Bagaimana Cara Memakai Roll Rambut Dengan Mudah Sesuai Jenisnya?

Siapa yang suka rambut bergelombang atau rambut curly? Di Indonesia sendiri cukup banyak orang yang menyukai bentuk rambut seperti itu, sehingga wajar jika di seluruh salon kencantikan selalu ada opsi “cuci + keriting” atau pun keriting permanen. Tapi, Anda tidak perlu selalu pergi ke salon untuk mendapatkan rambut bergelombang, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan roll rambut.

1. Velcro Rollers
Jenis roll rambut yang paling banyak dimiliki orang pasti velcro rollers. Roll rambut ini bisa dibilang yang paling gampang digunakan dibandingkan roll dalam bentuk lain. Prinsip roll rambut ini adalah ‘lengket’. Ya, roll rambut ini akan menempel pada rambut Anda tanpa perlu dijepit atau pun diikat, tapi itu tergantung dengan panjang dan ketebalan rambut masing-masing.

Velcro rollers hadir dalam berbagai ukuran. Ada yang diameternya sekecil marker, ada yang sebesar saus kemasan botol, dan ada juga yang sangat besar hingga sulit menggenggamnya dengan satu tangan. Cara kerja roll rambut ini sama saja, yang membedakan adalah hasil akhirnya. Jika Anda ingin gelombang yang subtle, gunakanlah rollan yang besar. Kalau Anda ingin keriting banget, pakai rollan yang berukuran kecil.

Cara memakai roll rambut jenis velcro ini adalah dengan memisahkan rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil, lalu tarik segenggam rambut Anda hingga lurus dan tidak kusut. Lalu, Anda bisa mulai me-roll rambut Anda dari ujung rambut atau pun dari tengah, sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan.

Jika rambut Anda sangat panjang atau pun tebal, Anda akan membutuhkan jepit rambut. Beberapa produk velcro rollers ada yang sudah sekaligus jepitannya tapi banyak juga yang tidak. Anda bisa menggunakan aneka jepit untuk menahan rollan ini, kok, misalnya bobby pins, jepit alumunium salon, atau jepit plastik jedai.

2. Rubber On
Bacaterus tidak tahu nama yang pasti untuk rollan ini, tapi karena terdapat karet yang menempel, jadi kami sebut rollan ini sebagai rubber on. Bahan rollan ini adalah plastik keras yang dilengkapi dengan dua utas karet super fleksibel.

Cara memakai roll rambut ini adalah dengan menggulung segenggam kecil rambut Anda, dari ujung hingga akar atau hingga batas yang Anda inginkan. Lalu, ikat gulungan rambut dan rollan tersebut dengan karet yang tersedia. Fungsi karet ini adalah untuk menahan rollan agar tidak jatuh dan untuk memberikan efek keriting yang lebih ekstra pada rambut Anda.

Kalau Anda ingin membeli rollan dengan karet seperti ini, Anda bisa mencarinya di Lazada. Harga rollan rubber on ini adalah sebesar 20.000 rupiah saja.

3. Peco Rollers
Jenis roll rambut yang selanjutnya adalah peco hair rollers. Roll rambut ini terbuat dari bahan silikon, sehingga empuk, fleksibel dan mudah digunakan. Biasanya dalam satu set peco rollers terdiri dari beberapa ukuran berbeda, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesa. Cara memakai roll rambut peco adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buka peco hair rollers dengan mengangkat bagian yang bulat ke atas. Setelah itu, pisahkan rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil agar lebih memudahkan dalam menggulung nantinya.

  • Kedua, mulai gulung rambut Anda dari akar atau beberapa senti di atas akar. Gulung di bagian dalam peco hair roller.

  • Terakhir, tutup kepala peco hair rollers seperti pada gambar. Caranya mudah, kok, Anda cukup tekan pinggiran rollan ini dari kedua sisi (kiri dan kanan) secara bersamaan. Dan, selesai! Anda tinggal menunggu beberapa menit atau berapa lama pun Anda inginkan untuk mendapatkan rambut curly yang cantik. Beberapa orang ada juga yang suka membawanya tidur dan membuka peco rollers keesokan paginya.

Peco hair rollers dijual dalam bentuk set yang dapat Anda temukan di situs belanja terpercaya seperti Blibli dan Lazada. Harga satu set roll rambut yang bagus ini ada di kisaran Rp 30 – 50 ribuan.

Sumber: