Bagaimana cara memberanikan mental Ikan Cupang untuk bertarung ?

Ikan cupang

Ikan cupang selain menjadi ikan hias yang sangat indah, ikan ini juga dapat dijadikan sebagai ikan aduan. Bagaimana cara memberanikan mental Ikan Cupang untuk bertarung ?

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemenangan ikan cupang jagoan Anda adalah mental. Ikan cupang yang pemberani mampu menghadapi ikan cupang lain dengan ukuran yang lebih besar sekalipun. Soal menang atau kalah itu urusan belakangan. Sifat pemberani harus dimiliki oleh ikan cupang peliharaan Anda biar tidak merasa percaya diri dan tidak minder saat berada di arena.

Cara supaya ikan cupang mempunyai mental pemberani:

  1. Biarkan semua ikan cupang menunjukkan sikap agresivitas yang dimilikinya setiap kali Anda mengganti air di dalam akuarium. Caranya keluarkan semua sekat akuarium tersebut dan biarkan ikan-ikan cupang di dalamnya bertemu satu sama lain selama beberapa saat. Setelah dirasakan sudah cukup, silakan bawa akuarium tadi ke tempat penggantian air.

  2. Siapkan sebuah baskom yang berukuran sedang. Isilah baskom tersebut dengan air hingga ketinggiannya mencapai 10 cm dari bagian dasar. Setelah itu, masukkan 2 ekor ikan cupang ke dalamnya. Biarkanlah kedua ikan tersebut saling berhadapan satu sama lain serta bertarung selama beberapa menit. Setelah ikan mengalami luka, barulah Anda bisa menyudahi pertandingannya.

  3. Silakan isi akuarium dengan air seperti biasanya. Masukkan ikan-ikan cupang ke dalam akuarium tersebut. Biarkan semua ikan berhadapan kembali sejenak hingga tubuhnya kelihatan bersinar/mengkilap. Berikutnya Anda bisa memasang penyekat akuarium untuk memisahkan semua ikan cupang. Jangan lupa sebelum ditinggalkan Anda harus memberi pakan secukupnya.

  4. Kekuatan ikan cupang bisa ditingkatkan melalui pemberian pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Jentik nyamuk merupakan pakan yang sangat baik untuk ikan cupang karena dapat mengeraskan lapisan kulitnya. Sebisa mungkin jemurlah ikan cupang setiap sekali per minggu di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran selama seharian penuh ini bagus sekali untuk menguatkan tulangnya serta memicu perangainya agar tidak takut cahaya dan keramaian.

Sumber