Bagaimana Cara Membedakan Jantan Betina Kolibri Wulung?

image

Dilihat dari sisi mana agar bias menemukan perbedaanya?

Kolibri wulung atau biasa dikenal dengan kolibri muncang, kolibri daun atau kolibri kaca. Merupakan jenis kolibri yang juga banyak dimintai selain kolibri ninja atau sogok ontong. Peminatnya semakin banyak dan tidak hanya dijadikan burung pemaster saja.

Pemilihan burung ketika masih muda hutan lebih banyak dipilih yang masih muda atau trotol. Dikarenakan saat masih muda burung jauh lebih mudah jinak dan juga memudahkan dalam pemasteran. Kolibri muncang ketika masih ijo sangat sulit untuk dibedakan baik jantan dan betina. Ketika masih ijo wulung jantan lebih cenderung mirip dengan wulung betina dewasa.

Ada beberapa cara dalam membedakan jantan dan betina ketika masih ijoan. Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara membedakan jantan betina masih ijo. Kami sertakan gambar agar anda lebih mudah dalam membedakan. Berikut ini ciri-ciri kolibri wulung baik jantan maupun betina :

Kolibri wulung jantan :
Ada lingkar putih pada mata yang tebal ketika masih ijo.

Ketika bulu leher berubah menjadi coklat juga dibarengi dengan bulu metalik hijau.

Kolibri wulung betina :
Tidak ada lingkar putih pada mata atau hanya tipis saja tidak tebal.

Ketika bulu leher berubah menjadi coklat bulu metalik tidak tumbuh sama sekali.

Jika anda masih ragu ketika memilih kolibri wulung masih ijo sebaiknya anda pilih yang trotol. Trotol disini yang dimaksud adalah kolibri yang sudah muncul warna metalik pada bulu ekor, sayap, atau kepala.