Bagaimana cara memberi makan yang tepat untuk ular ?

image

Kendala utama dalam memelihara ular sebagai hewan peliharaan adalah pemberian pakan, karena ular sebetulnya adalah termasuk kedalam hewan pemburu. Bagaimana cara memberi makan yang tepat untuk ular ?

Cara memberi makan yang tepat untuk ular adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan makanan.

    Jika Anda menyediakan makanan hidup, Anda tidak perlu mempersiapkan apapun kecuali makanan hidup tersebut. Jika Anda memberikan makanan yang telah dibekukan, Anda harus mencairkannya terlebih dahulu dan dipanaskan hingga suhu yang telah ditentukan. Ini adalah metode untuk mencairkan makanan untuk ular peliharaan:

    • Letakkan makanan beku pada handuk kertas dan letakan dekat kipas angin hingga mencair. Jangan meninggalkannya terlalu lama, dan Anda hanya mencairkan sebanyak ular peliharaan Anda butuhkan untuk sekali makan.

    • Cuci tubuh tikus dalam air sabun dan bilas secara menyeluruh. Tikus dapat membawa aroma busuk yang dapat menyebabkan ular peliharaan Anda enggan memakannya.

    • Tempatkan makanan dalam mangkuk air hangat dan biarkan hingga hangat sekitar lima menit. Ular tidak akan memakan makanan jika makanan tersebut dingin.

  2. Cari tahu cara memberi makan yang baik bagi ular Anda.

    Anda harus mendalami sifat ular peliharaan Anda sebelum memberi makanan. Sebagian ular memilih makanannya sendiri yang telah tersedia di kandang. Ada juga ular yang memakan makanan yang sengaja digantung oleh pemiliknya. Cobalah kedua cara untuk mencari tahu cara apa yang terbaik untuk memberi makan ular peliharaan Anda.

    • Bila Anda memberi makanan dengan menempatkannya dalam kandang, taruh di atas piring kecil atau di dalam mangkuk yang terpisah dari tempat tidur ular.

    • Bila Anda memberi makanan dengan menggantung di kandang, gunakan pinset atau tang, dan jangan menggunakan jari-jari Anda, karena Anda bisa tergigit oleh ular peliharaan Anda.

    • Apapun metode yang Anda pilih, berikan ular peliharaan Anda 20 menit sampai 30 menit untuk memutuskan untuk memakan yang telah diberikan oleh Anda. Jika ular tidak mengambil makanan dalam waktu ini, keluarkan makanan dan cobalah lain waktu. Anda tidak bisa memaksa ular untuk makan jika ulah peliharaan Anda sedang tidak ingin.

  3. Jika Anda menggunakan mangsa yang hidup, segera keluarkan jika tidak dimakan.

    Tempatkan tikus dalam kandang dan lihatlah apa yang terjadi selanjutnya. Jika ular pelihaaraan Anda tidak memakan mangsa tersebut dalam waktu 10 atau 20 menit, ambil mangsa dari kandang. Jika ular tidak lapar dan mangsa tetap di kandang, mungkin mangsa yang hidup tersebut akan mencoba untuk menggigit ular peliharaan Anda dalam upaya untuk menyelamatkan diri. Ambil mangsa tersebut dan cobalah lain waktu.

  4. Buatlah jadwal makan untuk ular peliharaan Anda.

    Ular yang masih kecil biasanya hanya membutuhkan makanan sekali dalam seminggu. Untuk ular yang lebih besar dan lebih tua, biasanya akan cepat membutuhkan makanan. Mulailah dengan memberi makanan seminggu sekali, setelah itu cobalah untuk memberi makanan setiap enam hari sekali. Jika ular langsung mengambil makanan setelah Anda memberinya, cobalah memberi makan setiap lima hari sekali. Biasanya, seekor ular besar dewasa perlu makan setiap tiga atau empat hari sekali.

    • Ketika Anda mengubah jadwal makan, perlu diingat bahwa Anda tidak harus mencoba untuk memaksa ular peliharaan Anda untuk makan. Memberinya makanan, kemudian mengambilnya jika ular peliharaan Anda tidak ingin makan