Bagaimana cara memanfaatkan Quora sebagai strategi pemasaran?

Bagaimana cara memanfaatkan Quora sebagai strategi pemasaran?

Quora adalah sebuah platform tanya jawab profesional seperti Kaskus. Dengan platform ini kita bisa mengajukan pertanyaan, tag dengan beberapa kategori tertentu, dan memberikan jawaban.

Kita juga tidak perlu khawatir dengan jawaban-jawaban yang meragukan, karena setiap pengguna diharuskan untuk memverifikasi nama-nama mereka dan menyertakan keahlian mereka, misalnya digital marketer, konsultan, atau web developer.

Kenapa harus Quora?

Untuk marketers, Quora adalah cara yang bagus untuk mencari tahu masalah apa saja yang membingungkan bagi pelanggan saat ini. Gunakan informasi tersebut untuk menentukan konten kita kedepannya.

Dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan industri yang kita kelola, maka itu akan menunjukan keahlian kita dan meningkatkan citra merek perusahaan.

Yang terpenting adalah, kita harus bisa mempengaruhi orang untuk mulai berpikir tentang masalah dengan cara baru, salah satunya adalah dengan mempertimbangkan niche produk kita.

1. Kenali siapa yang melihat kita
Setiap jawaban akan memberikan statistik jumlah berapa kali itu dilihat, siapa saja yang melihat? Jika diklik pada ‘# views’, kita bisa melihat bagaimana pembaca menemukan konten kita, apakah dari profil, melalui tag topik, atau dari browsing. Dengan melihat halaman views, kita bisa memperoleh penilaian secara keseluruhan dari siapa saja yang melihat jawaban kita. Sekilas dengan statistik ini, akan memberitahu kita jalan mana yang memberikan cakupan terbanyak. Poin utama dari marketing melalui Quora adalah untuk mempengaruhi orang dan mendapatkan citra positif perusahaan kita.

2. Editing dan format yang penting
Saat menulis jawaban, pastikan untuk mengedit dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan pada posting blog atau laporan. Ingat, kuncinya adalah buat kesan postif bagi pembaca untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

3. Gunakan gambar lebih baik
Gambar sangat bisa mempengaruhi dari segi visual. Bahkan, beberapa dari pengguna akan membuat gambar yang unik untuk setiap kali posting. Selain itu, pada tampilan daftar jawaban, foto pertama dalam post akan muncul sebagai thumbnail di samping text preview. Pembaca secara alami akan tertarik pada gambar, dan ini akan menarik mereka untuk mengklik dan membaca apa yang kita katakan.

4. Berikan jawaban secepat mungkin
Secara umum, kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan secepat mungkin setelah itu diposting. Kenapa? Karena pertanyaan/jawaban yang masih baru akan memiliki potensi lebih tinggi untuk mendapatkan upvote.

5. Hindari kesalahan umum
Ada beberapa alasan kenapa jawaban kita di ‘hidden’ atau ‘collapese’:

  • Jawaban memiliki downvote yang tinggi
  • Tidak segera memperbaiki jawaban yang disarankan oleh moderator
  • Tidak memverifikasi akun

6. Tetap profesional!
Kadang-kadang kita akan melihat beberapa pertanyaan konyol di Quora. Misalnya “Can you make me a business plan? Here is my website.” atau “How do I marketing??”.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sangat kontroversi, tapi menahan diri untuk tidak memberikan jawaban yang merendahkan, atau sarkastik. Jangan lupa bahwa kita mewakili perusahaan melalui Quora, jadi semua tindakan yang kita lakukan dapat mencerminkan tingkat layanan pelanggan perusahaan. Terlebih lagi, jawaban lelucon akan dihapus oleh moderator, jadi jangan hanya buang-buang waktu. Di sisi lain, jawaban yang bagus dan terlihat profesional akan meningkatkan reputasi kita. Jadi, jika ada seseorang dengan jumlah followers yang banyak memberikan votes pada jawaban kita, otomatis itu akan mempromosikan kita ke semua pelanggan mereka juga.