Bagaimana cara membangun product roadmap yang dapat dimengerti semua orang ?

Produk Roadmap

Produk Roadmap (Peta jalan) adalah dokumen strategi pemandu dan perencanaan untuk melaksanakan strategi yang ditampilkan secara ringkasan dengan visual tingkat tinggi yang memetakan apa saja visi dan arah produk kita dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara membangun product roadmap yang dapat dimengerti semua orang ?

Product roadmap yang jelas atau dapat dipahami akan memberi keuntungan bagi tim agar dapat menentukan keputusan produk untuk bisnis mereka. Menurut litmus test, roadmap yang baik adalah peta visual, mudah diakses, dan cukup jelas.
Gagasan mendasar di balik product roadmap berbasis tema dan manfaatnya :

  • Have way fewer meetings
    Prioritas (apa dan mengapa) didokumentasikan dengan jelas pada product roadmap. Sehingga tidak perlu menjelaskan hal-hal secara berbeda kepada orang yang berbeda.

  • Foster healthy team debates
    Product roadmap dapat menjadi titik referensi bagi anggota tim, yang digunakan untuk menantang diri mereka sendiri dan untuk menghubungkan kiriman mereka kembali ke tujuan roadmap dan OKR.

  • Make product decisions everyone understands
    Mendiskusikan umpan balik dan ide pelanggan melalui product roadmap dan prioritas yang dapat dimengerti semua orang.

Roadmap berbasis tema dirancang untuk mengkomunikasikan masalah yang harus dipecahkan dan membuka percakapan tentang bagaimana menyelesaikannya.

  1. Mulai dengan template product roadmap
    Product roadmap biasanya terlihat seperti bagan Gantt atau rencana rilis. Berguna untuk merencanakan proyek, akan tetapi mereka tidak mengkomunikasikan gambar dengan sangat baik. Product roadmap berbasis tema menggantikan itu dengan horizon waktu, terdiri dari tiga kolom:

    • Sekarang : barang-barang yang sedang dikerjakan.
    • Jangka Pendek : barang-barang yang akan segera ada.
    • Masa Depan : barang-barang yang ingin dikerjakan di masa depan, tetapi perlu melakukan lebih banyak riset.
  2. Definisikan tema (atau inisiatif) untuk product roadmap
    Mengembangkan tema untuk product roadmap memungkinkan untuk menentukan prioritas dalam hal area masalah atau inisiatif baru. Itu adalah hal yang bisa dipahami semua orang. Ini juga memungkinkan untuk secara aktif menggabungkan aliran harian umpan balik pelanggan dan permintaan fitur ke dalam perencanaan produk.

  3. Buat kasus untuk setiap tema
    Setelah tema diturunkan, dapat melampirkan lebih banyak detail pendukung untuk siapa saja yang ingin menelusuri lebih jauh. Detail ini membantu dalam memperkuat apa yang dimasukkan dalam product roadmap.

  4. Merakit tema ke dalam strategi produk
    Saat membangun product roadmap, dapat memberi kode warna dan memberi tag untuk memungkinkan viewer memilah dan memfilter berdasarkan minat tertentu.