Bagaimana cara membangun tim manajemen yang baik dalam organisasi?

Manajemen tim adalah kemampuan individu atau organisasi untuk mengelola dan mengkoordinasikan sekelompok individu untuk melakukan suatu tugas. Manajemen tim melibatkan kerja tim, komunikasi, penetapan tujuan dan penilaian kinerja. Selain itu, manajemen tim adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan konflik dalam tim.

Bagaimana cara membangun tim manajemen yang baik dalam organisasi?

Memiliki tim manajemen yang efektif dan kuat itu penting untuk perkembangan dan suksesnya organisasi. Untuk itu perusahaan dapat membangun tim manajemen dengan menilai kemampuan dan talenta apa saja yang dibutuhkan dalam proyek atau tujuan perusahaan. Disini untuk memahami karakteristik memungkinkan perusahaan membuat keputusan perekrutan yang baik dan membantu manajer memahami apa yang dibutuhkan darinya. Oleh karena itu, untuk membentuk tim manajemen yang baik dengan cara seperti:

  • Appreciation of Employees
    Perusahaan dengan tim manajemen yang baik memahami pentingnya menghargai karyawan mereka. Apresiasi bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti mengucapkan terima kasih, paid-time off dan lainnya. Ketika manajer menghargai karyawan mereka, hal itu akan menghasilkan dorongan semangat kerja karyawan. Karyawan yang puas menghargai pekerjaan mereka, jarang absen dari pekerjaan dan melakukan tugas mereka dengan antusias.

  • Provide Necessary Resources
    Manajemen yang baik memberi karyawan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas mereka. Perusahaan dengan manajemen yang baik akan melatih karyawan mereka dengan dalam teknologi terbaru, isu etis dan kerjasama tim. Manajemen organisasi yang baik percaya pada kemampuan melengkapi karyawan mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menumbuhkan dan mempertahankan kesuksesan bisnis.

  • Knowledge
    Tim manajemen harus memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk bersaing secara efektif dalam industri mereka. Pengelola pengetahuan berasal dari kemampuan untuk mempelajari informasi yang relevan. Oleh karena itu, manajer harus tetap memperhatikan isu-isu mengenai industri dan organisasi mereka. Manajer juga harus tahu bagaimana menangani konflik secara efektif yang berasal dari karyawan dan manajer lainnya.

  • Lead Employees and Delegate Tasks
    Manajemen yang baik tahu bagaimana mengembangkan karyawan dengan memusatkan perhatian pada kekuatan mereka. Dalam kebanyakan kasus, karyawan perlu mendengar apa yang mereka lakukan dengan benar, bukan terus-menerus mendengar apa yang mereka lakukan salah atau area lemah mereka. Juga, sebuah organisasi dengan manajer yang baik mempekerjakan profesional yang tahu bagaimana mendelegasikan tugas ke bawahannya. Organisasi yang sukses memanfaatkan tim dan kontribusi individu. Seorang manajer yang mendelegasikan tugas kepada karyawan menunjukkan bahwa pekerja dianggap bertanggung jawab dan mampu memenuhi tugas. Delegasi juga memungkinkan para manajer untuk berfokus pada isu-isu yang lebih mendesak yang memerlukan keahlian lebih dari apa yang dimiliki oleh karyawan.

Maka dari itu tim manajemen yang baik pada organisasi mempunyai manajer yang sangat mampu dalam mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan konflik di lingkup tim manajemennya.

Referensi

Five Qualities of Good Management | Small Business - Chron.com

1 Like