Bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina ?

Terkadang kita sulit membedakan antara lovebird jantan dan betina. Lalu bagaimana membedakannya dengan benar?

Untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina, dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini :

  1. Bentuk paruh lovebird

    Lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk paruhnya tepatnya lis pada pangkal paruh atau paruh bagian atasnya. lis pada pangkal paruh lovebird biasanya berwarna putih atau merah muda. Bentuk lis paruh lovebird jantan biasanya lebih tipis dan lancip di bagian tengahnya, sedangkan lis paruh burung betina biasanya tebal dan melengkung tidak runcing ditengahnya.

  2. Bentuk badan lovebird

    Bentuk tubuh lovebird juga bisa memberitahu jenis kelamin lovebird. Biasanya lovebird jantan mempunyai postur tubuh yang lebih panjang dan lebih ramping dibandingkan lovebird betina. Sedangkan lovebird betina cenderung bulat dan pendek.

  3. Bentuk sayap lovebird

    Bentuk sayap ini dilihat dari pada saat lovebird sedang diam karena jika lovebird sedang bergerak atau aktif biasanya kurang akurat pengamatannya. Lovebird jantan mempunyai sayap yang saling menyilang di bagian ujungnya sedangkan lovebird betina cenderung membuka atau kurang menyilang.

    Ciri ini tidak begitu akurat karena kadang lovebird jantan dan betina mempunyai bentuk ujung sayap yang sama.

  4. Bentuk ekor lovebird

    Bentuk ekor lovebird jantan biasanya berbentuk runcing atau huruf V sedangkan ekor lovebird betina biasanya agak besar dan ujungnya tumpul berbentuk huruf U. Ciri ini juga kurang akurat karena lovebird jantan dan betina bisa saja mempunyai bentuk ekor yang mirip.

  5. Bentuk kepala lovebird

    Bentuk kepala lovebird jantan biasanya lebih cepat atau rata menyerupai kota kotak sedang kalau betina biasanya lebih bundar dan membulat di bagian atasnya ini bisa dilihat jika kita memang sudah cukup lama memperhatikan lepet karena Perbedaannya sangat tipis sekali

  6. Cara bertengger lovebird

    Posisi saat bertengger lovebird juga bisa membedakan jenis kelaminnya. Lovebird jantan memiliki posisi yang sedikit rapat saat bertengger sedangkan lovebird betina mempunyai memiliki posisi yang sedikit membentang.
    Ini dikarenakan lovebird betina mempunyai struktur badan baik itu kloaka atau sapit urang yang sedikit lebar dibandingkan jantan. Ciri ini juga memang kurang akurat tetapi patut untuk diperhatikan.

  7. Menggunakan pendulum atau jarum

    Caranya dengan meletakkan pendulum dari cincin emas, dari jarum, atau dari bandul tertentu yang digantungkan pada benang diatas kepala atau paruh burung. Jika pendulum bergerak maju-mundur maka lovebird tersebut berjenis kelamin jantan sedangkan jika pendulum berputar maka lovebird tersebut berkelamin betina.

    Kenapa pendulum bisa maju mundur atau berputar?

    Menurut saya ini karena setiap burung atau makhluk hidup mempunyai medan magnet yang berbeda antara jenis kelamin jantan dan betina. Bahan logam atau pendulum digunakan untuk mendeteksi gelombang magnet tersebut.

    Cara ini biasanya saya gunakan untuk membedakan jenis kelamin merpati jantan atau betina. Cara ini cukup efektif digunakan pada burung merpati.
    Kesulitan utamanya jika menggunakan pendulum untuk membedakan lovebird jantan dan betina yaitu memperhatikan pendulum apakah bergerak maju-mundur atau berputar. Juga cukup sulit juga memposisikan kepala lovebird agar tetap diam, karena jika bergerak-gerak biasanya hasilnya kurang akurat.

  8. Bentuk supit udang lovebird

    Selanjutnya yaitu melihat supit udang atau capit hurang lovebird. Biasanya para penggemar lovebird membuat istilah dengan “colok sendiri” yang artinya mengecek tulang pubis atau capit udang pada lovebird.

    Jika capit udangnya mempunyai jarak yang lebar maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina sednagkan jika capit udangnya rapat dan runcing maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

  9. Lubang hidung

    Lubang hidung lovebird juga bisa memiliki perbedaan antara pejantan dan betina dan jantan biasanya mempunyai lubang hidung yang lonjong atau berbentuk oval sedangkan dapat betina mempunyai lubang hidung yang bulat dan lebih besar

    Pada lovebird klep atau kacamata juga bisa membedakan jenis kelaminnya dengan melihat klep mata pada lovebird. Lovebird jantan biasanya mempunyai kacamata/klep berbentuk lonjong sedangkan lovebird betina biasanya berbentuk bulat. Tapi ini memang agak sulit dibedakan, ya karena mungkin beberapa burung juga memiliki bentuk klep yang sama

  10. Lingkar klep kacamata

    Nah itu semua adalah cara membedakan lovebird jantan dan betina secara fisik dan karakter Salah satu ciri saja kurang cukup untuk membedakan jenis kelamin pada lovebird Oleh karena itu kita harus memperhatikan seluruh dari ciri ciri lovebird jantan dan lovebird betina agar hasil prediksi kita lebih akurat

  11. Anus, kloaka atau pen lovebird

    Anus atau kloaka lovebird biasanya sepaket dengan Sapit udang karena biasanya jika kita mengecek sepit udang kita juga akan mengecek bentuk kloaka atau pen lovebird tentukanlah pejantan biasanya lebih menonjol dan ada BAB bulu disekitarnya bulu halus di sekitarnya sedangkan lover betina bentuknya agak lebar memanjang ke samping berbentuk oval dan lebih rata

  12. Tes DNA

    Mengetahui jenis kelamin lovebird dengan tes DNA adalah salah satu hal yang paling efektif dan paling akurat 99% tes ini biasanya menggunakan bulu yang ada pada kloaka lovebird sekarang ini sudah banyak beberapa lembaga yang mengadakan jasa tes DNA untuk mengetes jenis kelamin pada lovebird

  13. Perilaku saat lovebird birahi

    Tingkah laku saat lovebird sedang birahi juga bisa menjadi acuan kita untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan atau betina. Perilaku ini menurut saya cukup efektif karena keduanya memiliki karakter yang berbeda labet betina biasanya akan mengepakkan sayapnya atau biasa disebut dengan ngakapal.

  14. Perilaku saat membangun sarang

    Perilaku lovebird membuat sarang juga sangat efektif untuk membedakan LB jantan dan betina. Lovebird jantan biasanya akan memberikan jerami atau serabut Kayu pada betina sedangkan lovebird betina akan membangun sarang dan mengambil serbuk serabut kayu atau jerami sekaligus

  15. Perilaku lovebird kawin

    Saat kawin juga lovebird jantan dan betina mempunyai karakter yang berbeda biasanya lovebird jantan itu cenderung ingin menaiki ke atas punggung lovebird lainnya jika lovebird betina biasanya akan menunjukkan badannya sambil mengepakkan sayapnya

Sebenarnya perbedaan Lovebird jantan dan betina itu sangat mudah di identifikasi, dan membedakan jenis kelamin pada burung peliharaan kesayangan adalah langkah awal sebelum memelihara burung tersebut untuk dijadikan peliharaan. Hal ini sangat penting untuk dimengerti semua pecinta burung kicau sebelum memulai untuk meminangnya jika akan membeli. Masalah berlaku untuk semua jenis burung apapun, tahap awal kita dituntut untuk mengerti jenis kelamin pada burung kesayangan kita, namun kali ini saya akan membahas secara rinci hanya untuk jenis burung lovebird saja.

Cara yang digunakan membedakan kelamin pada lovebird banyak yang menggunakan 2 cara, yaitu : ilmiah dan cara sederhana. Banyak yang memiliki cara sendiri untu membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata, karena banyak perbedaan dan pendapat tentang ciri khusus untuk membedakan burung cinta tersebut.

Perbedaan lovebird Jantan dan betina yang berdasarkan penampakan luarnya saja (untuk jenis burung secara umum) dibedakan menjadi tiga kelompok lovebird. Ketiga kelompok yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok Lovebird dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dan dapat dibedakan),

  2. Kelompok Lovebird intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dapat dibedakan dari penampilan burung),

  3. Kelompok Lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten).

Namun dengan catatan ketiga kelompok tersebut bisa dibedakan hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, melihat tampilan luar merupakan solusi untuk membedakan jenis kelamin betina atau jantan pada semua jenis burung Lovebird.

Untuk kelompok jenis burung lovebird dimorfik, yaitu antara lain: jenis Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis cana) dan jenis Lovebird muka merah (Agapornis pullaria), sangat jelas dan dapat dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dan untuk kelompok lainnya seperti; jenis Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana), Membedakan antara jenis kelamin betina dan jantan sangat sulit dilakukan dengan melihat tampilan luarnya saja, meskipun pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang yang akan saya bahas adalah Perbedaan lovebird Jantan dan betina untuk ke empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata? 4 jenis tersebut antara lain adalah: lovebird kacamata/lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) dan lovebird fischer (Agapornis ficheri). Untuk ke empat jenis burung lovebird kacamata ini memang agak sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, dengan tampilan yang nyaris sama pula semakin susah untuk diidentifikasi jenis kelaminnya. Memang pada ke empat jenis ini memiliki perbedaan berat badan antara betina dan jantan, untuk lovebird betina mempunyai ciri keunikan sendiri yaitu ketika musim berkembang biak akan membawa bahan sarang di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.

CIRI-CIRI PERBEDAAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA

Ciri-ciri dan perbedaan untuk membedakan jenis kelamin lovebird betina dan jantan disini adalah dengan cara melihat tampilan luar dan karakter/tingkah laku.

Cara tersebut banyak dipakai oleh para penangkar burung professional, karena cara dianggap sebagai cara yang paling signifikan tingkat akurasinya mencapai 90%.

CIRI-CIRI PADA JENIS KELAMIN LOVEBIRD KACAMATA JANTAN :

Ekor akan berbentuk “V”.Pada Bagian kepala terlihat lebih kecil dan bulat tetapi rata (dalam bahasa Jawanya : papak) pada bagian atas.

  1. Paruh terlihat lebih kecil dan relatif lebih kering.

  2. Tubuh berukuran lebih kecil di kelompok sejenisnya.

  3. Supit urang akan lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor (Jawa: brutu).

  4. Waktu bertengger kaki akan lebih rapat.

  5. Jika dipegang, lovebird kacamata jantan badannya terkesan tidak berisi/ enteng/ ramping.

  6. Pada saat birahi berperilaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruh).

  7. Ngekek lebih pendek.

  8. Perilaku lebih gesit dan agresif.

CIRI-CIRI PADA JENIS KELAMIN LOVEBIRD KACAMATA BETINA :

  1. Kepala akan lebih besar dan menonjol/menjorok ke atas.

  2. Ukuran paruh lebih besar dan relatif basah.

  3. Ukuran tubuh lebih besar di kelompok sejenisnya.

  4. Pada ekor akan berbentuk “U”.

  5. Kondisi supit urang (tulang pubis) akan lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.

  6. Waktu bertengger jarak dua kaki akan melebar.

  7. Jika dipegang, bodi lovebird kacamata betina terkesan berisi/berbobot/bulat.

  8. Dalam masa birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.

  9. Ngekek akan lebih panjang.

  10. Perilaku lebih tenang dan terkesan malas-malasan

Ciri yang paling mudah dan signifikan adalah, pada Lovebird betina akan bertengger dengan jarak antar kaki lebih lebar dibandingkan dengan Lovebird jantan. Dengan ciri-ciri tentang perbedaan lovebird jantan dan betina maka yang bagus untuk dirawat/setting untuk mengikuti lomba dalah lovebird betina. Namun ciri-ciri diatas adalah cara membedakan dengan ukuran-ukuran yang relatif, pastinya setiap orang tidak dapat membedakan dengan secara pasti, dan pengalaman jam terbang paling penting untuk hal tersebut.

Bagi orang awam, membedakan antara Lovebird betina dengan Lovebird jantan terkadang sangat sulit, bahkan seorang profesional pun terkadang masih bisa kecele. Walau demikian, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jenis kelamin dari Lovebird, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  • Jenis betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.
  • Juga, anda bisa melihat perbedaan antara pejantan dan betina pada saat mereka bertengger. Kaki milik Lovebird betina akan sedikit renggang dibandingkan pejantan.
  • Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Terkadang Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, ada banyak Lovebird yang berpasangan sesama jenis.
  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.