Bagaimana cara memandikan kucing sphynx ?

kucing sphynx

Dengan tidak memiliki bulu apakah cara memandikan kucing sphynx lebih mudah dari jenis lainnya ? Bagaimana cara memandikan kucing sphynx ?

Cara Memandikan Kucing Sphynx

Kucing Sphynx


1. Tempatkan ke dalam air dengan perlahan. Biarkan kakinya menyentuh air dengan perlahan, pertama kaki belakangnya, kemudian kaki depannya. Lalu turunkan tubuh bagian belakangnya ke dalam air, diikuti tubuh bagian depan.

Kucing mungkin akan mulai meronta pada tahap ini jika tidak terbiasa mandi. Tidak apa-apa. Ini merupakan hal yang wajar. Mungkin Anda akan kerepotan, tetapi lanjutkanlah. Memandikan kucing Sphynx adalah hal yang cukup penting sehingga Anda harus melawan perasaan bersalah yang mungkin timbul saat kucing merasa tidak senang dengan mandi.

2. Peganglah kucing di dalam air dengan satu tangan. Jangan memaksa menurunkan tubuhnya dengan mendorong punggungnya. Tempatkan tangan di sekitar tubuhnya untuk mengingatkan bahwa Anda bersamanya dan jaga agar kucing tetap merasa nyaman sambil memastikan bahwa kucing tetap berada di dalam air.
Jika kucing meronta, tunggulah beberapa menit sebelum memandikannya. Buatlah kucing Anda memahami bahwa dia tidak akan keluar dari dalam air.

3. Basahi lap dan gunakan untuk membasahi seluruh tubuh kucing. Anda juga dapat menggunakan cangkir untuk menuangkan air secara perlahan ke sepanjang tubuhnya. Hindari bagian kepala. Cukup basahi punggung kucing dari bagian leher ke bawah. (Bagian tubuh lainnya—tubuh bagian bawah—pasti sudah masuk ke dalam air)

4. Bersihkan tubuh kucing. Anda dapat menggunakan sarung tangan pengelupas atau spons kecil. Lakukan gosokan yang pendek dan tegas. Tirulah induk kucing yang sedang membersihkan anaknya. Pastikan untuk membersihkan bagian di antara keriput dan lipatan pada tubuhnya dengan meregangkannya hingga rata.
Jangan lupakan ekornya.

5. Cucilah kakinya. Peganglah satu telapaknya menggunakan tangan dengan lembut. Berikan sedikit tekanan pada bantalan jari kaki. Ini akan membuat cakar sedikit memanjang. Bersihkan kotoran pada bantalan dan sekitar dasar cakar dengan air bersabun pada spons. Ini akan membantu mencegah infeksi yang dapat terjadi jika kotoran menumpuk di sekitar kulit sensitif di dekat cakar.

6. Bersihkan bagian sekitar mata. Kucing Sphynx tidak memiliki bulu mata sehingga kotoran dapat lebih mudah masuk ke dalam mata. Tanyakan kepada dokter hewan Anda apakah dia memiliki saran akan produk tertentu untuk membersihkan mata kucing Anda. Terutama jika matanya sangat sensitif, Anda mungkin perlu menggunakan produk tersebut lebih sering daripada memandikannya (setiap hari atau setiap beberapa hari sekali).

Anda mungkin perlu menggunakan bola kapas pada tahap ini, atau Anda dapat tetap menggunakan spons yang telah digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lainnya.

7. Jaga agar kucing tetap hangat. Jika air terlalu dingin, Anda dapat mengurasnya sedikit lalu tambahkan sedikit lagi air hangat dari keran. Air yang mengalir dapat mengejutkan kucing. Jadi, nyalakan air dengan sangat perlahan, atau keluarkan kucing saat Anda menambahkan air.

8. Tenangkan kucing Anda dengan perlahan jika kucing berteriak. Terutama jika Anda sedang memulai rutinitas mandi yang baru, perilaku ini sangatlah wajar. Gunakan suara yang rendah dan tenang. Pujilah kucing saat berperilaku baik, dan bicaralah dengan lembut kepadanya jika kucing meronta atau meraung.

9. Bilas kucing. Anda dapat menggunakan sedikit air yang mengalir atau menyiram air bersih di atas tubuhnya dengan cangkir. Pastikan air tetap terasa nyaman dan hangat pada tahap ini. Anda tidak akan mau mengejutkannya dengan membuatnya kedinginan. Pastikan semua sabunnya telah hilang.

Perawatan setelah Mandi Kucing Sphynx

Kucing Sphynx


1. Keringkan kucing dengan handuk. Jika Anda memiliki penghangat handuk, menggunakannya untuk handuk kucing Anda merupakan ide yang bagus, tetapi periksalah untuk memastikan bahwa handuk tidak terlalu panas saat Anda mengeluarkannya. Pastikan kucing benar-benar kering sebelum Anda melepaskannya.
Jangan pernah berbagi handuk dengan kucing Anda tanpa mencucinya terlebih dahulu di antara setiap penggunaan. Anda dapat terkena bakteri dan masuk ke tubuh Anda sendiri.

Tidak apa-apa untuk mengeringkan tubuh kucing dengan semangat. Pada tahap ini, kucing Anda mungkin sudah merasa muak dengan diri Anda dan siap untuk melepaskan diri, jadi keringkan dengan cepat.

2. Bersihkan telinganya saat kucing Sphynx masih terbungkus handuk. Gunakan lap untuk menyeka sekitar bagian dalam telinga. Jika dokter hewan Anda menyarankan Anda untuk menggunakan tetes telinga, ini merupakan waktu yang baik untuk membubuhkannya. Teteskan ke dalam bagian dasar telinga. Lalu gunakan cotton bud untuk menghilangkan kotoran pada permukaan telinga. Jangan memasukkannya terlalu jauh ke dalam, atau pendengaran kucing dapat terganggu.
Membersihkan telinga kucing saat masih dimandikan juga tidak apa-apa, tetapi karena itu akan memperlama waktu mandi, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya setelah kucing keluar dari dalam air.

3. Ingatkan kucing bahwa Anda menyayanginya. Terutama jika kucing Anda tidak menyenangi waktu mandi, Anda perlu memberinya sedikit hadiah setelah waktu mandi. Beri dia belaian dan kasih sayang lebih atau tawarkan hadiah makanan jika Anda mau.