Bagaimana cara memandikan kelinci peliharaan kita ?

Kelinci

Bagaimana cara memandikan kelinci peliharaan kita ?

1. Sikat kelinci Anda untuk membersihkan kotoran di bulunya.

Banyak kelinci yang suka disikat, dan ini merupakan cara yang baik untuk membuat bulunya tetap bersih. Belilah sikat yang dirancang khusus untuk bulu kelinci (biasanya lebih halus dibanding sikat yang dirancang untuk anjing). Setiap beberapa hari sekali, peganglah kelinci Anda dengan lembut sambil menyikat bulunya. Fokuslah pada bagian yang terdapat kain atau kotoran. Ketika Anda sudah selesai, cuci sikat tersebut lalu keringkan.

Pastikan Anda memegang kelinci dengan lembut. Tidak semua kelinci menyukai disikat. Jika kelinci Anda tampak terkejut atau terganggu saat disikat, hentikanlah proses tersebut dan coba lagi lain waktu.

Kelinci dengan bulu panjang membutuhkan perawatan bulu yang sedikit lebih banyak. Anda harus rajin memangkas bulu kelinci hingga sekitar 2,5 cm agar tidak kusut. Hal ini akan membantu mengurangi bulu rontok dan tetap membuat bulu bersih.

2. Bersihkan kelinci Anda ketika dibutuhkan.

Jika kelinci Anda melompat ke dalam kubangan, Anda bisa membantunya dengan sedikit membersihkannya. Untungnya, Anda dapat membersihkannya tanpa harus menggunakan air. Langkah ini sangatlah disarankan karena banyak kelinci yang terkejut ketika tubuhnya basah. Percikkan sedikit tepung jagung pada bagian yang kotor dan gunakan sisir bulu untuk membersihkan kotorannya. Terus sisir hingga bulunya bersih.

Walau kelinci Anda benar-benar dipenuhi lumpur, akan lebih baik jika Anda menggunakan metode membersihkan secara kering ini daripada memandikannya. Bersihkan bagian per bagian. Bersihkan gumpalan lumpur secara berhati-hati, sisir bulunya, dan gunakan tepung jagung untuk membersihkan bagian kotoran yang kecil.
Jika memang benar-benar diperlukan, gunakan air untuk membersihkan sebagian kecil bulunya. Basahi kain dengan air hangat dan gunakanlah untuk melembapkan bulunya; cobalah untuk tidak membiarkan air mengenai kulit kelinci.

Ketika bulu sudah bersih, gunakan pengering rambut dalam pengaturan yang dingin untuk mengeringkan secara halus bulu kelinci Anda. Kelinci memiliki suhu tubuh normal antara 38-39 derajat Celsius. Karena kulit kelinci sangat halus dan kelinci sangat sensitif dengan suhu panas, jangan pernah gunakan pengering rambut dengan pengaturan lebih tinggi dari “hangat,” dan Anda perlu selalu memeriksa suhu udara yang mengenai kulit kelinci dengan cara menempatkan tangan Anda di antara kulit kelinci dan pengering rambut.

3. Gunakan mat splitter untuk bulu yang menggumpal.

Jika kelinci Anda memiliki gumpalan pada bulunya, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan mat splitter. Alat ini memperbaiki gumpalan dengan halus tanpa harus menyakiti kelinci. Hindari menggunakan gunting; kelinci suka gelisah, dan tidak tertutup kemungkinan Anda menyakiti dirinya ketika sedang membersihkannya.

4. Potong kuku kelinci Anda.

Tugas membersihkan ini penting bagi kelinci yang lebih sering menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Ketika kelinci tidak memiliki kesempatan untuk memotong kukunya sendiri dengan cara menggali-gali di luar ruangan, kukunya dapat memanjang dan menjadi tajam. Gunakan gunting kuku kelinci untuk merawat kuku kelinci Anda, atau mintalah dokter hewan Anda untuk melakukannya pada pertemuan Anda selanjutnya.

Jangan menghilangkan cakar kelinci Anda. Kelinci mudah terinfeksi, dan menghilangkan cakarnya akan membuat tangannya terpapar bakteri. Pastikan ruang hidup kelinci Anda selalu terjaga dalam hal kebersihan dan kekeringannya. Hal ini penting agar kaki kelinci selalu sehat.

Untuk menjaga kebersihan kelinci, sebaiknya kelinci dimandikan secara teratur agar bebas dari penyakit dan bulunya tetap bersih. Adapun cara memandikannya, yaitu:

1. Sediakan air hangat

Siapkan dua bak air hangat, untuk mandi dan bilas. Bila pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci.

2. Basahi Kelinci

Masukkan kelinci dalam bak mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda, agar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut agar air hangat meresap sampai ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas agar tidak kemasukkan air.

3. Keramas dengan shampo

Angkat kelinci dari bak untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi, usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya, pijit sampai kekulit tubuh, usap bagian yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki, sekitar anus dan daun telinga

4. Bilas sampai Bersih

Masukkan lagi kelinci dalam bak untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke bak bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan sampai sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.

5. Angkat dan keringkan

Setelah bersih, angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering, termasuk bagian perut, lipatan kaki dan telinga.

6. Bersihkan telinga dan kuku

Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya, bashai cutton bud dengan baby oil, lalu bersihkan lubang telinga secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan bisa sebelum mandi

7. Taburi bedak

Potong rambut bagian tertentu, misalnya sekitar anus, agar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tidak menganggu gerak. Agar aromanya wangi, taburkan bedak bayi atau kitten. Bila perlu tambahkan dengan menyemprot baby cologne biar lebih wangi. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi, nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.

Sumber:
http://pethoby.blogspot.co.id/2015/10/cara-merawat-kelinci-agar-tidak-gimbal.html