Bagaimana cara membedakan ikan mujair dan ikan nila ?

Masyarakat sering bingung dalam membedakan ikan mujair dan ikan nilai. Seperti apa cara membedakannya?

Berikut beberapa cara membedakan Ikan Mujair dan Ikan Nila:

1. Perhatikan pada bagian ekor

Terlihat jelas Ekor Ikan nila terdapat garis yang memotong dari atas. Sedangkan jika perhatikan pada ikan Mujair tidak terdapat garis-garis yang memotong. Penampilan ekor mujair juga lebih hitam dibandingkan dengan ikan nila.

image

2. Jika dipehatikan Pada bagian sirip

Ikan mujair tidak memiliki garis-garis yang memotong berdirinya sirip belakang. Sedangkan pada ikan Nila terlihat jelas adanya garis-garis yang memotong sirip belakang seperti pada ekor.

image

3. Perhatikan pada sirip punggung

Pada ikan mujair ujungnya berwarna kemerahan sedangkan pada ikan nila tidak ada. Bahkan tulang sirip ikan nila terlihat lebih jelas dan tajam sedangkan mujair tidak.

image

4. Perhatikan pada bagian mulut

Mulut ikan mujair lebih besar dari pada Ikan nila. Terlihat jelas mulut ikan Mujair lebih melebar ke samping sedangkan Mujair tidak.

image

5. Pemperhatikan sirip bawah

Terlihat jelas Sirip ikan mujair terlihat lebih lonjong dan hitam. Sedangkan pada ikan Nila, Sirip bawah terlihat transparan dan pendek melebar.

image

6. Perbedaan yang terakhir, mengarah pada perbandingan badan

Ikan mujair memiliki badan yang lebih kecil memanjang sedangkan pada ikan Nila memiliki badan yang agak luas bulat. Ikan Nila memiliki ciri umum terlihat trasparan lebih cerah dibandingkan dengan ikan Mujair. Pada pada bagian perut, ikan Nila lebih besar perutnya.

Sumber: https://hewanpedia.com/6-ciri-dan-cara-membedakan-ikan-mujair-dan-ikan-nila/