Bagaimana cara memanggang roti dengan oven listrik?

Oven listrik jadi andalan banyak orang untuk memanggang makanan, termasuk kue, roti dan cookies

1. Panaskan oven
Oven listrik perlu dipanaskan sebelum dipakai untuk memastikan aliran panas di dalamnya merata. Umumnya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit sebelum mencapai suhu yang tepat. Agar akurat, gunakan pengukur suhu oven. Ini karena petunjuk suhu dari oven sering kali tidak sesuai dengan di dalamnya. Pemanasan hingga mencapai suhu tepat ini juga membantu kue lebih mudah mengembang dan tidak bantat. Untuk oven listrik digital, biasanya dilengkapi dengan pengatur api atas bawah, suhu yang diinginkan dan lama memanggang. Perhitungkan waktu memanaskan. Tekan tombol Start dan atur waktu sesuai yang diinginkan.

2. Panggang di tengah
Jenis makanan menentukan posisi pemanggangan di dalam oven. Ada jenis makanan yang perlu diletakkan di rak atas, tengah, atau bawah oven untuk mencapai tingkat kematangan yang pas. Hidangan yang harus renyah dan kecokelatan umumnya diletakkan di rak atas seperti lasagna atau makaroni schotel. Sementara bolu, kue kering, dan kue lainnya bisa diletakkan di rak tengah kecuali resep mengharuskan berbeda. Rak oven paling bawah biasanya diisi dengan roti dan pizza. Pemanggangan di tengah sangat disarankan karena memungkinkan seluruh bagian kue matang sempurna. Ini terkait aliran panas yang lebih merata.

3. Gunakan peralatan yang tepat
Peralatan berbahan logam dengan warna gelap dianjurkan untuk memanggang cookies dan pastry karena mampu membuat permukaan bawahnya renyah. Sebaliknya, jika ingin mengurangi warna kecokelatan pada makanan, pilih wadah dari kaca, keramik, atau silikon. Cocok diaplikasikan saat memanggang cake berwarna cerah atau cupcake. Baik kaca, keramik, ataupun silikon tidak menghantarkan panas sebaik logam sehingga bisa menghasilkan lebih sedikit warna kecokelatan pada makanan.

4. Tidak membuka tutup oven
Membuka tutup oven sangat tidak disarankan karena bisa membuat temperatur oven tidak stabil. Hal ini berpotensi sebabkan waktu memanggang lebih lama atau kue yang dihasilkan bantat. Pastikan pintu oven tertutup rapat selama proses pemanggangan berlangsung.

Referensi: