Bagaimana cara membedakan Burung Puyuh Jantan dan Betina?


(Calcuela Laura) #1

image

Burung Puyuh sangat sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya, mereka terlihat hampir sama. Lalu bagaimana cara membedakan Burung Puyuh Jantan dan Betina?


(Byesusi) #2

Dari artikel yang saya baca, ciri umum yang dapat dilihat guna membedakan jenis kelamin burung puyuh adalah warna pada bulu dada, paruh, dan anus.

Bulu dada burung puyuh betina berwarna cokelat keabu-abuan dengan garis atau bintik putih, sedangkan burung puyuh pejantan mempunyai bulu dada cokelat kemerah-merahan. Pangkal paruh burung puyuh jantan berwarna cokelat kemerahan, sedangkan pangkal paruh burung puyuh betina tidak berwarna cokelat kemerahan.

puyuh jantan puyuh betina Jika dilihat bagian atas anus burung puyuh pejantan terlihat adanya benjolan berwarna merah dan jika ditekan akan keluar cairan seperti busa putih, sedangkan burung puyuh betina tidak ada ciri-ciri tersebut.

baca artikel


(Putri Ayu) #3

Pada burung puyuh jantan akan punya corak warna yang bervariasi dan juga beragam. Coraknya antara lain yaitu warna pirang cerah yang mirip seperti rambut jagung. Garis-garis pada tubuhnya akan berwarna abu-abu dan juga menutupi leher.

Puyuh jantan juga akan punya warna kepirangan pada seluruh bagian tubuh. Gerakan dari puyuh jantan juga lebih lincah dan juga gesit.

Badan dari puyuh jantan ini juga lebih kokoh dan akan mengeluarkan suara. Bulu puyuh jantan akan terlihat lebih lebat dari padapuyuh betina.

Sementara puyuh betina sendiri akan punya corak warna tidak sempurna atau tidak kompleks seperti puyuh jantan.

Puyuh betina punya ciri khas yang sangat berbeda jika dibanding puyuh jantan. Antara lan yaitu bintik abu dan keoranyean di bagian dada, dan warna di bagian dada akan terlihat pudar dengan sedikit bintik-bintik.

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina Segi Warna
Langkah mudah membedakan puyuh jantan dan betina dari segi warnanya yaitu puyuh betina punya warna bintik abu di tubuhnya.

Gerakan dari burung puyuh betina ini juga lebih lambat. Ukuran puyuh betina juga akan lebih besar jika dibanding dengan puyuh jantan.

Membedakan puyuh jantan dan betina juga bisa dilakukan melalui alat reproduksinya. Jenis alat reproduksi puyuh dapat dilihat dengan membuka bagian ekor dan sayapnya.

Puyuh jantan akan punya alat reproduksi pada bagian dekat perut bawah serta dekat kloakanya.

Puyuh betina juga punya alat reproduksi yang letaknya hampir sama seperti dengan burung puyuh yang berjenis kelamin jantan, akan tetapi alat reproduksi puyuh betina menebal, berlendir dan punya suhu panas.

sumber: