Bagaimana cara melupakan pengalaman buruk?

pengalaman buruk

Tolong bagi cara untuk melupakan pengalaman buruk di masa lalu. Pengalaman itu menghantui saya dan saya ingin terbebas darinya. Terimakasih

Hampir semua orang akrab dengan perasaan “jatuh” setelah putus cinta atau mengalami kegagalan. Kamu tanpa henti menghidupkan kembali apa yang terjadi padamu di masa lalu. Dan kamu merasa tidak bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan di masa depan.

Nyatanya, hidup harus tetap berjalan. Jadi cobalah move on dengan sembilan cara sederhana berikut ini.

1. Mengurangi intensitas berbicara, karena terkadang diam itu memang emas.

Ketika dalam percakapan dengan seseorang yang dapat menyebabkan kamu merasa emosional, cobalah untuk membuat jeda. Kamu perlu waktu untuk mendinginkan pikiran. Dengan cara ini, akan ada hal-hal yang lebih sedikit mengatakan bahwa nanti kamu menyesal jika terus berbicara. Dan, akhirnya, kemarahanmu perlahan akan menghilang.

2. Tunggu dan lihat apa yang akan terjadi. Jangan gegabah melakukan sesuatu.

Dalam tingkatan emosi yang mendalam, sering kamu berpikir bahwa harus bertindak sesuatu dan menyelesaikannya sesegera mungkin. Hal demikian ternyata tidak bekerja dengan baik. Sebaiknya, kamu tenang dan menunggu, melihat apa yang akan terjadi tanpa berusaha untuk membentuk situasi itu sendiri.

3. Berhenti mencari siapa yang harus disalahkan.

Terus menerus menganalisis kejadian masa lalu dan mencari siapa yang salah, tidak akan membuahkan hasil positif. Cobalah hadapi kenyataan di depan mata, dan yang terpenting sekarang adalah mencari solusi atas problematika yang ada.

4. Jangan mencoba untuk beranjak ke pikiran orang lain.

Jika orang lain mencoba untuk masuk dan mengerti pikiranmu, bisa saja akan salah pengertian. Maka dari itu, jangan pernah mencoba untuk beranjak ke pikiran orang lain karena nantinya akan berujung pada kesimpulan yang salah dan hanya membuang-buang waktu.

5. Jika dihadapkan masalah besar, hadapi itu dengan keberanian.

Pasti semua orang tidak luput dari masalah besar dalam hidup, yang kebanyakan sumbernya berasal dari sebuah amarah atau emosional diri lainnya. Untuk itu, cobalah berpikir tenang, lakukan meditasi, jalan-jalan, atau berolahraga fisik untuk menenangkan diri. Lebih lagi, luangkan waktu untuk me time.

6. Cobalah membangun skill baru dan bersenang-senanglah.

Ketika pikiranmu tertarik pada sebuah ilmu baru atau pengalaman baru, maka pikiran buruk di otakmu perlahan akan hilang. Karena kamu lebih disibukkan untuk mempelajari hal baru yang menyenangkan. Maka, cobalah temukan skill baru yang kamu gemari. Dan bangun sesuatu yang menakjubkan dari itu.

7. Tulis hal negatif yang ada pada dirimu dan coba musnahkan itu dari hidupmu.

Jangan takut menghadapi kenyataan tentang hal negatif pada dirimu sendiri. Tulislah pada secarik kertas semua hal negatif itu. Langkah selanjutnya adalah bangun dirimu untuk memusnahkan satu persatu hal negatif itu. Kamu butuh keberanian ekstra untuk itu. Pasti bisa!

8. Belajar dari pengalaman dan jadikan sebagai pegangan di masa depan.

Hidup diwarnai pengalaman indah dan buruk. Yang pasti, kedua hal ini tidak boleh kamu lupakan, kamu wajib belajar dari keduanya. Jangan hanya mengambil sisi negatifnya saja, ambil nilai moral yang kamu peroleh. Jadikan itu sebagai patokan hidupmu di masa depan.

9. Jangan hidup dari masa lalu yang sering menghantuimu.

Memang tidak mudah melupakan sebuah kejadian menyakitkan di masa lalu. Tidak mungkin lagi kamu kembali ke masa itu, jadi sia-sia untuk mengingatnya kembali. Bangun, dan rajut mimpi indahmu di masa depan.

Gerbang kesuksesan sedang menunggumu. Bukalah kunci gerbang tersebut dan melangkahlah berani untuk menghadapi dunia yang penuh warna. Jangan hidup dari masa lalu kelam, yang harus kamu lakukan sekarang adalah perlahan melupakan masa lalu dan rajut kembali benang indah hidupmu.