Bagaimana cara membangun sebuah jembatan layang yang melintas diatas laut?


(deva prastica cahya) #1

Jembatan layang adalah suatu konstruksi atau bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, jalan kereta api, jalan raya yang melintang tidak sebidang bahkan lautan. lalu bagaimanakah cara pembuatan jembatan diatas laut ?


(Wishnuadji Surya Pangayoman) #2

Tentunya selama ini kita sering bertaya tanya, bagaimana para pekerja konstruksi bisa membangun sebuah jembatan atau jalan layang diatas laut, sementara beton pondasinya tidak larut dengan air. Untuk itu diperlukan beberapa teknik dalam pembuatan jembatan diatas laut, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pengecoran Menggunakan Karung

Proses penerapan cor memakai karung dilakukan dengan menuangkan adukan beton ke dalam beberapa karung. Setelah itu, karung-karung tersebut dimasukkan ke dalam air dan disusun sedemikian rupa. Biasanya susunan karung-karung ini juga dipantek satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan konstruksi yang padat dan masif. Meski relatif mudah dikerjakan, sayangnya biaya yang harus dikeluarkan untuk teknik ini lumayan besar terutama untuk menyewa tenaga penyelamnya.

2. Pengecoran Memakai Bak Khusus

Disebut bak khusus karena bak ini sudah dirancang secara khusus untuk membantu mempermudah pengecoran di dalam air. Prinsip kerjanya yaitu ketika adukan beton dimasukkan ke dalam bak, selanjutnya adukan tersebut akan keluar melalui pintu output yang terbuka secara otomatis. Kemudian bak khusus ini bisa diangkat ke atas secara perlahan-lahan supaya adukan beton mengalir lancar tepat ke arah bidang cor.

3. Pengecoran dengan Pipa Tremi

Mayoritas pekerja bangunan menuangkan cor ke dalam air menggunakan pipa tremi karena dinilai lebih efektif dan efisien. Untuk pengerjaannya, mulailah dengan mengisikan adukan beton ke dalam pipa tremi hingga cukup penuh. Selanjutnya pipa tremi ini diangkat perlahan agar campuran betonnya mengalir keluar melalui lubang pipa yang satunya lagi. Jadi agar hasil pengecorannya sempurna, pastikan ujung pipa bagian bawah tersebut selalu terbenam di dalam campuran beton yang sedang dituangkan.

4. Pengecoran Menggunakan Katup Hydro

Wujud katup hydro yang dipakai pada proses ini yaitu terdiri atas pipa nylon berdiameter 600 mm dan bersifat fleksibel untuk menuangkan adukan beton. Bagian bawah katup hydro ini biasanya dilengkapi dengan pelindung kaku yang berbentuk silinder. Pada dasarnya, prinsip kerja alat katup hydro ini mirip seperti tremi yakni mengalirkan campuran beton ke bidang cor yang dikehendaki.

5. Pengecoran Memakai Beton Pra-Susun

Proses penuangan cor memakai beton pra-susun diawali dengan menyusun agregat kasar terlebih dahulu. Berikutnya lakukan pekerjaan grouting/grout colodial. Kemudian grout ini dicampurkan dengan pasir, semen, dan air secukupnya. Beberapa ada pula yang menambahkan zat aditif misalnya plastisizer pada alat pengaduk khusus.

6. Pengecoran dengan Pemompaan

Pelaksanaan metode ini sangat menguntungkan arabika proses pengecorannya menggunakan campuran beton yang bersifat sedang dengan ukuran agregat yang kurang dari 40 mm. Anda bisa memanfaatkan zat aditif yang mampu meningkatkan daya keplastisan dari campuran beton tersebut. Kelebihan dari teknik pengecoran dengan pemompaan ini antara lain dapat menghemat rencana anggaran biaya (RAB) proyek, kebutuhan tenaga kerjanya sedikit, hasilnya berbanding lurus dengan persiapan awal, dan tingkat produktifitas pekerjaannya pun gampang dinaikkan dengan memperbesar kapasitas pompa dan meningkatkan kualitas hasilnya.

7. Pondasi Kaison ( Caisson Foundation)

Kegunaanya sebagai penopang , penumpu suatu konstruksi atau beban yang ada diatasnya agar konstruksi tersebut posisinya tetap stabil dan tidak mengalami kerusakan, bahan utamanya adalah Beton dengan konstruksi tulangan di dalamnya. Cara pengerjaannya adalah dengan mengebor ataupun menggali tanah sampai kedalaman tertentu hingga menemukan tanah keras yang diijinkan untuk menumpu beban, kemudian dimasukan konstuksi beton bertulang didalamnya, yang paling banyak digunakan adalah berbentuk tabung ataupun box dimana ada ruang didalamnya yang bisa dimanfaatkan dan ruang ini kedalamannya berada di bawah air. Konstruksi Caisson banyak digunakan pada bangunan atau konstruksi yang berada di atas laut, pantai danau ataupun tanah rawa seperti Dermaga, Bangunan diatas laut, Jembatan dan Menara

sumber :



(sukma arini) #3

Adanya jembatan di atas perairan memiliki peran yang besar untuk masyarakat. Dengan adanya jembatan maka perjalanan akan lebih efisien (tidak membuang banyak waktu dan tenaga). Masyarakat tidak perlu lagi mengambil jalan memutar atau harus menggunakan transprotasi laut. Namun, bagaimana cara membangun jembatan di atas laut?

Berikut akan saya jabarkan langkah-langkah sistematis dalam membangun jembatan.

1. Survey Lokasi

1.1 Menentukan arah air
1.2 Bentang laut
1.3 Elevasi (posisi vertikal (ketinggian) suatu objek dari suatu titik tertentu )
1.4 Tinggi Air Banjir (TAB) dan Tinggi Air Rata-rata (TAR)

2. Perencanaan
2.1 Desain
2.2 Pembuatan rencana biaya

3. Pelaksanaan
3.1 Pengerjaan Pondasi
3.1.1 Penggalian pondasi
3.1.2 Pengurukan pasir di bawah pondasi
3.1.3 Pemasangan pondasi batu
3.1.4 Siaran batu muka
3.1.5 Pemasangan besi beton untuk Crosshed
3.1.6 Pemasangan begerting cetakan beton Crosshed
3.1.7 Pemasangan beton struktur Crosshed
3.1.8 Pemadatan urukan
3.1.9 Pengurukan pasir kedua
3.1.10 Pemasangan lantai kerja beton non struktur plat injak
3.1.11 Pemasangan plat injak

3.2 Pengerjaan kepala jembatan
3.2.1 Pemasangan bagesting cetakan beton balek induk dan diafragma
3.2.2 Pemasangan besi beton bertulang
3.2.3 Pemasangan elastomeric
3.2.4 Pemasangan pipa besi galpanis untuk drainase
3.2.5 Pemasangan besi siku
3.2.6 Pemasangan besi struktur
3.2.7 Pemasagan besi beton untuk tiang sandaran
3.2.8 Pemasangan beton non struktur untuk trotoar jembatan
3.2.9 Pemasangan cetakan beton sandaran

3.3 Langkah Akhir
3.3.1 membereskan hasil pekerjaan
3.3.2 penanganan keselamatan selama pekerjaan
3.3.3 pemasangan prasasti jembatan
3.3.4 dokumentasi visual

Itulah langkah-langkah detail yang sistematis dalam pembuatan jembatan yang melintang di atas laut ataupun perairan lainnya. :smiley:

SUMBER :

-https://dokumen.tips/documents/langkah-langkah-kerja-pembuatan-jembatan-beton.html
-http://civil-injinering.blogspot.co.id/2009/05/pelaksanaan-jembatan-bangunan-bawah.html