Bagaimana Cara Membedakan Kepiting Jantan Dan Betina?


Memedakan kepiting jantan dan betina sebenarnya sangatlah mudah bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kepiting , dan tidak perlu waktu yang lama cukup dengan kasat mata dengan hitungan menit sudah dapat membedakan antara jantan dan betina. Namun bagi mereka yang masih awam tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri

Perbedaan Kepiting jantan dan Betina
Perbedaan antara kepiting jantan dan betina ini dapat kita lihat dan kita terapkan kepada semua jenis kepiting seperti kepiting bakau, kepiting velvet dan jenis kepiting lainnya berikut perbedaanya.

Pada kepiting jantan tutup perutnya akan lancip dan tidak menutupi keseluruhan perutnya sedangkan pada kepiting betina tutup perutnya akan lebih besar dari pada jantan , hal ini wajar sebab kepiting betina berperan penting dalam menjaga telur pada bagian tersebut. Selain itu untuk ukuran kepiting jantan akan lebih besar dari pada kepiting betina , namun cara ini tidak dapat kita lihat secara kasat mata mengingat ukuran kepiting dipengaruhi oleh umur dan jenis jenis kepiting tersebut.

Selain itu ada jenis kepiting banci dimana penutup perutnya tidak kecil dan tidak menutupi, namun sangat jarang terjadi dan paling diburu karena rasanya yang enak dan juga telurnya yang memiliki rasa yang berbeda dari kepiting lainnya, jika anda penggemar kepiting harusnya sangat tau dengan jenis kepiting ini.