Bagaimana cara memandikan kakatua ?

kakatua

Memelihara burung kakatua perlu mengetahui cara memandikannya, Bagaimana cara memandikan kakaktua ?

Cara memandikan burung kakatua

Memandikan burung kakatua bagi sebagian orang mungkin dianggap cukup menakutkan, terlebih melihat paruhnya yang besar dan kokoh. Untuk memandikan kakatua, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Menyemprot kakatua menggunakan sprayer

Burung kakatua bisa dimandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Cara ini bisa dilakukan saat burung berada di atas tenggeran.

Semprotkan air secara pelan-pelan, dimulai dari bagian dada hingga ekornya, lalu sayap dan punggungnya. Setelah itu, baru kepala bagian belakangnya. Hindari menyemprot bagian wajahnya, karena air bisa masuk ke dalam rongga hidung.
Ada juga parrotmania yang memandikan kakatua dengan air yang dicampur salah satu merek obat kumur, dengan tujuan mencegah serangan kutu dan mencegah burung mencabuti bulu-bulunya.

Hal itu jelas tidak dianjurkan, karena cairan pencuci mulut adalah obat yang cukup kuat dengan bahan aktif berbasis alkohol. Obat ini bisa membunuh kuman di dalam mulut manusia, namun jelas bukan obat yang tepat untuk burung.
Untuk membunuh kutu, tungau, dan parasit pada permukaan kulit dan bulu burung, lebih dianjurkan menggunakan desinfektan khusus burung, misalnya FreshAves.

2. Menyediakan bak mandi

Burung kakatua yang selama ini ditempatkan dalam kandang besi bisa dimandikan dengan cara memasukkan wadah berisi air sebagai bak mandinya.

Untuk merangsang kakatua agat mau mandi, Anda bisa menyemprot halus pada bagian dada dan pangkal sayapnya. Dengan demikian, burung akan segera menceburkan tubuhnya ke dalam bak mandi yang sudah disiapkan.

3. Memandikan dengan cara dipegang

Jika mempunyai kakatua yang sudah sangat jinak, Anda misa memandikannya dengan cara dipegangi tubuhnya, sambil diguyur air bersih. Gunakan shampo khusus burung agar bulu-bulunya menjadi bersih dan berkilauan. Jika tidak dishampo pun tidak apa-apa.

SUMBER :