Bagaimana Cara Membangun MVP Tanpa Kemampuan Programming

Dalam membangun MVP, diperlukan setidaknya kemampuan dalam programming karena dalam MVP setidaknya kita membuat gambaran minimalis dari produk kita yang bisa digunakan oleh pengguna. Bagaimana jika kita tidak memiliki kemampuan di bidang programming, apa yang harus dilakukan?

Walaupun kita tidak memiliki kemampuan dalam bidang programming namun kita memiliki ide yang kita yakin akan digunakan oleh calon pengguna, kita tetap bisa untuk membuat suatu MVP, beberapa pilihan yang bisa kita gunakan antara lain adalah:

  1. Menemukan Co-founder yang memiliki kemampuan programming. Salah satu opsi yang bisa kita gunakan adalah menunjuk seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang programming untuk menjadi co-founder, dengan ini dia akan menjadi orang yang membantu kita dalam segi teknikal termasuk dalam membangun MVP.

  2. Mempekerjakan tim developers, selain mencari co-founder kita bisa mempekerjakan tim atau freelancer untuk membangun MVP ini. Kita bisa menemukan MVP melalui google, situs lowongan pekerjaan dsb.

  3. Mempekerjakan agency, selain 2 hal diatas. Kita juga bisa mempercayakan sisi teknikal produk kita kepada agensi-agensi atau perusahaan-perusahaan yang memang bergerak pada bidang teknologi/programming.

  4. Menggunakan aplikasi yang tidak memerlukan kemampuan programming, merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan jika kita tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak. Dengan bantuan aplikasi atau software ini, kita bisa membuat MVP tanpa harus memiliki kemampuan programming. Kita hanya perlu mempelajari bagaimana software tersebut bekerja dan kita dapat memulai untuk membuat MVP dari produk kita sendiri. Beberapa contoh software yang bisa digunakan adalah Bubble, Justinmind, dan lain sebagaianya.

referensi: https://coachingbubble.com/post/build-mvp-without-technical-background-1507659802251x815227747971891200