Orang-orang menganggap organisasi atau perusahaan sebagai tempat dimana mereka bekerja atau pergi untuk memberikan layanan yang mana terdapat gedung, pabrik, kantor, peralatan, meja, kursi, stok barang, telepon, dan komputer. Namun, definisi organisasi - "tindakan atau proses pengorganisasianâ - tidak memasukkan unsur-unsur fisik, juga tidak ada persyaratan untuk sesuatu yang tahan lama. Organize didefinisikan sebagai âuntuk mengatur atau membentuk kesatuan yang koheren dimana setiap bagian memiliki fungsi atau hubungan khususâ dan âuntuk mengatur dengan perencanaan sistematis dan upaya koordinasi individuâ (Websterâs Third New International Dictionary, 1986). Tidak ada dalam definisi organisasi yang membutuhkan keberadaan aset atau struktur fisik. Ungkapan âorganisasi virtualâ ini menjadikan eksplisit sebagai virtual adalah "memiliki kekuatan akting tanpa agensi materiâ.
Organisasi virtual terdiri dari individu yang mengoordinasikan kegiatan mereka untuk mencapai tujuan tertentu (Stumpf, 2006). Sementara beberapa aset fisik mungkin ada untuk mendukung perusahaan. Organisasi virtual dapat berdiri tanpa adanya kantor, pabrik, atau peralatan; tanpa personil full time; dan dengan dukungan minimal atau fungsi pelaporan internal organisasi seperti TI, akuntansi, sumberdaya manusia, pemasaran, hukum, fasilitas, hubungan masyarakat, atau pembelian. Dalam bentuknya yang paling sederhana, organisasi virtual adalah pemikiran dan tindakan orang, mengoordinasikan dan bekerja di antara mereka sendiri dan dengan yang lain, beberapa di antaranya adalah karyawan untuk mencapai tujuan yang menarik dan bernilai bagi semua âanggotaâ.
Strategi Sukses untuk organisasi atau Perusahaan Virtual
Semua perusahaan virtual atau lainnya, bersaing di pasar untuk mendapatkan pelanggan, pemasok, dan sumberdaya keuangan. Organisasi virtual mungkin memerlukan relatif lebih sedikit (atau lebih sedikit) dari sumberdaya ini daripada organisasi tradisional karena ukurannya yang lebih kecil dan sifat virtualnya. Hal ini membatasi daya tawar relatif mereka terhadap pesaing mereka yang lebih besar, namun memberi mereka fleksibilitas yang lebih besar untuk menyesuaikan diri dengan perubahan di lingkungan. Meningkatkan fleksibilitas organisasi adalah salah satu strategi yang memungkinkan untuk sukses.
Kemungkinan organisasi virtual harus memenuhi tantangan organisasi dimana pun. Menurut Stumpf (1993) dan Thompson & Strickland (1986), mereka harus:
- Menilai Lingkungan Bisnis (mis., Memahami kebutuhan konsumen / pemasok; menilai kekuatan dan kelemahan pesaing; dan memahami tren demografis, teknologi, sosial, psikografis, ekonomi, dan regulasi yang dapat memengaruhi bisnis).
- Analisis Situasi Bisnis (mis., Pahami dinamika untung dan rugi bisnis; tetapkan tujuan keuangan, pemasaran, dan perilaku; dan jelaskan kekuatan, masalah, peluang, dan ancaman relatifnya).
- Desain Program Aksi dan Sistem Pemantauan (mis., Buat campuran komunikasi; desain program produk; buat sistem pemantauan dan penelitian).
- Periksa Strategi Alternatif (mis., Tentukan keunggulan kompetitifnya; identifikasi target pasar dan posisi produk / perusahaan di masing-masing; buat pilihan seputar produk, harga, saluran distribusi, dan kegiatan promosi).
Setelah melakukan analisis ini, para pemimpin harus membuat pilihan dan mengimplementasikan pilihan-pilihan ini mengenai semua aspek bisnis, dari mana produk dan layanan tertentu dapat ditawarkan, melalui siapa, kepada siapa, hingga bagaimana membiayai dan memanfaatkan bisnis. Jika bisnis adalah usaha baru, pilihan tambahan juga harus dibuat (Timmons & Spinelli, 2004). Stumpf (2006) membahas praktik dan keterampilan tertentu di bawah ini yang ternyata relevan dengan perusahaan kecil, terutama yang mencoba tetap virtual - beberapa aset fisik, sejumlah kecil karyawan, dan struktur formal serta sistem pendukung yang terbatas.
