Bagaimana cara membangun Empati dengan Pengguna untuk memahami Kebutuhan Pengguna ?

manajemen_produk

(Saka) #1

Mampu membangun empati dengan pengguna dan memahami perasaan dan pikiran mereka adalah salah satu kunci untuk menciptakan produk yang sukses. Menurut kamu bagaimana cara membangun empati dengan pengguna secara tepat?


(Kadek Saka Andrika Putra) #2

Empati bisa dikatakan bagaimana cara kita untuk mampu memahami perasaan yang dimiliki oleh orang lain dan mampu melihat dari perspektif orang tersebut. Untuk membangun suatu produk, diharapkan kita mampu untuk memahami kebutuhan pengguna agar produk yang kita bangun bisa digunakan oleh pengguna. Dalam memahami kebutuhan pengguna tentu saja kita harus berinteraksi langsung dengan pengguna atau calon pengguna yang akan menjadi sasaran produk kita nantinya. Membangun empati dengan calon pengguna merupakan salah satu hal yang penting karena hal ini bertujuan dengan kenyamanan calon pengguna saat kita melakukan pengumpulan data. Hal ini juga berkaitan dengan jawaban yang akan diberikan oleh calon pengguna karena semakin kita mampu membuat calon pengguna kita nyaman semakin baik juga hasil yang akan kita peroleh.

Terdapat beberapa cara untuk membangun empati dengan pengguna, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bertatap muka secara langsung dengan pengguna, karena hal ini menunjukan keseriusan kita dalam pengumpulan data dan membuat pengguna lebih dihargai.

  2. Hargai pemikiran orang lain, Memahami orang lain membutuhkan sikap yang ramah, baik hati, dan terbuka. Selalu hormati pemikiran ataupun perasaan yang dimiliki oleh pengguna tersebut terlepas dari suka atau tidaknya kita dengan pemikiran tersebut.

  3. Memiliki Pikiran Terbuka, sebagian besar dari kita begitu terbiasa untuk mengevaluasi, menganalisis, dan menilai pandangan, emosi, penampilan, sikap, dan perilaku orang lain yang hampir tidak kita sadari. Sayangnya, pikiran yang kritis adalah penghalang empati.

  4. Menanyakan pertanyaan yang bersifat klarifikasi dari jawaban pengguna untuk memperdalam pemahaman kita mengenai jawaban dari pengguna.

referensi : https://www.romanpichler.com/blog/empathy-tips-product-management/