Bagaimana cara memakai eyeliner sesuai bentuk mata?


(Aqila Mashel) #1

Eyeliner bukan hanya tentang memberikan garis pada mata. Penampilan bisa langsung berubah; garis lurus atau titik-titik hitam yang dibentuk dengan rapi bisa mentransformasi tampilan mata. Terlepas itu bentuk sayap, modern, dan smokey eye, ternyata untuk penampilan sehari-hari pilihan gaya eyeliner yang paling bagus tergantung pada bentuk mata yang unik.


(Blue Irawan) #2

Eyeliner untuk Mata Berbentuk Almond
Sesuai namanya, mata almond berbentuk seperti kacang almond. Beruntungnya hampir semua bentuk eyeliner cocok untuk mata almond. Bagi kamu si mata almond, bentuk eyeliner yang bisa menambah kecantikan mata kamu adalah winged eyeliner. Winged eyeliner akan memperindah lengkungan mata kamu. Gambarkan “sayap” eyeliner kamu ke arah atas. Sebelumnya, pertimbangkan pula ukuran mata. Untuk mata yang kecil, gambarkan garis tipis saja. Namun, untuk kamu bermata besar, gambarkan eyeliner lebih tebal untuk mata.

Bentuk Eyeliner untuk Si Mata Bulat
Mata bulat artinya mata yang besar dan lebar, dibanding mata almond, terlihat lebih banyak bagian mata berwarna putih. Winged eyeliner cocok pula pada mata bulat. Perbedaan dengan winged eyeliner untuk mata almond terletak pada “sayap”. Gambarkan lebih lurus dan panjang daripada mata almond yang eyelinernya mengarah ke atas.

Untuk Close Set Eyes
Fokusnya adalah untuk memberikan efek kalau kedua mata kamu jaraknya lebih lebar dari aslinya. Eyeliner yang kamu gambarkan dimulai dengan garis tipis lalu makin melebar mulai dari sepertiga mata sampai ke ujung luar mata. Jangan menggunakan eyeliner warna gelap terlalu dekat dengan sudut dalam mata kamu. Pilihlah eyeliner putih atau silver, seperti NYX Retractable Waterproof Eyeliner tersedia dengan warna silver. NYX Retractable Waterproof Eyeliner diberi harga Rp105.000. Namun, kamu juga dapat menggunakan highlighter atau eyeshadow, seperti warna champagne untuk mengisi inner corner mata kamu.

Untuk Wide Set Eyes
Kebalikan dari close set eye, maka tujuannya adalah agar mata terlihat lebih dekat. Disarankan untuk mengaplikasikan eyeliner dengan ketebalan yang sama dari dalam sampai ujung luar mata. Dan, berhenti di sana. Hindari menggambar eyeliner yang keluar dari sudut luar mata.

Untuk Mata Jenis Monolid
Kamu memiliki mata monolid apabila mata kamu hanya memiliki sedikit atau malah tidak memiliki lipatan. Untuk menambahkan definisi, tampilkanlah cat eye. Mulai dengan garis tipis yang melebar. Jangan takut untuk menggambar lebih tebal agar eyeliner kamu tidak tertutup. Pakailah juga eyeliner atau eyeshadow di bagian bawah mata, tepatnya di bagian 2/3.

Eyeliner untuk Hooded Eyes
Ini bagi kamu yang memiliki kelopak mata yang seolah tenggelam. Kelopak mata ini akhirnya membuat mata kamu terlihat kecil. Jadi, yang kamu lakukan adalah membuat mata terlihat lebih besar. Gunakan eyeliner dengan garis tipis di sepanjang mata. Gambarkan sedekat mungkin dengan garis mata kamu. Pakai juga trik penggunaan highlighter atau eyeshadow dan eyeliner warna cerah di sudut mata.

Untuk Pemiliki Deep Set Eyes
Mata kamu seolah-olah tenggelam, biasanya tulang alis terlihat lebih menonjol. Hindari menggunakan eyeliner dengan tebal pada bagian atas mata karena akan menambah kecekungan mata. Eyeliner usahakan tipis saja, lalu mengarah ke atas sedikit di ujung. Lalu, coba menggambar eyeliner di bagian bawah mata. Atau, kamu bisa menggunakan eyeshadow warna gelap di sana.

Eyeliner untuk Mata Menonjol
Mata yang menonjol akan membuat bentuk tampilan kelopak mata yang merupakan kebalikan dari mata jenis monolid. Biasanya mata jenis ini membuat mata terlihat besar. Untuk itu, kamu perlu membuat garis eyeliner yang tebal. Kamu yang menyukai eyeliner waterproof dapat mencoba produk dari Make Up For Ever. Warna yang disediakan oleh Make Up For Ever bukan hanya warna biasa seperti hitam dalam shade Diamond Black. Ada pula warna-warna lain, seperti Diamond Gold dan Diamond Blue. Make Up For Ever Aqua Liner ini dihargai sekitar Rp340.000.

Sumber: