Bagaimana cara membedakan kelamin kelinci jantan dan betina ?

kelinci

Bagaimana cara membedakan kelamin kelinci jantan dan betina?

Ciri-Ciri Kelinci Jantan

Untuk mengenali jenis kelamin kelinci jantan kita hanya perlu melihat bagian kelaminnya. Angkat kelinci seperti kita menggendong bayi lalu sedikit dibalik utuk melihat bagian dibawah ekor kelinci. Jika terdapat 2 benda menggantung maka itu jantan. 2 benda yang menggantung itu disebut testikel.

Testikel pada kelinci dewasa atau yang sudah siap kawin biasanya berukuran besar dan terlihat juga bagian penisnya. Testikel ini akan lebih jelas jika cuaca sedang panas, jika cuaca dingin testikel biasanya samar.

jenis-kelamin-kelinci-jantan

Pada kelinci jantan muda juga terdapat testikel, tetapi ukuran dan bentuknya belum terlihat jelas, hanya seperti gundukan kecil saja. Harus sedikit jeli untuk membedakan kelinci anakan ini, karena ciri-cirinya belum terlalu jelas. Tetapi bisa diamati dari jarak kelamin dan jarak anusnya. Kelinci jantan memiliki jarak anus dan kelamin yang lebih jauh dibanding kelinci betina.

Ciri-Ciri Kelinci Betina

Cara membedakan kelinci betina juga tidak jauh beda dengan kelinci jantan. Hanya saja ciri-ciri pada kelinci betina yaitu tidak terdapat 2 benda menggantung.

jenis-kelamin-kelinci-betina

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membedakan jenis kelamin kelinci yang masih kecil, yaitu:

  • Baringkan kelinci di telapak tangan kiri sambil ditahan agar kelinci tidak lepas.
  • Buat kelinci tidak berontak dan merasa nyaman berada di telapak tangan kita.
  • Jika ukuran kelinci cukup besar, maka anak kelinci tersebut dapat direbahkan di atas pangkuan dengan kepala diletakkan diantara dua lutut.
  • Bentangkan kaki belakang kelinci dan sibakkan ekor dengan tangan kanan sampai terlihat lubang anus dan lubang kelamin. Lubang yang dekat ekor adalah lubang anus, sedangkan lubang yang dekat dengan perut adalah lubang kelamin.
  • Tekan sedikit pada kulit alat kelaminnya. Jika terlihat ada tonjolan maka kelinci tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika berbentuk lingkaran dan sedikit agak memanjang, maka sudah dapat dipastikan bahwa kelinci tersebut adalah kelinci betina.

Sumber:
https://wismakreatif.web.id/2015/11/membedakan-kelinci-jantan-dan-betina-usia-muda.html