Bagaimana cara membedakan Ikan Bawal Jantan dan Betina ?

Ikan Bawal

Ikan Bawal (Collossoma macropomum) adalah jenis ikan yang bersal dari sungai Amazon Brazil. Bawal ini sangat mirip bentuknya dengan jenis ikan piranha. Bagaimana cara membedakan Ikan Bawal Jantan dan Betina ?

Cara membedakan bawal jantan dan betina pada saat masih kecil memanglah sulit. Beberapa tanda yang bisa dilihat yaitu ikan bawal betina mempunyai tubuh yang lebih gemuk, sedangkan untuk ikan bawal jantan selain lebih langsing, juga memiliki warna merah pada perutnya lebih menyala.
Apabila jika sudah matang gonade, perut bawal betina akan terlihat gendut dan gerakannya pun lamban. Adapun untuk bawal jantan selain agresif juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu jika dipijat ke arah anus.

Seperti ikan lainnya, bawal pun biasanya memijah pada awal juga selama musim hujan. Di Brazil dan Venezuela, kejadian itu terjadi pada bulan Juni dan Juli. Adapun di negara-negara lainnya, bawal dapat mengikuti musim yang ada, misalnya di Indonesia kematangan gonad bawal terjadi pada bulan Oktober sampai April.

Sebelum musim pemijahan tiba, induk yang sudah matang akan mencari tempat yang cocok untuk melakukan pemijahan. Daerah yang paling disukai adalah hulu sungai yang biasanya pada musim kemarau kering, sedangkan pada musim hujan tergenang. Daerah yang seperti ini memberikan rangsangan dalam memijah.

Ada beberapa perbedaan yang perlu dicermati antara lain :

  • Ikan bawal jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing daripada ikan betina. Tubuh ikan bawal betina berbentuk pendek dan melebar.
  • Tubuh ikan bawal jantan umumnya berwarna kemerah-merahan. Sedangkan warna tubuh ikan bawal betina cenderung lebih gelap.
  • Jika diraba permukaannya, perut ikan bawal jantan akan terasa kasar. Berbeda dengan perut ikan bawal betina yang terasa lembek karena banyak mengandung lemak.
  • Bila diurut, ikan bawal jantan akan mengeluarkan sel sperma berwarna keputih-putihan melalui lubang kelaminnya. Sementara untuk ikan bawal jantan akan mengeluarkan sel telur yang warnanya kemerah-merahan sampai kekuningan.