Bagaimana cara memancing ikan salem ?

Ikan salem

Ikan salem (Elagatis bipinnulata) adalah ikan air laut yang biasa hidup di perairan lepas pantai yang banyak terdapat karang-karang di dalamnya. Wilayah penyebaran ikan ini meliputi area tropis hingga subtropis. Bagaimana cara memancing ikan salem ?

  1. Teknik Cast Jig

Teknik memancing cast jig atau vertical jigging umumnya menggunakan umpan yang ringan dengan bobot tidak lebih dari 80 gram. Hal ini bertujuan supaya jig bisa dilempar ke belakang kapal secara maksimal dan menggulungnya dengan mudah. Anda bisa memakai umpan berupa jig atau spoon. Adapun metode dasar dari teknik ini yaitu melemparkan umpan sejauh mungkin, membiarkannya sebentar, lalu mulai menarik umpan secara berirama sehingga umpan tersebut terlihat menyerupai ikan yang hidup.

Sebagai tips dari kami, gunakanlah jig yang mengkilap apabila Anda memancing ikan salem pada waktu siang hari. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan daya tarik umpan tersebut. Biasanya trik ini sangat ampuh untuk menggoda ikan salem agar segera memburunya. Bahkan kalau Anda beruntung, ikan-ikan yang ukurannya lebih besar seperti ikan tenggiri dan ikan kuwe pun kerap melahap umpan ini.

  1. Teknik Trolling

Teknik trolling paling pas digunakan ketika Anda menemukan spot mancing yang dipenuhi oleh burung-burung yang terbang di atasnya. Kenapa? Sebab teknik ini cocok sekali untuk memancing ikan-ikan yang ada di permukaan air. Banyaknya burung yang bergerombol di suatu titik bisa menjadi pertanda kalau di tempat tersebut juga banyak ikan yang hidup permukaan air. Disarankan gunakanlah umpan minnow yang mempunyai lidah untuk menggoda ikan salem dengan teknik ini. Selain untuk menangkap ikan salem, teknik trolling juga cocok sekali digunakan untuk memancing ikan tenggiri, wahu, tuna, dan marlin.

Sumber