiasa dengan rutinitas yang dijabarkan di langkah sebelumnya, mulailah membuat lingkaran-lingkaran kecil di sepanjang garis gusi dari arah belakang ke depan, memijat gusi.

4. Sikat gigi teratur. Pastikan untuk mengulangi rutinitas ini secara harian –atau setidaknya beberapa kali seminggu– memastikan mulut kucing menjadi sesehat mungkin. Meskipun menyikat gigi mengurangi plak dan penumpukan kotoran pada permukaan gigi yang tampak, menyikat gigi tidak dapat mencapai penumpukan yang berada di bawah garis gusi. Akan tetapi, setiap kali menyikat, Anda mengurangi jumlah besar penumpukan bakteri dan plak dalam mulut kucing.

5. Periksa adanya masalah apa pun. Ketika menyikat gigi kucing, lakukan pemeriksaan cepat pada mulut kucing untuk melihat apakah terdapat sesuatu yang memerlukan perhatian lebih lanjut dari dokter hewan. Sebagai contoh, pendarahan gusi merupakan tanda kucing memerlukan pembersihan kerak gigi profesional oleh dokter hewan, maka tangani hal tersebut secepat mungkin. Nanah, benjolan, luka, area kemerahan, dan gigi yang goyang dalam mulut kucing juga harus diperiksa dokter hewan.