Bagaimana cara memahami suara kelinci ?

Kelinci

Bagaimana cara memahami suara kelinci ?

Berikut tips untuk memahami kelinci peliharaan.

1. Dengarkan suara yang dikeluarkan oleh kelinci Anda.

Ketahuilah bahwa kelinci Anda mungkin lebih banyak diam. Sebagai jenis hewan mangsa, kelinci mengerti bahwa dirinya lebih baik diam agar mudah melarikan diri dari para pemangsanya. Sebagian kelinci kadang mengeluarkan suara, entah pada saat senang, takut, atau sebagai sebuah peringatan.

Suara kelinci berbeda dari suara dengkuran kucing dan anjing, yang biasa menggunakan seluruh kemampuan vokalnya dalam berkomunikasi.

2. Perhatikan suara-suara yang bernada gembira.

Kelinci memiliki keterbatasan repertoar dalam hal suara-suara yang dikeluarkannya saat gembira. Ini termasuk suara dengkuran yang kecil, suara klik-klak yang lembut, dan suara kertakan gigi yang halus, yang berarti si kelinci merasa puas.

Suara ini mungkin terdengar sangat kecil dan samar, maka Anda harus benar-benar memperhatikannya agar dapat mendengar suara tersebut. Kelinci Anda mungkin mengertakkan giginya dengan lembut atau mengeluarkan suara klik-klak saat Anda membelainya di titik yang ia sukai, seperti di belakang telinga atau di bawah dagunya.

image

3. Dengarkan suara-suara peringatan.

Suara peringatan yang klasik ini adalah sebuah suara pukulan dengan kaki belakang untuk memperingatkan teman-temannya akan bahaya. Seekor kelinci yang merasa terancam dan marah sampai siap menyerang bahkan akan mengeluarkan rentetan suara dengusan atau geraman. Selain itu, suara kertakan gigi yang kencang juga adalah peringatan akan bahaya. Beberapa kelinci yang menghadapi ancaman juga akan mendesis.

Jika Anda memiliki dua ekor kelinci (satu jantan dan satu betina) dan si kelinci jantan mulai mendengkur, Anda harus memindahkannya segera, kecuali Anda berencana membiakkan kelinci. Kelinci jantan yang mendengkur berarti sedang memberi tanda pendekatan kepada kelinci betina untuk mengawininya.

4. Berikan respons cepat terhadap suara bernada ketakutan.

Kelinci memiliki jeritan tajam dan keras hingga terdengar melengking. Kelinci mengeluarkan suara seperti ini ketika benar-benar ketakutan atau sedang diserang. Jika kelinci Anda berteriak, ini berarti dirinya mungkin berada dalam bahaya atau kesakitan.

Jika Anda perhatikan bahwa si kelinci sedang kesakitan, periksalah tanda-tanda cedera yang terlihat jelas pada bagian luar tubuhnya dan segeralah bawa kelinci itu ke dokter hewan. Kelinci Anda mungkin mengalami cedera yang mengancam hidupnya, atau masalah internal yang perlu ditangani segera.