Tantangan terbesar dari setiap organisasi virtual adalah tetap virtual - yang sering berarti bertahan dan berhasil sambil dibiayai dan kekurangan tenaga. Ketika usaha tumbuh, kecenderungannya adalah untuk meningkatkan aset fisik organisasi dan mempekerjakan orang untuk menggunakan aset ini. Jika pertumbuhan berhasil, organisasi mulai menjadi kurang virtual dan lebih ânyataâ. Dalam beberapa tahun, terlihat dan bertindak seperti kebanyakan organisasi tradisional. Jika pertumbuhan tidak berhasil, perpanjangan aset fisik dan staf mengurangi fleksibilitas dan kekuatan ekonomi organisasi - seringkali mengarah pada penghematan atau kebangkrutan. Kunci untuk pertumbuhan yang diukur ini adalah untuk memastikan bahwa setiap karyawan tambahan atau sumberdaya diperlukan untuk kompetensi khusus organisasi. Jika organisasi menginternalisasi fungsi-fungsi non-kunci dan menghindar dari kompetensi yang didefinisikan secara sempit, itu akan mulai menjadi ânyataâ - dengan harapan karyawan terkait dan pengeluaran organisasi nyata.
Pertumbuhan pesat dalam outsourcing skor tahun terakhir telah membantu organisasi virtual tetap di ceruk. Melalui sewa dan kontrak yang direncanakan dengan hati-hati dengan penyedia, dimungkinkan untuk tetap fleksibel dan ramping. Jika bisnis meningkat tiba-tiba, layanan outsourcing tambahan dapat dipertahankan. Jika bisnis menurun tiba-tiba, layanan outsourcing dapat dikurangi. Organisasi virtual mampu mempertahankan dua keunggulan kompetitif utamanya: fleksibilitas dan basis biaya operasi yang rendah.
Di luar tantangan virtual yang tersisa, ada empat praktik manajemen yang sangat penting bagi keberhasilan perusahaan virtual.
-
Pemberdayaan itu Penting
Pemberdayaan dalam organisasi virtual berbeda dari organisasi tradisional. Dalam organisasi tradisional, seorang individu mengalami pemberdayaan dalam kerangka aturan dan peraturan yang diformalkan serta budaya organisasi yang mendukung pemberdayaan. Karena tidak ada unsur-unsur ini dalam organisasi virtual, dasar pemberdayaan harus berbeda. Pada dasarnya, seorang anggota organisasi virtual akan merasa diberdayakan untuk bertindak sebagai agen organisasi sejauh nilai-nilai dan tujuan bersama dari entitas virtual telah dikomunikasikan dengan jelas kepada anggota tersebut dan anggota menerimanya. Penerimaan ini didasarkan pada rasa saling menguntungkan serta keinginan untuk mempertahankan rasa saling percaya. Karena setiap anggota dalam organisasi virtual berkontribusi dari kompetensi intinya, anggota lain bergantung pada orang tersebut untuk menggunakan kompetensi tersebut. Ketergantungan timbal balik serta tujuan dan penghargaan bersama adalah dasar untuk pemberdayaan.
-
Budaya Menggantikan Banyak Aturan dan Prosedur Formal
Ketika seseorang menciptakan organisasi, ada masalah hukum, tata kelola, dan keanggotaan yang harus diatasi. Kepemimpinan membentuk struktur organisasi (aturan, peran, dan prosedur) untuk organisasi dan anggotanya dimaksudkan agar berfungsi. Organisasi virtual memiliki struktur yang kurang terdefinisi dengan baik - aturan, peran, dan prosedur lebih sedikit jumlahnya dan cenderung lebih diperlakukan fleksibel oleh mereka yang perilakunya ingin dipengaruhi atau dikendalikan oleh struktur. Aturan adalah panduan, bukan hukum.
