Bagaimana cara membedakan kura-kura jantan dan betina?

Kura-kura

Bagi orang awam, membedakan antara kura-kura jantan dan betina merupakan hal yang sangat sulit. Karena keduanya terlihat sama. Bagaimana cara membedakan kura-kura jantan dan betina?

Dalam membedakan jenis kelamin kura-kura, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

image

  • Cangkang
    Kerapas atau cangkang pada kura-kura jantan memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih ramping, sedangkan kerapas pada betina lebih pendek dan lebih lebar.

  • Cakar
    Cakar pada kura-kura jantan lebih panjang, lebih tajam dan lebih ramping dibandingkan dengan betina karena cakar pada jantan digunakan pada saat kawin dengan betina. Selain itu, cakar juga digunakan untuk mempertahankan wilayah serta untuk berkelahi.

  • Plastron
    Plastron pada kura-kura jantan memiliki bentuk yang cekung. Bentuk plastron yang seperti itu membuat jantan mudah menyesuaikan dengan cangkang betina saat kawin. Sementara itu, plastron pada betina memiliki bentuk yang rata sehingga dengan bentuk seperti itu ruang perut betina lebih luas untuk mengandung telur.

  • Kloaka
    Kloaka atau lubang saluran kotoran pada ekor, juga dapat membedakan antara kura-kura jantan dengan kura-kura betina. Jantan memiliki kloaka yang panjang dan berbentuk seperti belahan, letaknya hampir pada bagian ujung ekor. Sementara itu, pada betina kloakanya lebih bundar dengan bentuk menyerupai bintang, letaknya tersembunyi pada bagian cangkang.

image