Bagaimana cara memanfaatkan air leri (air bekas cucian beras) untuk tanaman?

Air bekas cucian beras

Air bekas cucian beras (air leri) sangat banyak di temui di sekitar kita. Menurut pendapat beberapa orang air leri tsb dapat membantu menyuburkan tanah dan tanaman. Bagaimana cara memanfaatkan air leri tsb? Di campurkan dg bahan lain atau langsung d berikan ke tanaman? Apa kandungannya?

1 Like

Alat & Bahan

Sebelum membahas tentang cara pembuatannya, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

  1. Air cucian beras 10 liter
  2. Gula merah 1/4 kg
  3. Air kelapa tua 1 L (jika tersedia)
  4. Ragi tape 1 butir (jika tersedia)
  5. Cairan EM4
  6. Wadah seperti ember, tong, atau jerigen kapasitas 15 L
  7. Kayu/bambu sebagai pengaduk
    Cara Membuat Pupuk Cair dari Air Cucian Beras

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya.

  1. Pertama-tama, masukkan air cucian beras ke dalam wadah yang sudah disediakan
  2. Masukkan 100 ml cairan EM4 dan parutan gula merah ke dalam wadah
  3. Kemudian, masukkan air kelapa tua ke dalam wadah
  4. Tumbuh ragi tape hingga hancur lalu masukkan ke wadah
  5. Aduk semua bahan tersebut sampai rata dan jadi satu
  6. Tutup wadah tersebut rapat-rapat dan diamkan selama sekitar 7-10 hari
  7. Setelah 7-10 hari, jika terdapat belatung atau ulat di dalamnya, berarti pupuk cairnya sudah bisa diaplikasikan ke tanaman

Setelah pupuk cair sudah jadi, Anda bisa langsung menuangkannya ke dekat akar tanaman atau menyiramnya ke seluruh bagian tanaman. Pupuk cair juga bisa digunakan sebagai pupuk awal.

Source : PakTaniDigital

2 Likes

Selama ini saya tau bahwa air cucian beras bisa langsung diberikan ke tanaman tanpa diberi tambahan apapun, karena nutrisi yg terkandung didalamnya sdh cukup bagus untuk tanaman, terutama yang paling bagus adalah air yang keruh(air cucian pertama) krn Kandungan nutrisi beras yang tinggi. Menurut jurnal yang saya baca air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang terlarut didalamnya diantaranya adalah 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan,50% fosfor, 60% zat besi. Selain itu Air cucian beras mengandung zat pengatur tumbuh.

2 Likes

Air leri/air cucian beras bisa dimanfaatin secara langsung disiramkan ke tanaman. Bisa juga di buat poc. Dari campuran air leri sama gula aja boleh, dipake tambahan toping air kelapa, kulit pisang dll seperti yg dijelaskan sama mas diki diatas juga bisa.

Baru baru ini aku juga manfaatin air leri buat numbuhin jamur jakaba kak, yg bermanfaat buat pertumbuhan tanaman. Udah nyoba dua kali ini… yg pertama gagal atau emang saya nya yg gak sabar nunggu :rofl:. Karena kalo beruntung, jamurnya bisa tumbuh 15 hari setelahnya. Cara dapetin jamurnya itu kita masukin air lerinya ke wadah kayak botol atau baskom, terus ditutup pake kain dan ditaruh di tempat teduh. Nah kalo udah tumbuh jamurnya, tinggal di aplikasikan ke tanamannya (dikocor/disemprot). Jamurnya di hancurin dulu biar lembut, terus di campur air. Dah jadi deh

Semoga jawabannya bisa membantu

3 Likes

Air cucian beras / air leri mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membuat tanaman menjadi lebih subur.
Komposisi air beras 90 karbohidrat yang berupa pati, juga mengandung vitamin, mineral dan protein, 80 protein beras disebut protein glutein.

Limbah cucian air beras merupakan hasil buangan yang berasal dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga) yang tidak memiliki nilai ekonomis lagi, air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang terlarut didalamnya diantaranya adalah 80% vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 50% mangan, 50% fosfor, 60% zat besi. Selain itu juga mengandung Ca 2,944%, Mg 14,252%, S 0,027%, Fe 0,0427% dan B1 0,043%. Air cucian beras putih memiliki kandungan unsur hara nitrogen, fosfor, magnesium, dan sulfur yang lebih tinggi dibanding air cucian beras merah.

Kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari. Saat mencuci beras biasanya air cucian pertama akan berwarna keruh. Warna keruh tersebut menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis.

Air cucian beras mengandung zat pengatur tumbuh . ZPT pada tanaman berperan dalam merangsang pembentukan akar dan batang serta pembentukan cabang akar dan batang dengan menghambat dominasi apical dan pembentukan daun muda.

Air cucian beras dapat dijadikan solusi untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik dikarenakan mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen tanaman. Air cucian beras mempunyai banyak manfaat untuk tanaman, mudah diperoleh petani dan ramah lingkungan memiliki harga yang murah sehingga dapat terjangkau oleh petani.

Referensi

Bahar, A. E. 2016. Pengaruh Pemberian Limbah Air Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkungdarat ( IpomoeareptansPoir ). [skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian.

Lala, M. 2018. Potensi Air Cucian Beras Sebagai Pupuk Organik Pada Tanaman Seledri ( Apium graveolens L.). Jurnal Agropolitan . 5(1): 38-43.