Cara kepemimpinan berhubungan dengan anggota, termasuk sejauh mana struktur formal didefinisikan dan ditegakkan, berkontribusi pada apa yang menjadi budaya organisasi. Sementara budaya organisasi adalah konsep abstrak, dan kekuatannya konkret. Budaya organisasi virtual, lebih dari struktur atau prosedurnya, yang membuat anggota merasa diberdayakan. Budaya adalah seperangkat pedoman dan heuristik - cara melakukan sesuatu secara efektif yang telah berevolusi dari pengalaman yang sukses. Sesuai dengan norma-norma budaya memfasilitasi untuk menyelesaikan sesuatu. Dengan mengetahui budaya, orang dapat mengambil tindakan yang konsisten, dengan budaya pula risiko kritik atau perlawanan menjadi lebih sedikit. Melanggar norma budaya sering mengarah pada masalah atau kegagalan - baik secara pribadi maupun organisasi. Pertimbangkan âsaranâ berikut yang dibuat oleh dua pemimpin organisasi virtual berbeda yang mencerminkan budaya masing-masing:
âJika ada yang tidak berhasil, beri tahu Matthais.â
âJika Anda melihat sesuatu yang salah, cobalah untuk memperbaikinya.â
âJika Anda tidak bergaul dengan seseorang, hindari mereka.â
âKami bekerja melalui perbedaan kami sehingga semua orang mendapat manfaat.â
Pernyataan-pernyataan ini mencerminkan bagaimana orang diharapkan berperilaku â hal-hal tersebut bukan merupakan aturan atau prosedur formal. Sesuai dengan norma-norma budaya mengarah pada pemberdayaan. Melanggar norma budaya menyebabkan peningkatan tingkat pengawasan dan kontrol. Organisasi virtual tidak dapat secara efektif memaksakan pengawasan dan kontrol seperti itu dengan mudah karena ke-virtual-annya. Keberhasilan ditentukan dengan menyusun dan mendukung budaya yang sesuai untuk jenis bisnis dan lingkungan bisnis. Mengabaikan budaya, atau berusaha menggantikan aturan, peran, dan prosedur sebagai cara utama mengarahkan perilaku, sangat tidak disarankan.
-
Memelihara Koneksi Positif dan Rasa Saling Kepercayaan dalam Organisasi
Kepercayaan antara berbagai mitra dalam organisasi virtual adalah perekat yang memungkinkan, dan membangun hubungan ini bergantung pada berbagi visi yang koheren mengenai praktik kualitas dan standar perusahaan virtual. Inti dari kerja sama tersebut adalah kemauan pemimpin untuk menyerahkan kendali dan memercayai mitranya, serta berbagi dalam imbalan finansial. Seperti Allen (2003) dan Drollinger (2003) tunjukkan, kunci untuk mempertahankan kelompok kolaborator ini adalah saling menguntungkan yang bisa diperoleh dan dibagikan oleh semua.
Kebutuhan jaringan kontak (network of contact) yang substansial harus dipercayai oleh pemimpin dengan aspek bisnis yang paling dasar. Aliansi strategis yang dibentuk dengan cara ini membuat setiap mitra bekerja di bidang kompetensi inti, dan memberikan kemampuan maksimal dengan biaya terendah, di samping fleksibilitas yang diperlukan.
Allen (2003) merekomendasikan bahwa ada pertemuan tatap muka sesering mungkin, setidaknya setiap tiga hingga enam bulan sekali untuk menjaga mitra virtual tetap terhubung dan diberdayakan. Kebutuhan untuk bertemu ini telah mengarah pada organisasi virtual baru.
-
Diperlukan Proses Pengambilan Keputusan Alternatif
Menyatukan orang untuk berinteraksi, mendiskusikan masalah, dan mengekspresikan pandangan - sesuatu yang biasa dilakukan di sebagian besar organisasi - kurang umum di organisasi virtual. Tidak adanya ruang kerja bersama dan lingkungan kantor membuat âpertemuanâ seperti itu sulit diatur. Pimpinan organisasi virtual harus menemukan alternatif dari pendekatan tradisional ini untuk keterlibatan dan pengambilan keputusan kelompok. Sementara penelitian tentang proses kelompok tersebut tidak secara langsung menangani masalah dalam organisasi virtual, ia mengidentifikasi beberapa alternatif untuk proses kelompok interaksi tradisional untuk melibatkan dan memberdayakan orang lain.
Delphi Group sebagai salah stua contoh organisasi virtual tidak memerlukan interaksi pribadi, atau koordinasi pertemuan grup. Semua komunikasi dapat terjadi melalui sarana elektronik, melalui administrator atau focal person. Pertanyaan dihasilkan, dikirim ke semua peserta dalam Delphi Group, dijawab oleh mereka, lalu dikembalikan ke administrator - yang kemudian merangkumnya (kadang-kadang secara statistik). Informasi ringkasan ini kemudian dikirim ke anggota Delphi Group bersama dengan pertanyaan tambahan yang dirangsang oleh putaran tanggapan sebelumnya. Proses berulang ini berlanjut sampai respon modal terhadap pertanyaan muncul dan kepemimpinan organisasi virtual siap untuk membuat dan berbagi keputusan.
Referensi
Stumpf, S A and Klingler, J W. 2006. Strategies for Virtual Organizations. Scientific Articles. Challenges in Management Yearbook of the Graduate School of Business Administration ZĂźrich.