Bagaimana cara memakai cuka apel untuk jerawat?

cuka apel untuk jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling dibenci wanita. Dan merawat wajah yang berjerawat tidaklah mudah. Mengobati jerawat dengan obat yang mengandung bahan-bahan kimia juga belum tentu cocok dengan kulit dan bisa membuat jerawat makin banyak.

Oleh karena itu, sebagian orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit berjerawat. Bahan alami dinilai lebih aman untuk dijadikan skincare jerawat. Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh menyembuhkan jerawat yakni cuka apel, bagaimana cara memakai cuka apel untuk jerawat?

1. Tes di Bagian Kulit yang Lain

Mungkin awalnya terdengar aneh, tapi beberapa orang telah membuktikan manfaat memakai cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Cara memakai cuka apel untuk jerawatmeradang yang pertama adalah jangan oleskan langsung ke wajah, tapi oleskan ke bagian kulit yang lain terlebih dahulu. Hal ini untuk melihat reaksi kulit apakah iritasi atau tidak.

2. Encerkan dengan Air

Jika kulitmu baik-baik saja, kamu tetap belum boleh mengoleskan cuka apel ke wajah berjerawat secara langsung. Cara memakai cuka apel untuk jerawat yang kedua yaitu mengencerkannya dengan air. Larutkan cuka apel ke dalam air dengan perbandingan 1:4. Namun jika kamu punya kulit sensitif, kamu bisa menambahkan lebih banyak air agar lebih encer.

Catat! Begini Cara Memakai Cuka Apel untuk Jerawat\ 480x358

3. Oleskan Cuka Apel ke Wajah Memakai Kapas

Setelah larutan teraduk rata, oleskan larutan campuran cuka apel dan air itu ke wajahmu menggunakan kapas sedikit demi sedikit. Cara memakai cuka apel untuk jerawat yang satu ini dilakukan agar wajah berjerawatmu tidak meradang dan iritasi.

4. Tunggu Selama 5-15 menit

Cara memakai cuka apel untuk jerawat selanjutnya yaitu setelah dioleskan ke jerawa yang meradang, tunggu sekitar 5-15 menit. Jangan lakukan terlalu lama, karena cuka apel bisa membuat kulit kering lebih cepat. Kandungan asam dalam cuka apel juga bisa membuat pH dalam kulit tidak seimbang jika dipakai terlalu lama.

5. Bilas dengan Air

Setelah ‘obat jerawat’ dari cuka apel itu didiamkan maksimal 15 menit di jerawat, selanjutnya bilas dengan air bersih. Pastikan tak ada bekas cuka yang tertinggal di wajahmu.

Catat! Begini Cara Memakai Cuka Apel untuk Jerawat\ 480x360

6. Oleskan Pelembap Setelahnya

Setelah melakukan tahapan 1-5 memakai cuka apel untuk jerawat, tahap terakhir yakni mengoleskan pelembap ke wajah. Hal itu perlu dilakukan agar kulit yang kering setelah memakai cuka apel tadi kembali lembap.

7. Gunakan 1-3 Kali Seminggu

Cara memakai cuka apel untuk jerawat supaya aman gunakan satu sampai tiga kali dalam seminggu. Pengobatan dengan cuka apel yang terlalu sedikit tidak akan memberikan pengaruh signifikan pada jerawatmu. Namun jika terlalu banyak akan membuat kulit menjadi kering.

Cuka apel mengandung asam organik, seperti laktat, sitrat, asam malat dan asam asetat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Asam alfa hidroksi alfa (AHA) ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta meregenerasi kulit yang menghasilkan kulit lebih sehat. Berkat pengelupasan itu, cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat.

Cuka apel mampu menetralkan pH di wajah, sifat antiseptik dan antibakterinya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu mengurangi minyak pada wajah. Cuka apel juga punya beta karoten yang membantu mengurangi efek radikal bebas pada kulit. Ada tiga cara yang bisa menyembuhkan jerawat meradang dengan cuka apel.

1. Menjadikan cuka apel menjadi masker

Untuk aplikasi di wajah, kamu bisa mengambil 1-2 sdm cuka apel, kemudian campurkan dengan sedikit air hangat dan oles merata pada wajah. Jadikan cuka apel sebagai masker hingga kering, lalu bilas. Bisa dilakukan setiap malam hari sebelum tidur.

2. Mencuci wajah

Mencuci wajah dengan cuka apel yang sudah dicampur sedikit air hangat. Celupkan handuk kecil ke dalam mangkuk cuka dan air hangat, kemudian usapkan merata hingga wajah bersih dan kesat.

3. Makeup remover atau toner

Makeup mampu menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat, gunakan cuka apel sebagai makeup remover atau toner untuk mengembalikan kesegaran wajah serta mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat setelah membersihkan makeup.

4. Minum setiap hari

Seduh cuka apel dengan air hangat di pagi hari dan minum sebelum atau sesudah sarapan setiap hari. Cara ini membantu membersihkan wajah dari dalam dan membuang racun di dalam darah penyebab jerawat.

6 Cara Menggunakan Cuka Sari Apel untuk Jerawat, yaitu :

  1. Cuci Wajah
    Mencuci wajah dengan ACV membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan kotoran dari pori-pori. Dan karena digunakan bersama sabun dan dibilas dengan cepat, Anda tidak akan dikuasai oleh baunya.

    Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan sabun biasa. Pijat ke kulit, lalu bilas seperti biasa. Atau untuk mempermudah, pilih pencuci muka yang dibeli di toko yang sudah mengandung ACV.

  2. Toner
    Menerapkan ACV setelah pembersihan dapat membantu menghilangkan kotoran dan lemak yang membandel dan mengencangkan pori-pori. Biasanya disarankan agar Anda tidak menggunakan ACV yang tidak dicairkan pada kulit karena dapat membakar atau memperburuk masalah kulit. Tapi saya menerapkannya terus menerus (ssst, jangan bilang …) dan saya tidak punya masalah. Saya menemukan bahwa cuka sari apel yang lurus membuat kulit saya terasa lebih halus dan lebih lembut daripada ketika saya mencairkannya. Anda tahu kulit Anda lebih baik daripada siapa pun, jadi selalu lakukan yang terbaik untuk Anda.

    Campuran:

  • 1 bagian cuka sari apel

  • 1 bagian air

    Setelah mencuci wajah, oleskan ke kulit menggunakan bola kapas. Anda juga bisa menuangkannya ke dalam botol semprot dan menambahkan air untuk menyeimbangkan wajah yang bisa Anda semprotkan langsung pada kulit. Jangan dibilas. Ganti teh hijau dengan air untuk membuat toner 2-bahan menyeimbangkan pH kulit Anda dan membantu mengurangi kemerahan dan jerawat.

  1. Perawatan tempat
    Perawatan tempat dapat membantu menghentikan jerawat yang menjengkelkan di trek mereka sebelum mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh. Tuang sedikit cuka ke ujung-Q dan oleskan langsung pada noda satu per satu. Aplikasi ulang setiap hari sampai noda hilang. Anda dapat menemukan spot perawatan penuaan dengan ACV saat Anda melakukannya.

  2. ACV masker wajah jerawat
    Campurkan satu sendok makan masing-masing arang aktif dan tanah liat bentonit. Gunakan cuka sari apel untuk membuat pasta. Dengan jari bersih tersebar di wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab.

  3. Kupas Penambah Kulit
    Apel adalah sumber asam malat yang kuat secara alami, yang meningkatkan imunitas, mendetoksifikasi logam dari tubuh kita, dan berkontribusi terhadap kulit sehat secara keseluruhan. Menggunakan asam-asam ini dalam kulit wajah yang meningkatkan kulit sangat membantu untuk kulit wajah yang gelap, terutama jika Anda memiliki bintik-bintik penuaan atau kerusakan akibat sinar matahari. Campurkan 1 sendok teh ACV dengan 1 sendok makan saus apel dan oleskan ke kulit. Diamkan selama 10-15 menit dan lepaskan dengan kain lembut dan air dingin.

  4. Perawatan bekas luka
    Bekas jerawat tidak sedap dipandang dan menyebalkan, tetapi ACV adalah obat alami yang sangat baik. Campurkan satu bagian cuka sari apel, satu bagian air dan satu sentuhan madu dan oleskan pada bekas jerawat sekali sehari (biarkan meresap selama sekitar 20-30 menit sebelum dibilas).