Bagaimana cara memberikan umpan balik (feedback) yang baik pada Manajemen Organisasi?

Dalam manajemen organisasi, kinerja karyawan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan didalamnya, karena akan berpengaruh pada pencapaian tujuan organisasi. Maka dari itu organisasi harus berusaha meningkatkan kinerja tersebut melalui penilaian kerja. Disisi lain, untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja yaitu dengan pemberian umpan balik (feedbak) dan penghargaan. Umpan balik (feedback) merupakan pemberian informasi yang benar dan produktif untuk memastikan atau memperbaiki prestasi, sedangkan penghargaan adalah kompensasi yang diberikan atas kinerja yang dilakukan.

Bagaimana cara memberikan umpan balik (feedback) yang baik pada Manajemen Organisasi?

1 Like

Manajemen Organisasi merupakan aktivitas perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi. (George R. Terry)

Untuk dapat mencapai tujuan organisasi diperlukan kinerja yang baik dari seluruh karyawan yang terkait. Kinerja merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh karyawan yang ditampilkan sesuai dengan peranannya dalam organisasi. Kinerja karyawan menjadi hal yang sangat penting dalam usaha organisasi untuk mencapai tujuannya, sehingga berbagai kegiatan harus dilakukan organisasi untuk meningkatkannya. Tujuan dilakukannya penilaian prestasi kerja secara umum adalah untuk memberikan feedback kepada karyawan dalam upaya memperbaiki tampilan kerjanya dan upaya meningkatkan produktivitas organisasi, dan secara khusus dilakukan dalam kaitannya dengan berbagai kebijaksanaan terhadap karyawan seperti untuk tujuan promosi, kenaikan gaji, pendidikan, pelatihan, dan lain-lain. Umpan balik (Feedback) merupakan informasi yang objektif mengenai prestasi individu atau kolektif. Fungsi dari pemberian umpan balik tersebut berkaitan dengan instruksi dan motivasi. Umpan balik berkaitan dengan instruksi, memberikan instruksi pada saat memperjelas peran atau melakukan sesuatu yang baru sedangkan yang berkaitan dengan motivasi umpan balik dapat memotivasi pada saat terdapat penghargaan atau menjanjikan suatu penghargaan. Untuk memberikan umpan balik yang baik ada beberapa tipsnya, antara lain.

  1. Menghubungkan umpan balik dengan tujuan prestasi yang sudah ada dan harapan yang jelas.
  2. Memberikan umpan balik yang spesifik terkait dengan perilaku yang dapat diamati atau hasil yang dapat diukur.
  3. Mengarahkan umpan balik menuju hasil yang tepat sasaran.
  4. Memberikan umpan balik sesegera mungkin.
  5. Memberikan umpan balik positif untuk memperbaiki, tidak hanya untuk hasil akhir.
  6. Memfokuskan umpan balik prestasi, bukan pada kepribadian.
  7. Mendasarkan umpan balik pada informasi yang akurat, dan dapat diandalkan.

Setelah memberikan umpan balik, maka harus memberikan penghargaan kepada karyawan sebagai kompensasi terhadap kinerjanya selama ini. Hal yang harus diperhatikan dalam pemberian penghargaan, antara lain.

  1. Memaksimalkan Keuntungan/Manfaat
    Perusahaan dan karyawan akan memaksimalkan keuntungan.
  2. Persamaan
    Penghargaan dilakukan secara proporsional dengan kontribusi yang diberikan.
  3. Keadilan
    Penghargaan yang diberikan jangan mengakibatkan kesenjangan yang terlalu besar antar karyawan dalam organisasi.
  4. Kebutuhan
    Penghargaan yang diberikan harus berdasarkan kebutuhan karyawan.

Referensi :
Pengertian Manajemen Organisasi Bisnis Serta Fungsi dan TujuannyaPengertian Penghargaan (Reward) Kriteria Manfaat dan Jenis Definisi Menurut Para Ahli
Umpan Balik
Engaging and Motivating Employees: Reward vs Recognition
Pengertian Prestasi Kerja Faktor yang Mempengaruhi dan Penilaian

1 Like